Pola Makan Sehat

Umur Panjang Dengan Pola Makan Sehat

Siapa yang tidak ingin sehat selalu? Semua pasti ingin sehat. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan salah satunya adalah menjaga pola makan sehat. Posting kali ini akan membahas mengenai pola makan sehat menurut pengalaman saya pribadi. Saya ingin membagikan cerita pengalaman pola makan yang sehat.

Kebanyakan orang ingin punya uang banyak dan kerja sangat keras agar menjadi kaya. Umur 20-40 semuanya kerja keras umur-umur itu masih muda sehingga masih bisa bekerja hingga larut malam bahkan subuh sekalipun. Tetapi umur 50 penyakit sudah mulai menggerogoti tubuhnya. Kerja keras boleh saja, siapa sih yang tidak ingin kaya? Tetapi kesehatan SANGAT PENTING. Ketika anda sudah sakit semua kerja keras anda akan sia-sia.

Salah satu faktor agar kita sehat dan umur panjang adalah dari makanan. Selain makanan masih ada banyak faktor yang harus diperhatikan misalnya olah raga, menjaga agar tidak stress, dll. Mari kita bahas pola makan sehat seperti apa yang perlu kita terapkan.

Pola makan sehat-Jauhi pedas

Jauhi Makanan Pedas

Pertama dan utama masalah dari kita orang Indonesia adalah suka makanan pedas. Lombok katanya mengandung vitamin C tetapi resikonya lebih besar. Kita makan lombok pertama belajar dulu sedikit lama kelamaan akan tambah banyak. Memang dimulut kita enak tetapi pencernaan kita sebenarnya sudah BERTERIAK karena pedas. PENDAPAT SAYA: makan makanan pedas ini sangat mengganggu pencernaan, hampir semua organ kita terganggu misalnya saja lambung, liver, usus. Anda yang tidak kuat makan pedas pasti akan kena diare atau panas dalam yang teramat sangat, susah BAB. Sebenarnya ini adalah tanda-tanda untuk STOP PEDAS, tanda-tanda seperti ini harus anda perhatikan karena jika tidak penyakit akan muncul dikemudian hari. Yang paling mengerikan adalah kanker, bisa kanker usus atau kanker lambung.

Terus bagaimana kita yang suka lombok bisa menjauhi makanan pedas? Anda harus mengubah pola makan anda menjadi pola makan lebih sehat. Ada yang bila tidak makan lombok tidak enak, bagi anda yang sangat suka lombok memang susah menjauhi makanan pedas, berikut ini mungkin tips yang bisa anda pakai untuk mencoba menjauhi lombok:

  • Ubah kegemaran masakan pedas misalnya anda suka makanan penyetan anda kurangi dulu lomboknya secara bertahap atau gunakan lombok besar yang mungkin tidak begitu pedas. Jadi anda perlahan mengurangi.
  • Saat anda hobi makan pedas anda harus mengubahnya misalnya lebih suka makanan berkuah sehingga anda tidak ingin pedas.
  • Perhatikan efek setelah makan pedas bagi anda yang berefek negatif akan mudah bagi anda terapkan pola pikir JIKA SAYA MAKAN PEDAS SAYA AKAN SUSAH BAB, DIARE, DLL dengan pola pikir ini anda akan pikir 2x untuk makan pedas.

Pedas pola makan sehat yang pertama dan utama harus diterapkan agar kita bisa sehat dan berumur panjang. Awalnya memang susah, tetapi jika bertahap anda pasti bisa. Beruntungnya saya pemakan pedas yang tidak kuat jadi setelah makan pedas efek negatif muncul jadi saya menerapkan pola pikir di atas sehingga saat ini saya sudah bebas dari makanan pedas.

Pola makan sehat-Jauhi gorengan

Jauhi Makanan Gorengan/Bakar

Yang kedua adalah gorengan/bakar, gorengan juga sangat jahat karena minyak yang dipakai di Indonesia sangat buruk terutama penjual pinggir jalan yang hanya meraup rupiah saja tetapi tidak mementingkan kesehatan. Anda pasti sudah dengan plastik dari minyak goreng itu ikut digoreng bersama minyak sehingga gorengan yang dijual lebih renyah dan enak. Padahal ini menjadi penyebab kanker, masak kita makan plastik?

Menemani mama saya berjuang dari kanker membuat saya membaca suatu artikel tentang kanker dan masakan gorengan. Artikel yang saya baca waktu itu bercerita seperti ini, ketika kita makan gorengan maka akan banyak minyak yang masuk ke lambung dan organ yang berperan penting untuk menghancurkan minyak adalah EMPEDU. Empedu kita akan mengeluarkan suatu zat untuk menghancurkan minyak tersebut tetapi karena minyak yang kita konsumsi banyak maka zat yang dikeluarka oleh empedu juga banyak sedangkan jika zat itu tidak ternetralisasi dengan baik maka akan masuk ke usus dan ikut diserap nah zat itulah yang akan menyebabkan kanker usus.

Pengalaman saya menjauhi gorengan sangat susah memang karena setiap hari banyak menu gorengan seperti tempe, tahu, krupuk mungkin itu yang selalu ada di meja makan kita. Seminimal mungkin kita makan gorengan dan perlahan anda akan terbebas dari berbagai gangguan kesehatan.

Selain gorengan yang satu level adalah makanan yang dibakar atau dipanggang. Misalnya sate, ikan bakar, ayam bakar, dll. Anda pasti sudah sering mendengar bahwa gosong-gosong yang dihasilkan saat dibakar akan menyebabkan kanker (istilah medisnya adalah carcinogen). Mitos mengatakan saat makan sate anda harus makan bawang untuk menetralkan gosongnya/carcinogen, atau makan timun saat makan ikan/ayam bakar. Tetapi ini saya masih belum melakan research lebih mendalam apakah mitos ini benar atau tidak.

Tips menjauhi makan gorengan/bakar sebenarnya sederhana anda tidak mengubah masakan anda menjadi rebus/kukus, dll. Misalnya ayam goreng anda harus memasak menjadi ayam kuah jadi anda terjauh dari gorengan. Saya praktek sendiri menjauhi gorengan membuat badan bisa lebih sehat hal sederhana adalah anda terjauh dari panas dalam dan susah BAB. Ada posting saya mengenai pola hidup sehat jika organ-organ anda juga sehat disana membahas mengenai kenapa kita harus BAB secara rutin, anda bisa baca posting tersebut untuk menambah referensi.

Pola makan sehat-Jauhi dingin

Jauhi Minuman Dingin

Yang ketiga adalah minuman dingin, pengalaman saya ini yang paling sulit terutama saat siang hari karena cuaca sangat panas. Minuman dingin menjadi segar, J tetapi jika kita ingin sehat menjauhi minuman dingin/es itu adalah HARUS. Minuman dingin akan mengganggu ginjal itulah pengalaman saya sampai saat ini, saya bukan dokter untuk yang ini saya tidak ada penjelas medis tetapi melihat berbagai kasus yang pernah saya lihat dan saya alami memang minuman dingin mengganggu kesehatan.

Cerita singkat dari yang pernah saya alami, musim panas sangat cocok untuk minuman dingin + coca cola bukan? Kebanyakan minum itu akhirnya ginjal saya terinfeksi dan buang air kecil jadi sakit. Perlu pengobatan serius agar selesai dengan tuntas saat itu.

Badan kita lebih suka minuman yang hangat, pencernaan kita butuh yang hangat agar optimal kinerjanya. Jika kinerja pencernaan optimal maka kita pasti lebih sehat. Pengalaman saya yang lain jika banyak minum dingin dan ginjal sudah terganggu maka kaki pun jadi tidak kuat. Ginjal kuat = kaki kuat. Hal ini saya mendapat pengalaman juga dari pengobatan tradisional. Bagi anda yang pro dengan medis saya tidak tahu apakah anda pro atau kontra, tetapi minuman dingin sudah saya buktikan sendiri mengganggu kesehatan.

Kesimpulan

Pola maka sehat di atas sebenarnya sudah menjadi pengetahuan umum yang beredar dimana-mana saya hanya me-refresh saja lewat blog ini. Semoga pengalaman cerita saya ini bisa menjadikan kita lebih sehat, bagi pembaca setia blog ini jika anda ingin diskusi langsung saja menuliskan melalui komentar di bawah posting ini.

Baca artikel lain mengenai Lymphedema Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.