Terapi CAR T-Cell

Harapan Sembuh untuk Penderita Kanker Dengan Terapi CAR T-Cell

Kanker menjadi penyakit masyarakat modern saat ini dan masih belum ditemukan obat ampuh yang mampu benar-benar menyembuhkan pasien kanker. Kali ini saya ingin membagikan informasi yang saya dapatkan dari National Geographic. Ada suatu acara bernama Breakthrough, pada bagian ini saya tertarik karena membahas mengenai kanker dan penyembuhannya yang berbeda dari yang kita sudah kita ketahui.

Pada umumnya kita di Indonesia menjalani pengobatan kanker dengan 3 cara yaitu kemoterapi, hormon terapi atau radio terapi. Pada Breakthrough ini Nat Geo membahas mengenai pengobatan kanker dengan memodifikasi imun sel, pengobatan ini disebut CAR T-Cell Terapi.

Bagi anda yang memiliki channel Nat geo dan sedang memerlukan informasi mengenai kanker terapi ini akan menjadi solusi anda ketika sudah tidak ada pengobatan yang bisa anda jalani lagi. Di acara itu ada beberapa dokter dan peneliti yang disebutkan yaitu:

CAR T-Cell terapi ini merupakan Living Drug atau obat hidup yang ada di dalam tubuh yang bekerja membunuh sel kanker. Dan hebatnya lagi CAR T-Cell tidak merusak sel sehat sehingga hanya sel kanker saja yang akan dibunuh.

Kenapa Imun Sistem Tidak Bisa Membunuh Sel Kanker

Imun sistem berfungsi untuk membunuh segala sel yang asing di dalam tubuh kita sehingga tubuh kita tetap sehat. Ketika virus, bakteri atau penyusup lainnya masuk ke dalam tubuh maka tugas T-Cell untuk membunuh penyusup itu sehingga tubuh kita tetap sehat.

Logikanya T-Cell sangat efektif untuk membunuh sel kanker, nah disinilah masalah mulai timbul. Kanker adalah bagian dari sel tubuh kita sendiri yang bermutasi sehingga T-Cell tidak bisa mengenalinya itulah mengapa sistem imun kita tidak efektif melawan kanker.

Cara Kerja CAR T-Cell

Mengetahui situasi seperti itu maka dilakukan penelitian bagaimana caranya agar T-Cell di dalam tubuh kita bisa mengenali sel kanker dan membunuhnya. Untuk itu peneliti mengubah secara genetik T-Cell standart menjadi CAR T-Cell (Chimeric Antigen Receptor).

CAR T-Cell inilah yang sekarang menjadi pembunuh utama bagi sel kanker di dalam tubuh. CAR T-Cell menjadi serial killer bagi sel kanker, CAR T-Cell akan hinggap ke sel kanker dan menempel hingga sel kanker mati. Kemudian CAR T-Cell akan mencari sel kanker lainnya dan membunuhnya lagi begitu dan seterusnya hingga tubuh kita bersih dari sel kanker.

Prosedur Menjalani CAR T-Cell Terapi

Diceritakan di Breakthrough ada seorang penderita kanker darah/leukimia yang sudah akut mau mencoba CAR T-Cell terapi ini karena pengobatan yang ada sudah tidak ada yang bisa digunakan lagi. Jadi pasien ini mau mencoba pengobatan baru ini. Dokter mengambil sejumlah darah dan melakukan modifikasi pada T-Cell yang dimilikinya menjadi CAR T-Cell kemudian diinjeksikan kembali pada pasien.

Prosedurnya cukup senderhana bagi pasien tetapi bagi dokter tidak, mereka harus mengambil T-Cell dan mengubahnya menjadi CAR T-Cell. Setelah injeksi diceritakan pasien mengalami demam tinggi, dokter sempat bingung kenapa bisa terjadi demam. Setelah diteliti karena sel kanker banyak yang mati sehingga terjadi demam ini, dokter pun tidak menyangka bakal secepat ini CAR T-Cell mampu membunuh sel kanker.

Setelah beberapa saat pasien ini dinyatakan bebas dari kanker dan CAR T-Cell masih berada di dalam tubuhnya sehingga kemungkinan untuk kambuh lagi sangat kecil. CAR T-Cell akan segera langsung membunuh sel kanker yang akan muncul. Mulai detik itu juga pasien ini dinyatakan bebas dari kanker darah/leukimia.

CAR T-Cell terapi masih sangat rumit karena terapi ini harus spesifik untuk setiap orang dan dosisnya juga sangat spesifik untuk setiap orang jadi tidak bisa sembarang orang dengan dosis yang sama.

CAR T-Cell Digunakan untuk Siapa Saja

Dari uji coba pada pasien itu dokter menginginkan kemajuan lagi yaitu siapa saja bisa menggunakan CAR T-Cell atau bisa dikatakan CAR T-Cell untuk universal. T-Cell dari donor yang sudah dimodifikasi menjadi CAR T-Cell tidak bisa sembarang diberikan kepada pasien karena masih bisa terjadi penolakan pada pasien. Untuk itu perlu dilakukan Editing Gen. Editing Gen bertujuan agar CAR T-Cell yang diperoleh bisa diubah menjadi universal sehingga semua orang bisa menggunakan terapi ini tanpa ada penolakan.

Pada Breakthrough diceritakan dokter berhasil mengubah Gen dan membuat CAR T-Cell universal dan dicobakan pada bayi berumur 9 bulan. Bayi ini juga menderita leukimia dan orang tuanya tidak ingin menyerah dan tetap berjuang agar bayi mereka bisa sembuh. Kemudian dokter mencoba memberikan CAR T-Cell terapi ini pada bayi tersebut. Setelah beberapa lama tidak ada demam atau tanda yang lain, dokter mulai meneliti kembali dan melihat ternyata kanker sudah tidak ada lagi dan CAR T-Cell masih ada di dalam bayi ini dan tidak ada penolakan.

CAR T-Cell universal berhasil pada percobaan ini, meskipun masih diperlukan uji coba lebih lanjut tetapi pada titik ini kita bisa melihat bahwa CAR T-Cell bisa menjadi solusi pengobatan kanker. Dengan adanya CAR T-Cell universal ini siapa saja bisa menggunakan terapi ini tanpa harus ada penolakan pada tubuh pasien kanker.

Mimpi di Masa Mendatang untuk CAR T-Cell

Mari berimajinasi dengan saya, andaikan CAR T-Cell ini sukses bisa membunuh sel kanker apapun dan bisa diaplikasikan kepada semua orang layaknya obat umum, maka mimpi untuk bebas dari kanker akan terwujud. Anda bisa bayangkan CAR T-Cell akan diinjeksi ke dalam tubuh kita kemudian secara otomatis tubuh kita memiliki pertahanan untuk membunuh sel kanker.

CAR T-Cell di masa depan akan berubah menjadi vaksin anti kanker dalam imajinasi yang ada dipikiran saya. Teknologi ini akan menjadi terobosan/breakthrough bagi manusia. Kita yang sehat dapat menerima CAR T-Cell sehingga kita memiliki pertahanan sebelum kanker itu muncul jadi lama kelamaan manusia akan bebas dari kanker.

Kapankah ini bisa terwujud? Mungkinkah angan-angan ini bisa terwujud di masa depan?

Kesimpulan

Pada acara Breakthrough ini kita mendapat gambaran bahwa telah dicapai suatu terobosan baru untuk mengobati kanker. Pada acara itu diceritakan seseorang yang menderita leukimia berhasil sembuh total dengan menggunakan CAR T-Cell terapi. Yang menjadi pertanyaan berikutnya bagi kita adalah apakah penderita kanker di Indonesia bisa menggunakan terapi ini juga? Apakah terapi ini sudah bisa dipakai untuk umum? Apakah efektif untuk segala jenis kanker? Hal-hal inilah masih perlu dipelajari lebih lanjut dan tentunya biaya untuk menjalani terapi ini saya rasa tidak akan murah.

Dengan adanya CAR T-Cell ini membuka peluang hidup bagi penderita kanker yang sudah tidak ada harapan lagi. Semoga informasi ini bisa berguna bagi pasien kanker yang sedang menjadi harapan untuk kesembuhan.

Baca artikel lain mengenai Tian Xian Liquid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.