Tingkat Keberhasilan Operasi Tumor Otak

Seberapa Tinggi Tingkat Keberhasilan Operasi Tumor Otak?

Jenis Tumor Otak yang Dapat Dioperasi

Perlu kita ketahui bahwa tumor otak juga memiliki beberapa jenis yang dapat dioperasi dan tidak dapat dioperai. Kali ini  kita akan belajar tentang jenis tumor otak yang dapat dioperasi, antara lain:

1. Tumor Otak Ringan

Maksud dari jenis tumor otak ringan ini ialah jenis tumor otak yang tidak menyebar dengan cepat kedalam organ tubuh yang lain, sehingga bisa dilakukan operasi dengan mudah. Semakin mudah tumor dikendalikan maka upaya penyembuhannya juga mempunyai harapan keberhasilan yang lebih tinggi.

2. Tumor Otak Dengan Lokasi Mudah Diakses

Lokasi keberadaan tumor otak juga mempengaruhi tingkat keberhasilan operasinya, jauh dari daerah yang sensitif pada otak ini akan mempermudah dilakukannya operasi tumor otak, serta meminimalisasi efek samping yang terjadi pasca operasi nantinya. Lokasi tumor ini tentunya sangat berperan besar menentukan tingkat keberhasilan pembedahan.

3. Tumor Otak Jinak

Ini merupakan jenis tumor otak yang tidak berbahaya, tumor otak jinak ini biasanya tidak menunjukan efek samping  bagi penderitanya secara jelas, Namun lebih baik tetap dilakukan operasi guna menghindari kemungkinan terjadinya penyebaran sel – sel tumor ke organ lain. Penanganan penyembuhan tumor otak jinak ini akan lebih mudah dibandingkan jika suatu saat nanti tumor tumbuh menjadi ganas.

Jenis Operasi Tumor Otak yang Ada Saat Ini

Dewasa ini muncul ide baru dari para ahli terkait dengan metode operasi bagi penyakit tumor otak. Hal ini muncul karena tumor otak sendiri merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Sehingga para dokter dan ahli memikirkan beberapa terobosan baru untuk mengobati tumor otak yang ada. Berikut ini akan kita pelajari beberapa jenis operasi tumor otak dan melihat tingkat keberhasilan operasi tumor otak yang dilakukan, antara lain:

1. Metode CAR – T Immunotherapy

Metode operasi ini masih terbilang baru untuk menangani penyakit tumor otak, metode ini bertujuan menambah atau memperkuat sistem imun penderita tumor sehingga setelah dilakukan operasi kondisi penderita tumor otak tidak akan mengalami kondisi yang sangat drop.

2. Metode Nanoknife

Metode operasi ini cocok untuk penyakit tumor, metode ini menyerang selaput sel tumor dengan menggunakan tegangan tinggi melalui jarum elektroda. Tujuannya adalah untuk menyerang langsung sel tumor agar dapat mengurangi perkembangan sel – sel tumor ditempat tersebut.

3. Minimal Invasive

Untuk operasi dengan metode ini cocok untuk penderitan tumor otak stadium awal, tentu hasilnya akan lebih maksimal. Metode ini sangat cocok karena selain mematikan sel tumor, metode ini juga meminimalisasi efek samping yang dirasakan penderita tumor otak pasca penanganan medis nantinya.

Seberapa Tinggi Tingkat Keberhasilan Operasi?

Dalam menangani penyakit berat seperti tumor ini, biasanya tidak hanya dilakukan satu kali penanganan. Kebanyakan pasien melakukan pengobatan lebih dari satu kali, seperti operasi yang diikuti dengan kemoterapi atau bahkan radioterapi. Untuk tingkat keberhasilan operasi tumor otak memang lebih banyak bagi penderita tumor otak yang masih stadium rendah. Selain itu, juga dapat dilakukan minimalisasi efek samping operasi secara maksimal.

Perlu kita pahami bahwa tujuan awal dari operasi adalah mengangkat kanker secara keseluruhan dari tubuh penderita agar tidak menjalar ke organ tubuh lain. Sedangkan kemoterapi atau radioterapi itu bertujuan mematikaan sel kanker agar tidak menyebar ke organ tubuh yang lain tanpa melalui pembedahan organ tubuh.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Operasi Tumor Otak

Angka keberhasian dari operasi tumor otak juga ditentukan dari beberapa faktor seperti, umur pasien, jenis kelamin, kesehatan pasien serta lokasi. Biasanya bagi penderita tumor stadium lanjut kemungkinan kecil untuk sembuh 100% , tapi setidaknya pengobatan bisa bertujuan untuk mengurangi penyebaran tumor. Lokasi tumor yang jauh dari daerah sensitif otak juga bisa memiliki kemungkinan besar untuk bisa sembuh menuju 100% karena pengobatan bisa dilakukan secara lebih maksimal.

Perlu adanya kerja sama antara pasien dan juga tenaga medis untuk mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Bagi pasien tentunya mengikuti anjuran yang diberikan oleh dokter, selain itu percaya pada tenaga medis yang akan menanganai sangatlah perlu. Bagi tenaga medis yang akan menangani pasien, tentu memeprsiapkan diri serta menjunjung rasa tanggung jawab juga sangat diperlukan. Hal ini karena ketika sudah ada pada tahap operasi nyawa pasien bias terselamatkan dengan upaya medis yang tepat.

Ketahui 7 Persiapan Sebelum Operasi

Sebelum melakukan operasi, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan pasien agar operasi bisa dilakukan secara maksimal. Dibawah ini beberapa persiapan yang dapat dilakukan guna mencapai tingkat keberhasilan operasi tumor otak yang maksimal, antara lain:

1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Hidup sehat memang berawal dari gaya hidup yang sehat, ini sudah banyak dibuktikan oleh penelitian para ahli. Bahkan berdasarkan beberapa penelitian yang ada, orang yang menjalani gaya hidup yang sehat memiliki peluang sembuh lebih cepat.

Gaya hidup sehat ini termasuk juga berenti merokok, ini sangat berpengaruh bagi anda yang akan menjalani operasi. Istirahat dan makan yang cukup juga perlu diperhatikan agar kondisi tubuh dalam keadaan baik saat akan melakukan operasi.

2. Lakukan puasa Sebelum Operasi Medis

Berpuasa sebelum anda melakukan operasi, tentu tips ini berlaku bagi semua pasien yang akan melakukan operasi, karena kondisi perut yang ksoosng akan mempermudah kerja obat bius sebelum anda melakukan operasi. Puasa ini tentu tidak puasa dengan tidak mengonsumsi makanan sedikitpun, konsultasikan pada dokter anda jenis makanan apa yang bisa anda konsmsi.

Biasanya jumlah makanan dan waktu konsumsinya saja yang dikurangi, tidak mengosongkan perut anda secara total karena anda juga butuh energy untuk melakukan operasi.

3. Lakukan Cek Kesehatan Sebelum Operasi

Sebelum melakukan operasi tentu perlu melakukan pemeriksaan kesehtaan terlebih dahulu agar anda dapat diketahui dengan pasti jenis penyakit yang anda derita. Ini sangat berpengaruh pada proses operasi yang akan dilakukan. Biasanya cek kesehatan dilakukan seperti cek tekanan darah, cek alergi obat. Itu bertujuan untuk pemberian obat setelah anda melakukan operasi.

4. Jangan Membawa Atau Memakai Aksesori Apapun

Steril dari benda asing, ini sangat penting bagi tubuh anda, selain untuk memperlancar operasi yang akan anda lakukan tidak memakai perhiasan juga mencegah terjadinya kemungkinan kontaminasi dengan benda asing atau partikel asing pada saat melakukan operasi.

5. Bawa Baju Ganti Yang Nyaman

Memakai pakaian yang nyaman digunakan ini lebih pada saat setelah anda melakukan operasi, ini sangat penting bagi tubuh anda yang masihd dalam kondisi lemah. Memakai baju dengan ukuran yang longgar dan menyerap keringat ini sangat dianjurkan. Selain itu, pastikan anda mempersiapkan baju dengan kancing depan untuk memudahkan anda berganti pakaian nantinya.

6. Minta Dukungan Orang – Orang Terdekat

Percaya pada tenaga medis yang akan melakukan operasi pada tubuh anda, itu akan membuat diri anda lebih tenang . Minta dukungan dari orang terdekat anda, itu tentu akan memberikan semangat sembuh pada diri anda. Terlebih dukungan orang – orang terdekat juga akan memberikan harapan untuk tetap memperjuangkan kehidupan anda.

7. Persiapkan Biaya Operasi

Pada umumnya, biaya operasi tumor otak di Indonesia hampir sama, kisaran 25.000.000 – 30.000.000 untuk satu kali operasi. Berbeda apabila operasi dilakukan untuk penderita tumor otak tingkat akhir yang perlu tindakan lanjut seperti kemoterapi ataupun radioterapi, akan memakan biaya yang lebih mahal karena selain obat yang digunakan lebih banyak. Tidak hanya itu, penangananya juga memerlukan waktu yang lebih lama.

Baca artikel lain mengenai Jus Wortel untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.