Setelah Kemoterapi Selesai

Tips Memulai Gaya Hidup Baru Setelah Kemoterapi Selesai

Setelah melakukan kemoterapi, penderita kanker akan merasakan dampak kepada kesehatannya. Seperti menjadi lebih lemas, kurang nafsu makan, dan lain sebagainya. Maka dari itu siapa pun yang sudah melakukan kemoterapi harus memulai gaya hidup sehat.

Meski kanker sudah hilang karena kemoterapi, tapi Anda harus tetap menjaga kesehatan. Maka dari itu Anda tidak bisa hidup sebebas dulu lagi karena ada banyak hal yang menjadi pantangan, seperti kegiatan, makanan, dan lain sebagainya.

Hal yang Terjadi Setelah Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan obat kimia untuk menghilangkan atau mencegah sel-sel kanker menyebar ke seluruh tubuh. Proses kemoterapi akan berpengaruh kepada seluruh tubuh sehingga sering menimbulkan efek samping. Oleh karena obat kemoterapi akan menyebar ke aliran darah sehingga mampu menghancurkan sel yang terkena kanker maupun yang sehat.

Ada banyak sekali hal yang mungkin terjadi setelah kemoterapi dilakukan. Ada yang jangka pendek atau hanya setelah kemoterapi, ada juga yang jangka panjang. Hal-hal yang akan terjadi setelah kemoterapi antara lain, mual dan muntah, kelelahan, risiko infeksi, rambut rontok, pendarahan dan memar, anemia, kesuburan, lemah konsentrasi, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi itu semua maka Anda harus mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Setiap efek samping yang ditimbulkan memiliki jenis makanan berbeda-beda untuk dikonsumsi.

Gaya Hidup Sehat Setelah Kemoterapi dengan Makanan

Makanan bisa menjadi obat atau bahan untuk mencegah berbagai penyakit. Termasuk dalam menyembuhkan efek samping setelah kemoterapi maupun mencegah kanker untuk kembali lagi. Ada banyak sekali jenis-jenis makanan yang bisa Anda konsumsi setelah melakukan kemoterapi. Akan lebih baik lagi jika menjadi menu sehat sehari-hari.

Beberapa makanan yang paling baik untuk dikonsumsi setelah kemoterapi antara lain:

1. Jahe dan Telur

Dua jenis makanan ini punya kemampuan yang sangat baik dalam membuat kesehatan penderita kanker setelah kemoterapi menjadi lebih baik. Jahe memiliki kandungan yang punya sifat anti inflamasi. Memiliki fungsi untuk mengurangi kebiasaan mual dan muntah sesudah atau selama pasien sedang melakukan kemoterapi.

Sementara telur punya banyak sekali kandungan protein, vitamin E, vitamin D, dan vitamin B. Kandungan-kandungan ini dapat membantu tubuh untuk terhindar dari efek samping akibat obat kemoterapi yang sangat keras.

2. Sayur-sayuran

Tentu saja semua orang sudah tahu bahwa sayur-sayuran punya kandungan nutrisi yang memberikan dampak baik kepada kesehatan. Sayuran yang paling baik adalah yang berwarna hijau. Di dalamnya terdapat kandungan berupa vitamin A, vitamin E, vitamin K, dan zat besi. Zat besi punya manfaat untuk lancarkan sel darah merah dan peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Kedua hal ini sangat penting bagi kesembuhan penderita kanker yang telah melakukan kemoterapi.

3. Kacang-kacangan

Kandungan yang baik dari kacang-kacangan adalah protein dan vitamin B. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki sel tubuh. Terutama bagi pasien yang sudah dan sedang melakukan kemoterapi.

4. Kentang yang Ditumbuk

Makanan ini akan mudah sekali untuk dicerna sehingga sangat membantu para pasien kanker setelah kemoterapi. Kentang bisa dijadikan makanan untuk mencegah penurunan berat badan. Cara untuk mengonsumsinya yang paling baik adalah mencampurkannya dengan susu dan mentega.

5. Puding

Apabila ingin mengonsumsi makanan ringan maka bisa menjadikan puding sebagai camilan. Lebih baik dengan membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang baik bagi para pasien kemoterapi. Bahannya bisa ditambah susu agar nutrisinya banyak.

6. Yogurt

Yogurt bisa menjadi minuman yang baik sekali bagi pasien yang sudah melakukan kemoterapi. Manfaatnya adalah mencegah penyakit diare dan turunnya berat badan dari pasien.

Selain itu banyak jenis makanan lainnya. Antara lain kismis, apricot, daging, kacang polong, sayuran hijau, dan lain sebagainya seperti makan makanan yang punya kandungan antioksidan, misalnya greentea. Anda masih boleh makan makanan yang favorit tapi harus terkontrol.

Gaya Hidup Sesudah Kemoterapi dengan Kebiasaan

Anda harus melakukan gaya hidup yang baru setelah kemoterapi. Namun gaya hidup ini harus dijadikan kebiasaan baru, bukan hanya setelah kemoterapi saja. Berikut ini bagaimana saja gaya hidup baik sesudah kemoterapi yang harus dilakukan sampai kapan pun agar kesehatan tetap terjaga.

1. Olahraga Teratur

Dengan olahraga teratur maka Anda dapat membuat tubuh lebih fit sehingga selalu bugar dan sehat. Penyakit-penyakit yang berbahaya tidak akan mampu menyerang Anda. Dengan olahraga juuga metabolisme bisa berjalan dengan sangat baik. Jadinya kualitas kesehatan Anda bisa menjadi lebih maksimal.

Jika Anda yang tidak mau terkena kanker pun harus melakukan olahraga dengan teratur.

2. Harus Istirahat Cukup dengan Pola Tidur yang Baik

Siapa pun itu pastinya perlu istirahat yang cukup demi menjaga kesehatannya. Apalagi bagi orang-orang yang punya banyak pekerjaan. Jika orang sehat saja butuh istirahat yang cukup, apalagi bagi orang yang habis melakukan kemoterapi. Istirahat sangat penting dilakukan agar tubuh dan otak ikut istirahat sejenak.

Jika sudah capai, tapi tetap dipaksakan bekerja maka bisa membuat risiko penyakit bisa datang. Apalagi setelah Anda melakukan kemoterapi, pastinya ketahanan tubuh tidak akan seperti dulu lagi. Untuk menjaga istirahat yang cukup maka Anda harus punya pola tidur yang cukup dan baik.

Waktu tidur yang cukup adalah per malamnya selama 7 jam. Lalu jangan tidur terlalu larut malam, maksimal jam 11 malam saja.

3. Jaga Berat Badan

Jika berat badan terlalu besar maka risiko terkena penyakit kanker semakin besar. Makanya harus terus dijaga, begitu juga dengan orang yang baru menyelesaikan kemoterapi. Ada banyak cara untuk menjaga berat badan yang baik, seperti menjaga pola makan dengan yang sehat, olahraga, dan lain sebagainya.

4. Jangan Merokok

Bagi kebanyakan orang Indonesia terutama pria, merokok seperti sebuah kebutuhan pokok. Padahal menyimpan bahaya bagi tubuh. Jika orang sehat saja disarankan tidak merokok apalagi Anda yang baru selesai kemoterapi atau sudah menderita kanker. Merokok ini dapat membuat kerusakan pada paru-paru sehingga menyebabkan kanker paru.

5. Sering Pijat

Pijat dapat membuat Anda menjadi lebih tenang dan rileks makanya akan lebih baik jika sering melakukannya. Pijatan juga dapat membuat pasien kanker yang akan menjalani kemoterapi menjadi lebih rileks dan tenang.

6. Jaga Kebersihan Tubuh

Jika Anda termasuk orang yang malas mandi atau tidak terlalu bersih maka mulai selesai melakukan kemoterapi harus berubah. Anda harus mandi setiap hari supaya kuman-kuman tidak akan ada di tubuh Anda. Biasanya kuman ini termasuk yang membuat penyakit sering muncul.

Lalu harus membersihkan tangan dengan air panas dan sabun secara rutin. Apalagi sebelum menyiapkan makanan atau habis buang air. Selain kebersihan tubuh, Anda juga harus memerhatikan kebersihan dari benda-benda yang digunakan setiap hari. Seperti seprai, handuk, dan baju. Semua itu harus dicuci secara rutin.

7. Tenangkan Pikiran

Anda harus biasakan bersyukur atas semua hal yang terjadi. Pikiran yang tenang dan baik akan memberikan energi positif bagi tubuh.

Itulah dia informasi mengenai tips memulai gaya hidup baru setelah melakukan kemoterapi. Semoga dengan mengikuti tips ini kesehatan Anda bisa lebih terjaga.

Baca artikel lain mengenai Pengobatan Kanker di Penang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.