Pengobatan Ayurveda

Mengenal Pengobatan Ayurveda untuk Kesehatan daan Kanker

Mengenal Ayurveda

Pengobatan Ayurveda merupakan sistem pengobatan yang berasal dari India. Terapi Ayurveda menjadi bervariasi dan berkembang selama lebih dari dua milenia. Terapi yang digunakan biasanya berupa bahan-bahan herbal, mineral, dan metal. Ramuan terebut dipengaruhi oleh tradisi India atau dikenal dengan rasa shastra. Teks Ayurveda kuno juga mengajarkan tentang teknik operasi termasuk rhinoplasty, ektraksi batu ginjal, jahitan, dan lain-lain. Kita bisa lebih dalam mengetahui ayurveda melalui makalah pengobatan ayurveda.

Meskipun penelitian laboratorium menunjukkan bahwa bahan yang digunakan di Ayurveda efektif untuk pengobatan namun belum ada bukti bahwa efektif untuk dilakukan saat ini. Ayurveda sendiri dibedakan menjadi 8 komponen atau 8 jenis-jenis ayurveda, yaitu:

  • Kāyacikitsā: obat-obatan umum, pengobatan tubuh
  • Kaumāra-bhṛtya: pengobatan untuk anak-anak
  • Śalyatantra: teknik pembedahan dan ektraksi dari obyek luar
  • Śālākyatantra: pengobatan untuk telinga,mata, hidung, mulut, dan lainnya
  • Bhūtavidyā: penyembuhan untuk kerasukan
  • Agadatantra: toksikologi
  • Rasāyanatantra: peremajaan dan tonik untuk memperpanjang umur, intelektual, dan kekuatan
  • Vājīkaraṇatantra: pengobatan untuk meningkatkan seksualitas

Melalui 8 komponen tersebut, ayurveda dapat digunakan untuk beragam penyakit. Penyakit tersebut nantinya akan didiagnosis terlebih dahulu. Saat mendiagnosis penyakit pasien, Ayurveda menggunakan 8 cara antara lain Nadi, Mootra (urin), Mala (tinja), Jihva (lidah), Shabda (ucapan), Sparsha (sentuhan), Druk (penglihatan), dan Aakruti (penampilan). Praktisi Ayurveda akan menggunakan lima panca indera untuk melakukan diagnosis tersebut. Contohnya yaitu menggunakan pendengaran untuk memeriksa kondisi pernapasan dan pengucapan.

Bahan-bahan yang Digunakan Ayurveda

Bahan-bahan alami yang digunakan oleh Ayurveda biasa berasal dari akar, daun, buah, batang, atau biji dari cardamom dan cinnamon. Produk hewan yang digunakan antara lain susu, tulang, dan gallstones. Tambahannya lemak diresepkan baik untuk konsumsi dan untuk penggunaan luar. Konsumsi mineral seperti sulfur, arsenik, timah, tembaga sulfat, dan emas juga diresepkan. Ada juga tambahan mineral pada obat herbal yang disebut rasa shastra.

Ayurveda menggunakan minuman mengandung alkohol yang disebut Madya. Madya diklasifikasikan sebagai material mentah dan proses fermentasi. Dikategorikan berdasarkan bahan gula, buah-buahan, sereal, seral dan herbal, cuka, dan tonik anggur. Opium murni juga digunakan dalam persiapan Ayurveda. Ini diresepkan untuk penyakit diare dan disentri, serta untuk meningkatkan seksual dan kemampuan otot.

Ayurveda menyatakan bahwa minyak dan tar dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Minyak juga digunakan dalam berbagai cara pengbatan misalnya konsumsi rutin, pengurapan. Olesan, pijatan kepala, dan lain-lain. Cairan kadang juga disiramkan pada dahi pasien, teknik ini dikenal sebagai shirodhara.

Pengobatan Ayurveda untuk Kanker

Pengobatan kanker dengan Ayurveda terbilang sangat dalam dan holistik dalam pendekatannya. Ayurveda mengobati penyakit tersebut berdasarkan dari spesifik alamiah pasien, energi tubuh yang terlibat, serta bagian tubuh yang terkena. Pengobatan tidak hanya fokus pada area yang diserang sel kanker tapi keseluruhan sistem. Seluruh organ harus kembali harmonis agar penyakit dapat diobati secara permanen dan tidak kembali lagi.

Tubuh penderita perlu dibersihkan dari toksin yang menyebabkan sel menyerang tubuh. Pengobatan tersebut termasuk pembersihan darah melalui diet detoks. Bahan herbal juga diresepkan untuk meningkatkan sirkulasi pada darah dan meningkatkan efisiensi  dari toksin serta membantu penyembuhan jaringan. Herbal dan mineral diberikan untuk meningkatkan kekuatan pasien.

Bagian terpenting dari pengobatan ini yaitu relaksasi pada pikiran. Penekanan emosi atau emosional stagnasi merupakan faktor penyebab signifikan dan hambatan untuk efektivitas dari pengobatan. Para pasien perlu menyembuhkan dirinya sendiri pada level paling dalam dari diri mereka. Meditasi, konseling, yoga, serta belajar filosofi spiritual direkomendasikan untuk mendukung proses penyembuhan personal.

Ayurveda menggunakan beberapa metode untuk mengatasi kanker, antara lain:

  • Pantangan dari makanan dan gaya hidup yang menyebabkan tridosha(vata, pitta, kapha) yang tidak seimbang

Penderita kanker memang perlu menjaga makanan serta gaya hidup mereka agar penyakitnya tidak bertambah parah dan dapat diobati. Makanan yang tidak sehat seperti junk food, gorengan, dan sejenisnya pantang untuk dimakan. Gaya hidup seperti merokok dan minum-minuman juga tak boleh dilakukan.

  • Mengeliminasi toksin menggunakan Panchakarma

Panchakarma merupakan teknik mengeliminasi racun dari dalam tubuh. Ada lima prosedur yang dapat mengeliminasi racun tersbut, antara lain Vamana, Virechana, Niroohavasti, Nasya, dan Anuvasanavasti. Hal terpenting adalah menyiapkan tubuh sebelum melakukan Panchakarma.

  • Merestorasi kesehatan jatharagni

Kesehatan penderita kanker khususnya pada asam hidroklorik pada perut perlu dipulihkan. Ini berhubungan dengan proses pencernaan pada manusia. Jika proses pencernaannya lemah maka akan sulit tubuh melakukan metabolisme makanan yang bisa menghasilkan energi bagi tubuh.

  • Peremajaan melalui rasayanas

Rasayanas merupakan metode peremajaan pada Ayurveda. Terapi ini mengunakan nutrisi yang membantu proses peremajaan baik untuk memori, intelijensia, kesehatan, dan lain-lain. Terdapat resep herbal yang digunakan sperti haritaki, amla, shilajit, holy basil, ashwaganda, guduchi, dan shatavari.

  • Ayurveda dapat menjadi terapi tambahan yang dilakukan bersama kemoterapi atau radioterapi, dan membantu dalam kasus setelah operasi

Jadi ayurveda bisa dilakukan bersamaan dengan pengobatan kanker secara medis seperti kemoterapi ataupun radioterapi. Meskipun terbilang sebaga pengobatan alternatif namun tidak bertentangan dengan medis.

  • Ayurveda membantu meminimalkan efek samping dari terapi kanker

Saat melakukan pengobatan medis, penderita kanker biasanya akan merasakan efek samping. Ayurveda dapat menjadi solusi untuk meminimalkan efek samping tersebut.

Gaya Hidup dan Diet untuk Penderita Kanker

Seperti yang telah dijelaskan bahwa salah satu metode penyembuhan kanker melalui ayurveda yaitu dengan melakukan pantangan pada makanan dan gaya hidup yang tidak sehat. Secara lebih rinci berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan oleh penderita berkaitan dengan pola makan dan gaya hidup:

  • Memakan makanan yang kaya akan bahan alami yang dapat melawan kanker serta membantu meningkatkan imunitas
  • Makan makanan yang mudah dicerna untuk mencegah racun terakumulasi dalam tubuh
  • Mengurangi konsumsi gula
  • Tidak merokok dan minum alkohol
  • Memakan banyak buah, sayuran, dan gandum utuh
  • Menghindari makanan dengan lemak tinggi dari hewan
  • Melakukan terapi Panchakarma

Secara umum pola makan yang sehat memang perlu diterapkan oleh penderita kanker ataupun orang yang ingin mencegah penyakit kanker. Makanan yang enak memang kebanyakan mengandung bahan-bahan yang kurang sehat atau berlebihan. Menjaga pola makan ini sangat penting karena asupan makanan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Dari makanan, tubuh bisa menjadi sehat dan dari makanan pula tubuh bisa menjadi sakit.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat melawan kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi. Makanan tersebut misalnya brokoli, berry, tomat, walnuts, bawang putih, kacang hitam, dan lain-lain. Perbanyak makan makanan yang mengandung antioksidan serta hindari makanan yang kurang sehat seperti lemak hewan, daging yang diproses, alkohol, dan lain-lain.

Ayurveda sebagai metode pengobatan juga memperhatikan tentang masalah gaya hidup dari penderita. Gaya hidup seseorang memang bisa menyebabkan ia terkena penyakit, salah satunya adalah kanker. Mengubah gaya hidup yang kurang sehat menjadi gaya hidup yang sehat sangat berarti untuk proses penyembuhan serta pencegahan penyakit kanker.

Baca artikel lain mengenai Kanker Kulit Melanoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.