Pemeriksaan Pet Scan

Pemeriksaan Pet Scan untuk Diagnosis Kanker

Pengobatan pada pasien penyakit kanker harus segera dilakukan karena pertumbuhan sel kanker sangat cepat dan juga cepat menyebar. Sehingga pengobatan kanker seakan berkejaran dengan waktu. Pasien kanker yang periksa ke rumah sakit akan melewati pemeriksaan menggunakan peralatan canggih. Salah satunya adalah pemeriksaan pet scan. Melalui pemeriksaan pet scan dapat diperoleh keakuratan saat menentukan stadium, menentukan evaluasi terapi dan menentukan evaluasi dari kekambuhan dini.

Pet Scan merupakan modal pencitraan utama untuk penyakit kanker. Sehingga peralatan ini sangat menunjang sebagai fasilitas pelayanan pengobatan kanker. Rumah Sakit Dharmais merupakan salah satu rumah sakit yang ada Pet Scan. Rumah Sakit Dharmais sebagai pusat rujukan pengobatan kanker berusaha untuk menyediakan fasilitas penunjang bagi penyembuhan pasien kanker.

Kegunaan Pet Scan untuk Atasi Kanker

Pet Scan singkatan dari Positron Emission Tomography ialah suatu peralatan canggih gabungan dari PET dan CT untuk mendeteksi adanya aktifitas sel atau perubahan sel di dalam tubuh melalui media warna. Pemeriksaan sel menggunakan Pet Scan akan diperoleh hasil yang sangat mendetail. Metode yang digunakan pada peralatan Pet Scan yaitu teknologi kedokteran nuklir. Peralatan ini menggunakan Fluorodeoxyglucose atau yang disingkat FDG yaitu suatu bentuk zat radioaktif yang memiliki kandungan glukosa untuk alat penelusur atau tracer.

Melalui pemeriksaan Pet Scan dengan biaya sekitar Rp. 8.500.00,- akan diperoleh diagnosis dini sel kanker, penentuan stadium sel kanker, menentukan perawatan untuk pengobatan kanker terbaik yang selanjutnya dan sangat menetukan untuk kualitas penyembuhan kanker.

Hasil Pemeriksaan Pet Scan

Tindakan pemeriksaan menggunakan peralatan Pet Scan dilakukan pada pasien yang dicurigai memiliki sel kanker atau sel abnormal. Pet Scan juga penting dilakukan pada pasien yang pernah menjalani pengobatan kanker. Biasanya hasil pemeriksaan akan dikeluarkan setelah beberapa minggu. Namun pada kasus yang darurat maka dokter dapat meminta agar hasil pemeriksaan dikeluarkan lebih cepat. Dokter spesialis memperoleh laporan hasil pemeriksaan Pet Scan dari spesialis radiologi dan pengobatan nuklir.

Dari hasil pemindaian Pet Scan akan diperoleh gambaran secara rinci yang dapat membantu deteksi dini dan pengobatan kanker. Hasil gambaran tersebut sangat membantu untuk mendiagnosis sel kanker sejak dini, menentukan stadium kanker, penentuan jenis pengobatan yang tepat untuk penyembuhan kanker, menentukan ada tidaknya perubahan sel setelah proses pengobatan, menentukan lokasi tubuh tumbuhnya sel kanker awal, membedakan jaringan kanker aktif dengan jaringan tubuh yang luka dan membantu menentukan adanya kemungkinan sel kanker kembali.

Cara Kerja Pet Scan

Sebelum melakukan pemeriksaan peralatan Pet Scan pasien dipersiapkan terlebih dahulu. Pasien harus berpuasa makan, minum obat dan tidak minum suplemen selama 6 jam sebelum diperiksa. Hanya diperbolehkan minum air putih. Pasien tidak melakukan aktifitas berat selama 24 jam sebelumnya. Kadar gula darah pasien harus dalam kisaran normal yaitu 120 mg/dl. Khusus pasien yang sedang hamil, menyusui dan menderita diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu.

Tahapan pemeriksaan dengan Pet Scan adalah sebagai berikut. Pasien harus mengganti pakaian yang disediakan. Kemudian pasien akan disuntikkan cairan radiofarmaka skala kecil ke pembuluh darah vena di lengan. Cairan radiofarmaka atau radioaktif ini akan berfungsi sebagai alat pelacak atau tracer. Selama menunggu penyebaran cairan, pasien harus beristirahat selama 1 jam. Sebelum pemeriksaan pasien dianjurkan untuk mengosongkan kandung kemih.

Sebelum mulai pemindaian, pasien disuruh untuk berbaring di kasur kecil pada ruang pemindaian. Akan dipastikan agar pasien merasa nyaman dan posisi yang tepat. Kasur akan bergerak perlahan masuk ke alat pemindaian yang berlangsung selama 30-60 menit. Selama pemindaian pasien tidak boleh bergerak.

Setelah pemeriksaan dengan Pet Scan sebaiknya pasien minum banyak cairan, tidak mendekati anak kecil, ibu hamil dan ibu menyusui paling tidak selama 6 jam.

Efek Samping Pet Scan

Pasien yang diperiksa dengan peralatan Pet Scan tidak perlu khawatir berlebihan meskipun peralatan ini menggunakan radioaktif. Risiko yang diperoleh pasien pada penggunaan Pet Scan sangat kecil. Kuantitas bahan radioaktif yang masuk ke tubuh sangat rendah dan zat aktif fluorodeoxyglucose akan meluruh dari tubuh dengan cepat. Sehingga hanya dalam hitungan jam zat aktif dari Pet Scan yang masuk di dalam tubuh akan hilang. Sisa yang mungkin masih ada di dalam tubuh akan keluar melalui urin. Kemungkinan yang terbesar adalah terjadi alergi dari cairan radioaktif yang dimasukkan.

Keluarga pasien yang mengantar pasien kanker saat pemeriksaan menggunakan Pet Scan tidak perlu takut akan paparan radiasi radioaktifnya. Orang yang ada di dekat pasien tidak akan ikut terpapar karena zat aktif dari Pet Scan sudah hilang sekitar 90% dari tubuh pada saat meninggalkan rumah sakit.

Pemeriksaan Pet Scan dengan teknologi kedokteran nuklir ini dapat membantu dokter untuk meningkatkan kemungkinan penyembuhan pasien dari penyakit kanker.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Seledri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + fifteen =