Penyebab Kista

Ini Dia Penyebab Kista Dan Cara Mengobatinya

Kehidupan kita bukan hanya bergantung pada perkembangan jaman yang semakin maju, dan bagiaman kita mengikuti perkembangannya apakah kita mampu melewati dan mampu mengikuti setiap perkembangannya. Tapi bukan hanya itu yang harus kita lewati, kehidupan ini yang harus diutamakan adalah kesehatannya. Apakah anda cukup sehat untuk bangun dipagi hari hari? Itu adalah hal utama yang harus anda pikirkan, dibandingkan memikirkah hal-hal yang jauh, akan lebih baik jika utamanya anda memntingkan kesehatan anda.

Berbagai jenis penganggu kesehatan yanga kan emempengaruhi hari-hai anda terjadi setiap saatnya diantara kita, entah itu terjadi pada diri anda, atau itu terjadi pada orang-orang disekitar anda. Carilah cara untuk tetep menjadi sehat dan orang yang berbagi kesehatan. Salah satu penyakit yang sering menghadapi kita, dan mungkin sering anda dengar, namun dianggap biasa dan tidak mematikan adalah kista. Jenis penyakit ini bisa terjadi pada banyak bagian organ tubuh kita, namun umumnya terjadi pada wanita di bagian rahim.

Apa itu kista? Kista termasuk kedalam tumor jinak bukan kanker yang tidak akan tumbuh atau meluas keberbagai organ yang ada ditubuh manusia. Kista ini berupa kantung yang berisi berbagai macam cairan, seperti udara, nanah, atau cairan lainnya. pada struktur kista menyerupai kantung tertutup yang memiliki selaput atau membran. Kista dapat berisi cairan atau zat semi-cair. Kista bukan pertumbuhan jaringan tubuh seperti kanker.

Jenis-Jenis Kista Dan Penyebabnya

Wanita khususnya adalah yang lebih mudah terjangkit penyakit kista. Wanita harus lebih memperhatikan hal ini, agar anda bisa terhindar dari penyakit yang tampak simpel, namun serius ini. Jenis-jenis kista dan penyebabnya memang sangatlah beragam. Di zaman yang semakin berkembang dan memiliki elemen yang semakin beragam ini tentu saja menjadi hal-hal penyebab sebuah penyakit menjadi semakin beragam. Di bawah ini  jenis-jenis dan juga penyebab kista yang paling banyak dibicarakan.

1. Kista Ovarium

Ini adalah kista yang sering terjadi pada wanita, ada beberapa ahli mengatakan bahwa penyebabnya akibat genetika kita, jadi jika ibu  atau nenek kita atau kakak kita mengalami kista, ada kemungkinann besar anda juga mengindap kista. Penyebab lainnya bisa terjadi infeksi, sebenarnya kista ovarium memang tidak memiliki gejala apapun. Namun jika anda membiarkan kista yang satu ini terus tumbuh membesar dan pecah, anda mungkin mengami penyakit yang cukup serius.

2. Kista Epidemoid

Kistanya ada dilapisan kulit juga kadang tampak seperti daging yang tumbuh. Kistanya seperti daging namun dengan permukaan yang halus. Kistanya terbentuk jika adas sel pada permukaan kulit tumbuh dan menjadi benjolan. Kistanya berkembang biak mmbengkak dan berisi cairan kuning atau putih yang berasal dari akumulasi keratin. Penyebab kista ini adalah akibat penumpukan keratin yaitu sebuah protein yang dibentuk secara alami oleh sel-sel kulit yang berkembang. Nah perkembangan benjolan juga akan sangat cepat ketika protein yang menumpuk itu berada di bawah permukaan kulit kita. Biasanya orang-orang yang berjerawat cenderung mengalami kista satu ini.

3. Kista Payudara

Kista ini berada di bagian dalam payudara berbentuk gumpalan cairan atau padat, bentuknya bisa bulat, oval dengan tepian yang tidak merata. Kista ini termasuk kista yang jinak tidak akan menjadikan kanker. Penyebab terjadinya kista payudara adalah akibat cairan yang dihasilkan melenjar di payudara dihasilkan dengan berlebih sehingga membentuk sebuah kista.

4. Kista Nabothian 

Kista nabothian atau sering disebut kista serviks ini berada pada bagian leher rahim, kistanya biasanya awalnya kecil namun akan berkembang. kista ini bisa terbentuk atau ada karena kelenjar lendir pada bagian leher rahim tersumbat, sehingga cairannya menumpuk di sana sehingga menjadi benjolan ialah yaitu kista. Penyebab lainnya juga bisa beryupa peradangan pada leher rahim yang nantinya akan  menimbulkan kista serviks.

Jenis-jenis kista tersebut adalah berbagai kista yang dapat dialami oleh anda atau teman-teman terdekat anda. namun bisa anda lihat, kista kemungkinan besar terjadi pada wanita, beberapa organ utama wanita bisa saja terkena kista. Ada banyak tempat pada wanita yang bisa dijadikan sebagai sarang kista, di antaranya payudara, vagina bahkan rahim. Sebagai wanita rahim merupakan tempat penting anda untuk menentukan masa depan yang akan membuat anda semakin menjadi perempuan. Itu sebabnya ada banyak cara menyembuhkan ornag-orang penderita kista ini karena sekarang juga para dokter spesialis selalu tahu cara tepat yang bisa dilalui dengan mudah dan aman.

Dampak Pada Kesuburan

Lalu timbul pertanyaan, adakah dampak pada kesuburan wanita? Pertanyaan ini jelas menjadi hal penting akan akan mempengaruhi masa depan wanita. Jawabannnya tidak ada, karena kista yang biasanya tumbuh pada di ovarium biasanya bersifat fungsional yang artinya tidak akan berkembang atau malah akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Namun dampak lainnya adalah kista ini bisa menganggu proses ovulasi, proses satu ini adalah dimana sel telur akan dilepaskan, nah jika proses terganggu ini bisa menjadi faktor utama masalah kemandulan bagi wanita, itu sebabnya, jika anda memang sudah didiagnosis terkena penyakit kista, cobalah langsung diperiksa dan diobati, akan lebih baik jika diangkat, agar tidak ada proses yang terlambat sehingga kista sudah mulai bersarang dan mengganggu setiap proses yang ada pada rahim anda. Namun anda tidak usah khawatir karena anda bisa menyembuhkan dampak ini dengan mengkonsumsi obat penyubur/kesuburan (hormonal) yang disarankan oleh dokter anda.

Pengobatan Kista Secara Medis

Untuk pengobatan kista secara medis biasanya dilakukan oleh para penderita kista karena dirasa lebih mudah dan lebih aman, dokter yang bersangkutan akan memeriksa kita dan mulai menyarankan pengobatan salah satunya menguras cairan di dalam kista menggunakan jarum, dokter juga akan memberikan obat untuk mengurangi pembengkakan kista agar tidak semakin membengkak dan pecah, namun jika kondisi kista anda ternyata sudah besar akan dilakukan pengangkatan kista seperti operasi.

Penggunaan BPJS untuk Pengobatan Kista

Jika anda adalah seorang yang sudah memiliki surat BPJS, ini akan mempermudah anda dalam pengobatan yang dilakukan pengurangan biaya atau malah dengan biaya yang gratis. Apa itu BPJS? BPJS merupakan jaminan kesehatan yang diberikan oleh presiden sebagai tempat anda menabung untuk menjamin kesehatan anda seterusnya, ini diberikan pada seluruh rakyat Indonesia, baik pekerja negeri sipil, TNI, Polri, veteran, bahkan rakyat biasa diperbolehkan dan malah diharuskan memiliki jaminan kesehatan satu ini.

Itu sebabnya jika anda mengidap penyakit kista dan dokter menyarankan untuk operasi, anda akan menerima biaya operasi yang gratis pada operasinya.

Pengobatan Kista Secara Herbal

Apakah pengobatan kista bisa dilakukan dengan cara herbal atau alami? Tentu saja bisa, ada banyak kandungan alami di bumi kita yang kaya akan segala kandungan dan nutrisi baik yang akan sangat manjur untuk hidup anda, sehingga anda akan dijauhkan dari berbagai penyakit. bisa anda coba lakukan dengan mengkonsumsi diantaranya, mahkota dewa, kunyit putih, kulit manggis, dan masih banyak lagi tumbuhan dan rempah yang bisa dipakai, namun tiga hal ini adalah yang paling manjur dan paling dipilih oleh banyak orang sebagai pengobatan kistanya.

Anda bisa melakukan dengan cara merebus hal-hal di atas tidak secara bersamaan, anda bisa memilih salah satu, lalu mulailah mengkonsumsi rutin minimal sehari dua kali, agar efeknya terasa. Khasiat-khasiat yang akan dihasilkan adalah tubuh anda tidak akan sakit ketika akan menghadapi datang bulan, perut anda juga sedikit demi sedikit akan kurang dalam pembengkakanya, saat itulah kemungkinan kista anda sudah mengempes atau mungkin hilang, anda bisa lebih lanjut mengubungi dokter yang bersangkutan untuk memastikan keadaannya.

Semoga ulasan mengenai penyebab kista ini bisa bermanfaat ya.

Baca artikel lain mengenai Cara Mencegah Kista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.