Pola Hidup Vegetarian

Seperti Apakah Pola Hidup Vegetarian Itu?

Mengawali langkah menjadi vegetarian tidak mudah. Agar terasa lebih ringan ada baiknya mempelajari terlebih dahulu cara menjalani diet vegetarian. Bagi vegetarian pemula ada baiknya menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai pola makan dan kehidupan vegetarian. Namun yang pertama kali harus dikuatkan adalah niat dan tekad. Ketika memutuskan untuk menjadi vegetarian kenali lebih dulu niat untuk memilih pola makan yang anti main stream ini.

Langkah-langkah Menjadi Vegetarian Pemula

Jika niat berdiet hanya karena iseng, ikut-ikutan trend, penasaran maka program diet ini tidak akan bisa berlangsung lebih lama. Lebih cepat merasa bosan, lelah, tidak terinspirasi untuk berupaya lebih giat lagi adalah pengaruh yang dominan dirasakan ketika diet vegetarian sekedar karena penasaran. Satu dua hari maksimal sepekan kemudian memutuskan untuk berhenti menjadi vegetarian. Akhirnya tidak ada manfaat yang diperoleh selain sekedar pernah merasakan pola makan vegetarian. Jika alasan paling kuat untuk berdiet vegetarian adalah demi kesehatan maka pejuang diet akan lebih termotivasi dan bersemangat untuk konsisten dengan menu dietnya.

Meski belum lama bergabung menjadi vegetarian tidak ada salahnya untuk mempererat tali silaturahim dan meningkatkan wawasan bersama sesama vegetarian dengan cara bergabung di komunitas vegetarian. Dengan bergabung di komunitas vegetarian para pejuang diet akan menemukan rekan-rekan seperjuangan dan sekaligus support dan motivasi untuk terus konsisten. Banyak hal positif yang berawal dari kumpul-kumpul dengan sesama pejuang diet vegetarian namun yang paling utama adalah dukungan untuk tak lelah berjuang demi kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat.

Bagi pelaku diet vegetarian yang baru memulai berjuang tidak ada salahnya jika belajar menerapkan diet vegetarian secara bertahap. Artinya tidak semua menu vegetarian harus dicicipi dan dipilih sebagai menu utama. Pilih buah dan sayur yang citarasanya sesuai dengan selera. Jangan memaksakan menyiapkan menu-menu dengan kombinasi buah dan sayur dari segala jenis. Bagi pelaku vegetarian yang sudah terbiasa cita rasa dari campuran buah dan sayur tersebut mungkin tidak akan menimbulkan mual tetapi bagi pemula rasa sayur yang pahit bisa saja membuatnya urung menelan makanan tersebut.

Cukup Mudah untuk Menjadi Vegetarian

Apa menjadi seorang vegetarian itu sulit dilakukan? Ternyata tidak, terlebih bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Pelaku diet vegetarian yang tinggal di kota-kota besar mungkin akan lebih mudah untuk menemukan variasi menu di restoran vegetarian. Mencicipi hidangan yang terinspirasi dari makanan non nabati tetapi bahannya murni dari sayur dan nabati lainnya bisa mengusir bosan saat menerapkan diet vegetarian. Tetapi terus menerus makan di restoran tentu cukup menguras kantong. Cara lain untuk menemukan konsistensi adalah dengan menerapkan vegan meal plan. Menerapkan vegan meal plan pada dasarnya adalah menyusun menu bervariasi agar vegetarian tidak lekas bosan.

Vegan meal plan adalah perencanaan makan pelaku diet vegan dalam sehari. Makanan yang dikonsumsi adalah makanan segar dan bukan makanan yang diawetkan. Perhitungan kalori dan nutrisi dalam menu tersebut telah diperhitungkan dengan baik. Kebutuhan akan zat gizi tetap terpenuhi meski tidak mengkonsumsi daging merah.

Contoh vegan meal plan adalah: sarapan dengan oatmeal yang dicampur susu kedelai atau susu almond dan ditambahkan topping buah favorit untuk memberikan kesan segar. Minumnya cukup air putih atau teh hijau. Jam 10 saat snacking pilih snack buah potong atau snack bar yang terbuat dari bahan nabati, misalnya dengan memanasaskan sirup maple atau selai kacang lalu ditaburi kacang tanah atau kacang almondĀ  dan oatmeal. Masukkan adonan snack ke dalam cetakan lalu simpan dalam kulkas, saat dibutuhkan tinggal potong sesuai kebutuhan. Makan siang jam 12 atau jam 1 siang nikmati nasi merah dengan lauk tahu tempe. Snacking sore sekitar jam 4 sore bisa diisi dengan minum jus atau smoothies dari buah favorit. Makan malam jam 6 atau maksimal jam 7 malam dapat diisi dengan salad sayuran plus dressing favorit.

Variasi menu juga bisa dilakukan dengan cara memvariasikan cara mengolah dan teknik menyajikannya. Buah-buahan tidak hanya dikonsumsi sebagai buah potong, salad, jus atau smoothies, tetapi juga bisa dikreasikan seperti sate, dipanggang sebentar dengan olesan mayonaise. Sayuran tidak harus melulu dinikmati sebagai sayur berkuah, tumis, lalapan atau campuran jus tetap juga bisa diolah dengan teknik hot plate, digoreng crispy atau sate ala masakan China.

Mereview Pola Hidup Vegetarian

Istilah vegetarian dicetuskan pertama kali pada tahun 1847 dan diperkenalkan secara formal pada tanggal 30 September 1847 oleh Josep Brotherton dan rekan-rekannya di Northwood Villa, Kent, Inggris. Momen tersebut dikenal sebagai momen pertemuan pengukuhan Vegetarian Society Inggris.

Apakah menjadi vegetarian menyenangkan? Jika ditinjau dari hasilnya demi kesehatan tentu lebih baik dibandingkan mereka yang kegemarannya mengkonsumsi junk food. Resiko menderita kanker, hipertensi dan diabetes lebih rendah; kondisi tekanan darah, kadar gula dan kolesterol cenderung normal, berat badan pun terjaga di kisaran normal. Tubuh juga lebih segar, gerakan lebih lentur dan terasa enteng.

Jika ditinjau dari pola makan pelaku diet Vegetarian terbagi menjadi tiga kelompok besar. Pembagian jenis vegetarian ini didasarkan pada pola makan pelaku diet dalam menjalani aktivitasnya. Jenis-jenis vegetarian tersebut adalah:

  1. Vegan

Yaitu jenis vegetarian murni yang hanya mengonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan danĀ  biji-bijian dan tidak mengonsumsi bahan pangan lain selaian bahan pangan nabati.

  1. Lacto Vegetarian

Merupakan kelompok vegetarian yang hanya mengonsumsi bahan pangan nabati dan berpantang terhadap bahan pangan hewani berupa daging (segala jenis daging), ikan (seafood), telur dan produk olahannya (seperti sosis, kornet, makanan kaleng), namun masih mentolerir untuk mengonsumsi susu dan produk olahannya (keju dan yoghurt).

  1. Lacto-ovo Vegetarian

Merupakan kelompok vegetarian yang mengonsumsi bahan nabati dan tidak mengonsumsi daging ternak, unggas dan segala jenis seafood. Namun masih memperbolehkan mengkonsumsi telur dan susu beserta produk olahannya.

Ketika memutuskan menjadi vegetarian maka tips-tips berikut ini selayaknya dipraktekkan agar diet agar niat untuk sehat bisa terwujud secara optimal:

1. Tekankan bahwa Buah dan Sayuran adalah Menu Utama

Jika orang-orang lain menempatkan buah sebagai makanan penutup dan sayuran sebagai pelengkap maka dalam pola makan vegetarian buah dan sayur adalah menu utama. Keuntungan menjadi vegetarian adalah buah dan sayur tidak selalu harus diolah dahulu sebelum dinikmati. Buah dan sayur bisa langsung dikonsumsi dalam kondisi segar meski tidak ada larangan untuk mengolahnya terlebih dahulu untuk dinikmati.

2. Boleh Mengonsumsi Karbohidrat

Vegetarian adalah kelompok masyarakat yang mengonsumsi bahan nabati, artinya diperbolehkan sumber karbohidrat nabati. Beras merah dan umbi-umbian (kentang dan ubi) adalah bahan alternatif yang disarankan sebagai sumber karbohidrat.

3. Menemukan Sumber Protein Alternatif

Tidak semua sumber protein berasal dari bahan hewani. Bahan pangan nabati juga bisa menjadi sumber protein yang cukup baik. Biji-bijian, kacang-kacangan dan cokelat adalah contoh sumber protein nabati.

Baca artikel lain mengenai Makanan Penyebab Kanker Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 12 =