Pantangan Kanker Nasofaring

Macam-Macam Pantangan Kanker Nasofaring

Sebanyak 5 dari 100.000 penduduk Indonesia menderita kanker nasofaring, sebuah kanker yang belum diketahui persis penyebab utamanya dan gejala awalnya tak nampak, sehingga seringkali penderitanya tidak melakukan perawatan apapun untuk meringankan derita akibat kanker nasofaring.

Kanker nasofaring itu sendiri adalah kanker yang bersarang di belakang rongga mulut, lokasinya yang tersembunyi membuat penderitanya jarang menyadari bahwa mereka sedang dihinggapi salah satu penyakit pembunuh yang berbahaya.

Untuk para pasien yang sudah didiagnosa kanker nasofaring, alangkah lebih baiknya mengetahui macam-macam pantangan kanker nasofaring, utamanya makanan. Karena makanan adalah hal yang akan selalu masuk ke dalam tubuh kita dan memiliki peranan penting untuk menyehatkan tubuh atau malah menambah perkembangan kanker itu sendiri. Tak hanya makanan, beberapa hal yang biasa ditemukan sehari-hari juga sebaiknya dihindari, berikut adalah catatannya.

Minuman dengan Alkohol

Hal pertama yang harus dihindari oleh para pasien adalah minuman beralkohol, minuman yang beralkohol dilarang karena mengandung begitu banyak kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya, dan semua kandungan bahan kimia tersebut memiliki efek yang sangat buruk untuk organ dalam tubuh. Menjadi pemicu sel kanker, serta merusak tubuh dari dalam sedikit demi sedikit.

Asap Rokok

Sudah banyak diberitakan bahwa rokok bukanlah benda aman, karena banyak masalah yang bisa muncul akibat asap rokok. Mengisap asap rokok meningkatkan risiko kita terkena kanker, dari kanker paru-paru sampai kanker nasofaring dan masih banyak lagi. Tak hanya perokok aktif saja yang diintai leh kanker akibat asap rokok, namun perokok pasif pun memiliki risiko yang sama. Maka karena itu, hindarilah asap rokok. Jauhi daerah atau ruangan dengan asap rokok dan kalaupun terpaksa berada di tempat yang dikelilingi asap rokok, maka gunakan masker.

Makanan dengan Pengawet

Makanan yang diawetkan memang mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, makanan pabrikan pun memiliki rasa dan penampilan yang jauh lebih menarik. Hanya saja satu hal yang harus diperhatikan adalah makanan dengan pengawet memiliki nilai gizi yang sudah banyak menurun dan bahkan ada yang hilang sama sekali, yang tersisa adalah zat-zat pengawet yang berbahaya untuk tubuh.

Berbagai macam pengawet kimia yang ada dalam makanan kemasan atau makanan kalengan tersebut bisa mengganggu produksi hormon dan juga bisa merusak sel dengan sehingga kelak menjadi pemicu terbesarnya dari kanker nasofaring. Maka karena itu, makanan dengan pengawet sangat dilarang untuk para pasien nasofaring, bahkan makanan yang diasinkan pun sebaiknya dihindari.

Ikan Asin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan yang diasinkan adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari. Walaupun ikan asin memiliki efek peningkat nafsu makan yang luar biasa, akan tetapi makanan yang satu ini justru harus dihindari oleh para pasien kanker nasofaring. Karena adanya kandungan nitrosamine, yaitu garam yang tinggi dan juga aneka macam zat karsinogenik yang terdapat di dalam ikan asin, akan membuat sel-sel tubuh kita jadi beraktivitas secara abnormal dan akhirnya mutasi genetik menciptakan sel kanker.

Makanan Laut

Makanan laut seperti ikan laut dan juga rumput laut adalah sumber makanan yang memiliki kandungan gizi serta mineral yang luar biasa, baik untuk kesehatan otak dan tubuh, terutama untuk anak-anak. Seafood dan rumput laut juga mengandung yodium yang banyak, apalagi jika dibandingkan dengan makanan lain. Beberapa seafood yang dikenal mengandung yodium tinggi adalah cumi, udang, kerang dan kepiting.

Hanya saja, kandungan yodium yang terdapat pada makanan tersebut justru kelak bisa menyebabkan ulserasi tumor pada pasien pengobatan kanker, sebab kandungan yodium yang ada di dalamnya bisa segera larut dengan cepat pada jaringan lunak dalam tubuh. Akhirnya yang terjadi adalah pengobatan yang dilakukan pada oara penderita kanker nasofaring jadi kurang efisien karena dihambat.

Dupa

Banyak penelitian yang menemukan fakta mencengangkan bahwa penderita kanker nasofaring banyak terdapat di kawasan Asia, apalagi jika dibandingkan dengan orang benua Amerika dan Eropa. Jauh lebih spesifik lagi, yang menderita kanker ini kebanyakan adalah orang Cina. Setelah penelitian mencari penyebab lebih mengerucut, akhirnya para peneliti berpendapat bahwa dupa yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berdoa, justru bisa berefek buruk untuk kesehatan. Sebab asap dupa dan aneka zatnya bisa terhirup lalu mengendap di saluran pernapasan, lalu menyebabkan kanker nasofaring.

Makanan yang Pedas

Makan memang kurang lezat tanpa makanan pedas, akan tetapi sayangnya makanan berbumbu pedas seperti cabai, merica dan juga bawang sekalipun bisa mengakibatkan hal buruk untuk pasien nasofaring. Itu dikarenakan sifat pedas yang ada dalam bumbu-bumbu tersebut bisa membuat pembuluh darah di dalam tubuh menjadi melebar, dan akhirnya penyebaran penyakit malah terbuka lebar dengan mudahnya. Oleh sebab itu, kurangi konsumsi makanan dengan sifat panas untuk menghindari terjadinya penyebaran penyakit yang tidak terkontrol.

Demikian adalah beberapa pantangan kanker nasofaring yang harus diketahui, sebaiknya kita mampu menahan diri untuk menghindari semua pantangan yang telah disebutkan di atas, supaya bisa mencegah kanker menjadi lebih ganas. Untuk membantu pemulihan kanker nasofaring, juga untuk mencegah kanker ini maka sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan berikut.

  1. Jagung manis. Sejak lama jagung menjadi makanan pengganti yang sehat, ternyata jagung itu sendiri sangat kaya akan asam amino yang mampu menghambat kanker nasofaring. Bahkan jagung juga kaya glutathione, yang juga disertai dengan partisipasi selenium yang jadi  glutathione oksidase, kandungan tersebut mampu mengenyahkan karsinoma kimia yang aktif itu.
  2. Telur segar. Mengonsumsi telur segar memberikan banyak vitamin B2 untuk tubuh yang bisa menguraikan dan juga bisa mengoksidasi zat karsinogen yang ada dalam tubuh kita. Kemudian kandungan selenium dan juga zinc pada telur sangatlah efektif untuk mencegah kanker nasofaring menyerang.
  3. Konsumsi jamur hitam. Jamur selain lezat juga berkhasiar, adanya asam heteropolisakarida di dalam jamur hitam mampu menolak kanker dari tubuh. Jamur hitam ini mengandung kolagen dan juga sangat kaya vitamin, dan kedua zat tersebut akan membuang serta menghancurkan zat-zat yang beracun dari dalam tubuh juga mampu mencegah kanker.
  4. Lobak segar. Lobak putih seringkali dikonsumsi sebagai sayur harian, dan ternyata lobak putih itu diketahui mengandung minyak mustard dan juga levin glikosida, jadi apabila dipadukan dalam tubuh dengan zat enzim maka kelak akan  membentuk komponen anti kanker, yang sangat efektif mencegah kanker nasofaring menurut penelitian.
  5. Perbanyak buah plum. Buah yang satu ini memang agak jarang, tetapi buah plum sangat kaya akan vitamin B2 yang menurut penelitian mampu mencegah kanker datang. Apabila banyak konsumsi buah plum, maka bisa mencegah datangnya kanker nasofaring juga. Konsumsi buah plum mampu tingkatkan aktivitas fagosit sel darah putih, yang akhirnya bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh kita serta mencegah mutasi kanker dalam tubuh.

Baca artikel lain mengenai Mengatasi Susah BAB Saat Kemoterapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.