Perawatan Pasca Kemoterapi

Tips Melakukan Perawatan Pasca Kemoterapi Untuk Kanker Payudara

Perawatan Pasca KemoterapiSaat kemoterapi berlangsung memang tidak sakit tetapi pasca kemoterapi adalah moment yang sangat tidak enak. Untuk itulah perlu perawatan pasca kemoterapi yang perlu anda lakukan. Ada banyak hal yang oleh setiap penderita kanker dilakukan dan itupun berdasarkan obat kemo yang digunakan. Posting kali ini kami ingin membagikan pengalaman kami pasca kemoterapi untuk kanker payudara.

Konsultasi dan Kenali Obat Kemo Yang Dipakai

Pertama kali yang penting adalah saat konsultasi perdana dengan dokter onkologi anda. Jadi sebelum proses kemoterapi berjalan anda sudah dijelaskan mengenai segala sesuatu mengenai kemoterapi yang akan dijalani oleh penderita kanker. Ini sangat penting jadi bagi anda yang tidak mengerti istilah dokter anda perlu catat dan pelajari semua hal itu.

Sikap banyak bertanya sangat penting dalam konsultasi jadi bukan berarti banyak bertanya tandanya anda bodoh, salah jika anda berpikir begitu. Dunia kemoterapi pasti hal baru bagi anda yang masih baru akan menjalani kemoterapi jadi banyak bertanya itu baik untuk perawatan pasca kemoterapi. Jadi anda akan lebih siap mengahadapi apapun yang akan dihadapi oleh penderita kanker. Anda bisa membaca mengenai tips konsultasi dengan dokter spesialis kanker pada blog ini.

Pengalaman Melakukan Perawatan Pasca Kemoterapi

Pengalmaan kami yaitu kemoterapi untuk kanker payudara menggunakan obat kemo taxotere dan xeloda. Cerita pengalaman proses kemoterapi ada pada posting kami sebelumnya. Untuk kasus kami yang kami pelajari sebelum kemoterapi adalah efek samping dan apa yang harus dilakukan pasca kemoterapi. Semua masukkan kami terima termasuk dari dokter, keluarga, teman dll. Kami rangkum menjadi beberapa poin di bawah ini:

Banyak Makan Makanan Bergizi

Ini adalah hal pertama yang sangat penting karena dengan banyak makan makanan bergizi sama dengan hal-nya badan anda diberi bahan bakar yang cukup untuk perang dengan kanker. Ada berbagai macam efek samping yang akan muncul terutama mual. Kebanyakan obat kemo berefek samping mual, jadi meskipun anda mual anda harus tetap makan makanan bergizi.

Ubah Pola Makan Anda

Bagi kita biasanya makan 1 hari 3x (pagi, siang dan malam), sedangkan untuk penderita kanker karena menjalani kemoterapi pasti akan merasa mual dan kehilangan nafsu makan. Untuk itu tips yang kami lakukan untuk menghadapi itu adalah mengubah pola makan. Yang biasanya makan sehari 3x kita ubah menjadi sehari 6x atau berapapun yang anda inginkan.

Porsi makan 3x anda bagi jadi lebih banyak dengan porsi sedikit. Untuk menghadapi mual anda bisa menyiasati seperti ini, makan sedikit tapi dibuat sering. Dengan menerapkan pola makan seperti ini anda tidak kehilangan porsi makan dan tubuh anda juga akan tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Minum Obat Dari Dokter Pasca Kemoterapi

Biasanya pada pasca kemoterapi akan diberikan obat untuk menghadapi efek samping. Pengalaman kami yaitu kami diberikan obat mual, diare, susah buang air besar, antibiotik dan anti nyeri. Anda harus menggunakan obat-obat itu agar masa pasca kemoterapi bisa terlewati dengan nyaman. Pengalaman kami misalnya saat ingin makan ternyata masih mual dan ingin muntah, cara kami mengatasinya adalah konsumsi obat mual dulu sebelum makan paling tidak 30 menit sebelum makan jadi saat makan rasa mual sudah hilang dan makanan bisa masuk dengan enak.

Jangan Takut Makan Daging Saat Masih Kemoterapi

Ini yang menjadi momok bagi penderita kanker. Katanya jangan makan daging agar kanker tidak menyebar, hal ini mungkin banyak pihak setuju. Tetapi pengalaman kami berkata lain, saat pasca kemoterapi tubuh kami menjadi lemas dan tidak ada tenaganya kalau kita tidak makan daging malah tidak ada tenaga untuk menghadapi kemoterapi berikutnya. Jadi kesimpulan kami adalah harus makan daging untuk masa perawatan pasca kemoterapi agar badan segera pulih dari efek samping obat kemo.

Setelah proses kemoterapi selesai jika anda stop makan daging itu bisa menjadi diet agar sel kanker tidak muncul kembali. Tetapi pada saat masih dalam pengobatan kemoterapi menurut pengalaman kami semakin tidak makan daging tubuh tidak kuat menjalani kemoterapi.

Banyak Makan Makanan Yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam membunuh sel kanker, antioksidan membantu membunuh radikal bebas yang ada di dalam tubuh jadi semakin banyak antioksidan yang anda konsumsi akan semakin bagus. Perawatan pasca kemoterapi kami menggunakan berbagai macam antioksidan misalnya green tea (teh hijau), buah-buahan dan sayur-sayuran (sayuran hijau pertanda banyak antioksidan). Antioksidan akan membantu anda lebih cepat sembuh.

Banyak Makan Buah-Buahan

Buah-buahan adalah salah satu sumber antioksidan alami, selain itu buah-buahan juga akan membantu anda buang air besar karena pengalaman kami berkata bahwa pasca kemoterapi pasien akan susah buang air besar. Jadi dengan banyak makan buah-buahan akan semakin membantu proses pencernaan anda.

Jauhi Makanan Yang Membuat Mual

Makanan yang membuat mual harus anda jauhi karena anda sudah mual dan ingin muntah tentu saja anda tidak ingin makan makanan yang malah memperparah rasa mual itu. Pengalaman kami adalah kami mengurangi makan makanan bersantan, banyak minyak, gorengan dan makanan pedas.

Makan Makanan Favorit Anda Asalkan Terkontrol

Bagi anda yang hanya menjalani kemoterapi 1 putaran saja (biasanya 6x) tentu masih enak tetapi bagaimana jika anda harus menjalani kemoterapi sepanjang hidup anda agar anda bisa bertahan hidup? Jika anda tidak bisa makan tubuh akan anda akan lemas dan bisa-bisa malah kemoterapi yang membunuh anda bukan kanker.

Pengalaman kami mengatasi hal ini (kami hanya menjalani 8x kemo) kami menyediakan makanan favorit penderita kanker jadi penderita kanker yang mual tidak nafsu makan akan tergerak dan ingin makan. Ingin makan apa belikan itu prinsip kami saat itu. Tetapi harus tetap terkontrol misalnya makan pedas, gorengan tetap harus dikurangi karena pasca kemoterapi akan susah buang air besar jadi perlu mengurangi makanan tersebut.

Banyak Istirahat

Lelah dan capek itu yang akan anda rasakan pasca kemoterapi. Jadi perawatannya sangat sederhana banyak-banyaklah tidur. Biasanya karena pengaruh dari obat anti nyeri anda akan merasa ngantuk dengan sendirinya. Pengalaman kami juga seperti itu jadi kami menyarankan banyak tidur agar kondisi tubuh cepat pulih dan siap untuk kemo berikutnya.

Tenangkan Pikiran, Jangan Mengeluh Dan Terapkan Pola Pikir Bersyukur

Bersyukur adalah kunci pikiran anda lebih tenang dan tidak stress. Banyak bersyukur bukan berarti anda berpikir “ya sudah apa adanya saja”, pikiran itu lebih condong saya sebut menyerah. Anda tetap harus berjuang dengan motivasi yang anda miliki (motivasi bisa dari berbagai macam sumber, anda sendiri, teman atau keluarga).

Pola pikirnya adalah: makin banyak bersyukur maka anda makin tidak stress dan makin tidak stress maka anda semakin cepat pulih.

Gunakan Multivitamin Yang Mungkin Bisa Membantu Pemulihan Tubuh

Anda pasti banyak mendengar vitamin ini dan itu agar membantu pemulihan tubuh pasca kemoterapi, pengalaman kami adalah kami saring semua saran-saran itu dan kami terapkan mana yang bisa pada penderita kanker. Kami menggunakan berbagai macam multivitamin misalnya obat-obat herbal (kami konsumsi berjauhan dengan obat dokter), obat dari MLM (misalnya transfer factor untuk menaikan daya tahan tubuh).

Kesimpulan

Itu adalah berbagai macam tips yang kami rangkum berdasarkan pengalaman kami dalam melakukan perawatan pasca kemoterapi untuk kanker payudara. Mayoritas tips ini bisa anda pakai untuk semua kasus kanker, tetapi ada beberapa hal yang mungkin tidak ada karena anda menggunakan obat kemo yang spesial. Untuk itu kami berharap anda bisa share dengan kami dengan meninggalkan komentar pada bagian bawah posting ini.

Bagi anda yang ingin kontak dan share pengalaman anda melakukan perawatan pasca kemoterapi anda bisa email kami di trasnferfactorformula@gmail.com. Kami akan dengan senang hati berbagi cerita dengan anda dan share pengalaman anda akan berguna bagi penderita kanker yang lainnya.

Baca artikel lain mengenai Pengobatan Kanker Dengan Radioterapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 4 =