Perbedaan Miom Dan Kista

Waspadai Perbedaan Miom Dan Kista Bagi Tubuh Anda

Penyakit bisa datang kapan saja dan pada siapa saja, berbagai jenis penyakit datang dan pergi ke tubuh manusia ketika ada jaringan sel atau bakteri yang memang salah berada dimanusia atau penyebab-penyebab lain yang mengakibatkan manusia memiliki gangguan. Manusia juga diciptakan beragam, itu sebabnya penyakit yang datang pada diri manusia juga beragam tidak selalu sama, bahkan terkadang meskipun gen mereka sama, namun tetap saja ada jenis perbedaan pada penyakitnya. Namun, ada salah satu penyakit yang menurut beberapa ahli disebabkan oleh gen keturunan ialah seperti penyakit kista dan juga miom.

Miom dan kista adalah penyakit berbeda yang terjadi didalam tubuh manusia, perempuan adalah yang paling sering mengalami penyakit ini. Penyakit yang biasanya menyerang daerah rahim ini memang menjadi perhatian bagi para wanita. Nah apa itu miom? Dan apa itu kista? Mari kita jelaskan satu persatu.

Sudah Tahu Apa Itu Miom?

Miom adalah tumbuhnya sel tumor yang ada disekitar rahim atau uterus namun tidak bersifat seperti kanker, miom merupakan tumor jinak yang tidak akan menyebar ke seluruh tubuh dan tidak berkembang. Miom biasanya berasal dari otot rahim yang berkembang atu tumbuh secara tidak normal dan pertubuhan itulah yang nantinya membentuk tumor jinak.

Penyebab pada miom masih menjadi tanda tanya dikalagan para dokter, namun beberapa dokter mengkaitkan miom pada hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium. Miom memang sudah dialami beberapa wanita dan menjadi penyakit yang tidak asing bagi wanita, penyakitnya ini sudah terjadi kepada sekitar 75% pada semua wanita. Hati-hati untuk pemilik berat badan berlebih atau obesitas karena biasanya miom lebih cepat terserang penyakit miom, para ahli juga mengkaitkan dengan faktor genetik yang memberikan kemungkinan besar anda terkena penbyakit miom.

Kenali Apa Itu Kista

Jika tadi sedang membicarakan miom, salah stau penyakit lainnya yang terjadi di rahim, yaitu kista. Kista berisi berupa cairan , udara atau ada jenis-jenis lainnya yang tidak normal membentuk kantung pada beberapa organ tubuh manusia. Kista juga merupakan tumor jinak tidak ganas seperti kanker. Kista sebenarnya tidak memberikan gejala apapun, namun biasanya jika dibiarkan tumbuh membesar inilah yang akan membuat anda tersa sakit, karena ukuran dari kista akan mengganggu organ lain di dekatnya.

Kista berkembang di berbagai tempat, bisa tumbuh di ginjal, payudara dan hati, meskipun memang sering sekali terjadi di rahim. Kista memiliki banyak penyebabnya, biasanya dikarenakan memiliki menstruasi yang terlalu muda, hormon yang dimiliki tidak seimbang, namun para dokter ahli juga memberikan alasan lain seperti memiliki tingkat stress yang tinggi, obseitas juga, dan jika anda mengkonsumsi suplemen penyubur karena ketika wanita mengkonsumsi penyubur akan terbentuk folikel yang sangat banyak.

Nah folikel yang banyak itu tidak semuanya bisa melepaskan sel telurnya, nah inilah yang membuat terjadinya kista.

Apa Hubungannya Dengan Kanker?

Nah itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan miom dan kista. Lantas apa hubungan keduanya dengan kanker? Nah keduanya sebenarnya bukan termasuk dalam kanker, kanker merupakan tumor ganas yang akan berkembang dan bahkan menyebar ke seluruh tubuh manusia. Sementara tumor jinak tidak, nah itulah yang dimiliki oleh miom dan kista, tumor keduanya tidak tumbuh, tomotnya berkembang dan hanya menghimpit atau mengganggu organ lainnya.

Perbedaan miom dan kista juga sangat jelas, meskipun keduanya merupakan pertumbuhan tumor, namun memiliki perbedaan isinya jika kista berisi cairan yang berasal dari berbagai tumpukan, sementara miom terbentuk dari sel-sel yang tumbuh sehingga menjadi sebuah daging yang tumbuh. Namun keduanya sering tidak dibedakan karena letaknya yang sama, padahal kista bisa terjadi di berbagai organ tidak hanya rahim. Miom dan kista juga memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Miom

Ada beberapa jenis miom yang bisa diketahui, yakni:

  1. Miom fibroid intramjural, miom jenis ini tumbuh diantara jaringan otot rahim. Lokasinya itu adalah tempat yang paling sering atau umum terbentuk miom.
  2. Miom fibroid subserous, miom ini tumbuh dibagian luar dinding rahim menuju rongga panggul, dan termasuk pada jenis yang akan tumbuh besar.
  3. Miom fibroid submucous, miomnya tumbuh di lapisan otot yang ada di bagian dalam, dari dinding rahim. Miom jenis ini biasanya menyebabkan pendarahan yang sangat parah ketika menstruasi dan kompilikasi lainnya.
  4. Miom fibroid pedunculated, miom jenis ini merupakan pertumbuhan di batang kecil pada dalam dan luar rahim.

Jenis-Jenis Kista

Sementara itu, jenis kista adalah sebagai berikut.

  1. Kista ovarium atau sering disebut juga kista indung telur ini berisi cairan pada dalam atau permukaan indung telur.
  2. Kista epidermoid, jenis kistanya terjadi dipermukaan kulit yang terkadang seperti daging tumbuh. Kistanya seperti daging benjolan.
  3. Kista sebaceaous, kista ini juga berada pada permukaan kulit. Kistanya terbentuk ketika kelenjar sebelum mengeluarkan minyak atau sebuah zat yang mengandung banyak minyak.
  4. Kista ganglion, kistanya sering muncul pada pergelangan tangan, kistanya lunak ketika disentuh karena berisi cairan, namun kista ini sering membengkak.
  5. Kista baker’s, kistanya sering berada di sendi bawah tekukan lutut, kistanya berbentuk seperti kantong cairan.
  6. Kista payudara, kista berada dipayudara berbentuk padat atau cairan, sama seperti jenis kista lainnya. Kista ini tidak bersifat ganans seperti kanker.

Di atas itu adalah beberapa jenis-jenis kista dan juga miom yang berbeda-beda yang umumnya terjadi pada wanita. Biasanya beberapa wnaita tidak menyadari ketika terkena kedua penyakit ini, gejala yang sering terjadi pada miom biasanya seperti jangka menstruasi yang sangat panjang, panggul akan terasa sakit, sering buang air kecil, perut juga kembung dan akan membesar, jika gejala-gejala ini sudah terjadi pada diri anda, segeralah periksakan, jangan menunggu penyakitnya semakin terasa dan semakin parah.

Ada gejala lainnya yang terjadi pada kista, ketika kista terjadi pada bagian rahim, biasanya bagian bawah perut anda akan sangat sakit, bawah punggung sampai kepaha juga akan sakit, menstruasi yang tidak teratur, pendarahan pada organ intim anda, perut akan membesar, anda akan merasa penuh atau berat pada bagian perut, perut anda akan terasa seperti ditekan dari dalam, beberapa gejala ini akn terjadi ketika kista terjadi dalam rahim anda, segeralah periksakan jangan menunggu semakin besar dan semakin sakit sehingga mengganggu aktivitas anda atau mempengaruhi kondisi anda.

Berbagai macam akibat dan gejala yang diberikan oleh kista dan miom bisa anda waspadai, karena jika anda tidak mulai mewaspadai anda mungkin akan terserang penyakit ini dengan mudah, jangan menantang sebuah penyakit karena setiap penyakit pasti memiliki gejala yang akan semakin memburuk jika anda menganggap mudah suatu penyakitnya. Cobalah untuk lebih berhati-hati dan mencari berbagai pemahaman pada kista dan miom agar anda lebih paham perbedaan yang dihasilkan keduanya, karena dengan anda mewaspadainya ini memberikan kemungkinan besar anda akan mendapatkan kesehatan anda sendiri.

Baca artikel lain mengenai Terapi CAR T-Cell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.