Pengobatan Alternatif Kanker Paru-paru

Pengobatan Alternatif Kanker Paru-paru Yang Perlu Diketahui

Pengobatan alternatif secara umum belum bisa menyembuhkan kanker paru-paru. Namun pengobatan jenis ini bisa dikombinasikan dengan pengobatan medis melalui konsultasi dengan dokter. Pengobatan alternatif ini biasanya akan mampu meredakan rasa sakit atau gejala yang ditimbulkan dari kanker paru-paru. Sebelum menggunakan pengobatan alternatif apapun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah pengobatan tersebut aman untuk dilakukan. Berikut ini beberapa pengobatan alternatif untuk kanker paru-paru:

Akupuntur Untuk Kanker Paru-paru

Saat pengobatan akupuntur seorang praktisi yang terlatih akan memasukkan jarum kecil pada titik tertentu pada bagian tubuh. Akupuntur dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit atau mengatasi efek samping dari pengobatan kanker. Efek samping dari pengobatan kanker bisa berupa mual atau muntah. Sampai sekarang memang masih belum ada bukti bahwa akupuntur berdampak pada penyakit kanker itu sendiri.

Akupuntur dapat dengan aman dilakukan oleh praktisi yang bersertifikat. Bertanyalah pada dokter apakah ada ahli akupuntur yang direkomendasikan. Namun akupuntur sendiri tidak aman jika kita memiliki jumlah darah rendah.

Studi terbaru menunjukkan bahwa akupuntur memang efektif dalam melengkapi pengobatan kanker paru-paru, terutama untuk mengatasi gejalanya. Pada studi tersebut 33 pasien kanker paru-paru mendapatkan akupuntur sebanyak 1-2 kali per minggu setidaknya 4 kali pengobatan. Hasilnya menunjukkan bahwa akupuntur memang efektif dalam mengurangi rasa sakit pada sekitar 60% dari pasien, jumlah tersebut meningkat saat akunpuntur dilakukan lebih banyak yaitu 6 kali atau lebih.

Aromaterapi dan Minyak Essential

Aromaterapi menggunakan minyak essential untuk menstimulasi bagian otak yang berefek pada emosi. National Cancer Institute melaporkan bahwa riset menunjukkan bahwa minyak essential memiliki kemampuan melawan penyakit. Minyak ini juga dalam menenangkan atau memberi enegeri. Studi juga menunjukkan bahwa ini bisa meningkatkan kesehatan mental dan emosional dengan meredakan beberapa gejala seperti stress, depresi, rasa sakit, dan mual. Beberapa minyak essential yang biasa digunakan, antara lain:

  • Lavender yang bisa menenangkan
  • Frankincense yang bersifat meditatif
  • Jasmine yang bersifat mendorong
  • Peppermint yang bisa melawan rasa mual
  • Rosemary yang bisa meredakan rasa sakits

Ada pula sebuah studi yang menunjukkan bahwa minyak essential thyme dapat membunuh beberapa sel kanker termasuk sel kanker paru-paru di uji coba laboratorium. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan beberapa tetes minyak pada bagian tubuh seperti pergelangan tangan, leher, dan bagian belakang kepala. Kita bisa menambahkannya pada basuhan wajah atau air untuk mandi. Selain itu bisa juga dengan menghirup aromanya yang menenangkan.

Minyak ini bisa menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker paru-paru yang cukup mudah untuk diaplikasikan. Penderita kanker memang umumnya menggunakan aromaterapi untuk meredakan stress dan kecemasan. Studi laboratorium menunjukkan bahwa beberapa minyak essential memiliki kandungan antibakteri, antiviral, anti jamur, dan lain-lain.

Suplemen Herbal

Di China, lebih dari 133 suplemen herbal digunakan untuk mengatasi kanker paru-paru. Suplemen tersebut digunakan bersamaan dengan pengobatan konvensional seperti kemoterapi. Dipercaya bahwa suplemen ini dapat membantu mengatasi gejala kanker paru-paru serta efek samping pengobatan medis. Beberapa suplemen herbal yang biasanya digunakan, antara lain:

  • Astragalus: membantu meningkatkan sistem imun tubuh, melambatkan pertumbuhan tumor, mencegah tumor menyebar.
  • Nan sha shen: sebagai antibiotik biasanya digunakan untuk mengatasi batuk kering yang bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengurangi senyawa kimia yang bisa mendukung sel kanker dalam tubuh.
  • Gan cao: diketahui sebagai ekspektoran yang meningkatkan sekresi mukosa, biasanya diresepkan untuk meredakan batu dan napas pendek.
  • Poria (fu ling): bekerja sebagai dieuretik pada pasien yang menderita edema dan meningkatkan tidur pada pasien insomnia.
  • Oldenlandia diffusa: dipercaya dapat membunuh sel kanker paru-paru.
  • Akar asparagus: dipercaya untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker paru-paru.

Biasanya tidak berbahaya untuk menggunakan suplemen herbal bersama dengan pengobatan reguler untuk kanker paru-paru. Namun pada beberapa kasus, obat herbal dapat menimbulkan efek samping dan komplikasi. Jadi sangat penting untuk konsultasi dengan dokter sebelum meminum obat herbal apapun.

Pijat

Pijat dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan relaksasi. Ahli pijat menggunakan tangan atau kaki mereka untuk menekan otot yang tegang dan membantu meredakan rasa sakit dan ketegangan. Orang dengan penyakit kanker paru-paru biasanya akan merasakan sakit pada syaraf atau di beberapa bagian tubuh seperti dada, leher, punggung aas, dan bahu. Saat mencari ahli pijat, maka carilah yang memiliki pengalaman pernah mengatasi pasien dengan penyakit kanker. Ini agar mereka benar-benar tahu teknik pijat yang benar tergantung pada tahapan kanker dan status pengobatan yang dijalani. Jadi sebelum melakukan pijatan, kita perlu berbicara juga tentang penyakit yang diderita serta apa saja keluhan yang dialami.

Hipnosis

Hipnosis telah terbukti dapat membantu pengobatan pada pasien kanker. Aplikasinya berupa meningkatkan kerjasama pasien dengan petugas kesehatan, mengendalikan rasa sakit melalui penggunaan glove anesthesia, distorsi waktu, amnesia, memindahkan rasa sakit pada bagian tubuh alinnya, mengendalikan gejala kanker, mengatasi masalah mental seperti depresi, marah, frustasi, dan lain-lain. Hipnosis memiliki keuntungan unik bagi pasien termasuk meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi efek samping, dan menjadi orang yang tetap terkendali.

Hipnosis yang dilakukan sebelum operasi dapat mengurangi efek samping setelah operasi misalnya rasa cemas, sakit, muntal, dan sakit kepala. Diagnosis dan pengobatan kanker sering membuat pasien menjadi stress dan tak heran kemudian banyak yang mengalami gangguan pada mental mereka.

Studi menunjukkan bahwa gangguan mental tersebut bisa dicegah dengan memberikan layana dukungan dengan akses terbuka dan terintegrasi. Hipnoterapi juga dapat membantu pasien menghadapi diagnosis dan pengobatan yang harus mereka jalani. Ada beberapa bukti bahwa ini bisa memperpanjang harapan hidup mereka meskipun riset yang dilakukan belum bisa disimpulkan dengan pasti.

Meditasi dan Yoga

Meditasi membuat refleksi di dalam tubuh yang akan membantu menenangkan pikiran dari hal-hal di luar. Ini bisa membantu untuk mengurangi stress dan ketegangan yang berhubungan dengan masalah penyakit kanker paru-paru. Pernapasan yang dilakukan dalam meditasi juga dapat membantu pasien kanker paru-paru meningkatkan fungsi paru-paru mereka.

Yoga merupakan kumpulan pose tubuh yang mengkombinasikan pernapasan dan peregangan sebagai bentuk meditasi bergerak. Yoga bisa membantu pasien untuk meredakan kecemasan, depresi, dan insomnia. Ini juga dapat meningkatkan perasaan tenang dan baik dalam tubuh. Yoga bisa membantu penderita kanker paru-paru untuk relaks dan tidur dengan lebih baik. Beberapa pose yoga dapat membantu peredaran darah dari bagian bawah kembali ke jantung dan saat itu melalui paru-paru maka darah menjadi lebih segar.

Itulah beberapa pengobatan alternatif yang bisa dilakukan untuk melengkapi pengobatan medis dari dokter. Sebelum melakukan pengobatan alternatif apapun sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter apakah bisa dilakukan dan tidak berbahaya. Pada praktisi pengobatan alternatif juga perlu melakukan konsultasi tentang keluhan dan penyakit yang sedang diderita.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.