Menjadi Vegetarian

Cara agar Tak Bosan Menjadi Vegetarian

Memilih jalan anti main stream memang melelahkan. Tidak mengikuti arus, berbeda dengan sebagian besar orang yang berada di sekitarnya dan merasa kesulitan untuk mendapatkan dukungan. Begitu juga saat memilih menjadi vegetarian. Seringkali dianggap aneh ketika berada di tengah lingkungan yang heterogen. “makanan enak-enak kok nggak mau”, “gak khawatir kurang gizi kah kok ogah daging”, “ntar kalau mikirnya lola karena kurang protein baru tau rasa”. Anggapan-anggapan demikian atau kekhawatiran akan mendapat tanggapan demikian kadang kala muncul dalam kehidupan vegetarian.

Padahal jika diamati lebih mendalam gaya hidup vegetarian adalah salah satu cara untuk menerapkan hidup sehat. Vegetarian memilih mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran atau segala bentuk flora yang bisa dimakan dan menghindari makanan hewani. Artinya seorang vegetarian menghindari ikan, daging merah, daging unggas dan produk hewani lainnya.

Aktif dalam Komunitas Vegetarian

Memilih gaya hidup sebagai vegetarian tidaklah mudah. Apalagi jika tengah berada di tengah jamuan makan. Menemukan menu khusus vegetarian di acara resepsi pernikahan, acara makan-makan tentu sangat sulit kecuali penyelenggara acaranya sendiri adalah vegetarian yang pasti memikirkan untuk menyediakan menu khusus vegetarian selain menu makanan umum. Menemukan restoran khusus vegetarian apalagi jika sedang dalam perjalanan bisnis atau liburan juga tidak mudah. Untuk itu bergabung dalam sebuah komunitas sesama vegetarian akan mempermudah mendapatkan informasi penting mengenai menu dan resto vegetarian.

Bergabung dengan komunitas vegetarian juga salah satu cara untuk mengusir bosan. Berada di dalam lingkungan pertemanan yang memilih pola hidup yang sama akan membantu saling support dan menguatkan. Jika salah satu merasa bosan dan lelah menjadi vegetarian karena kesulitan mendapatkan support, kesulitan menemukan bahan alami nabati atau kebingungan mengolah menu untuk variasi bisa teratasi dengan berbincang, curhat dengan sesama vegetarian dalam komunitas.

Bergabung di komunitas vegetarian memberikan banyak manfaat. Selain support para anggotanya pun bisa bertukar informasi mengenai menu terbaru, variasi olahan sayur dan buah agar tak mudah bosan, tempat-tempat makan khusus vegetarian atau sesekali merencanakan liburan bersama. Aktif dalam grup atau komunitas vegetarian juga bisa berkembang menjadi aktivitas baru misalnya perjanjian bisnis, jual beli, kerja sama wira usaha atau kerja sosial.

Bersama teman-teman sesama vegetarian bisa sama-sama merumuskan acara atau event amal atau edukasi ke tempat-tempat umum mengenai pentingnya menjaga pola makan sehat. Bincang-bincang santai sesama vegetarian bisa saja kemudian hari menjadi pangkal pembicaraan untuk membuka bisnis baru yang berkaitan dengan pola hidup vegan dan vegetarian, misalnya membuka resto khusus vegetarian.

Lakukan Variasi Menu Vegetarian

Memutuskan menjadi vegetarian bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika sebelumnya telah mencicipi nikmatnya masakan olahan daging dan seafood, gurihnya telur dan keju, lezatnya makanan yang digoireng dan dipanggang. Kemudian banting setir menjadi vegetarian yang harus mengkonsumsi makanan nyaris tanpa rasa dan harus diolah dengan cara kukus rebus serta menghindari panggang dan goreng untuk menekan konsumsi lemak dan minyak yang bagi vegetarian terutama penderita kanker harus diminimalisir.

Agar tak mudah menyerah menjadi vegetarian maka jalan keluarnya adalah menemukan metode atau menu baru dalam mengolah sayur dan buah menjadi makanan utama. Jika bagi para pemakan segala buah dan sayur adalah makanan pembuka atau penutup maka bagi vegetarian buah dan sayuran itulah menu makanan sehari-hari dan menutup diri terhadap makanan hewani. Variasi menu ini bisa diperoleh dengan menggabungkan berbagai bahan alami nabati menjadi satu jenis makanan baru. Variasi menu vegetarian juga dapat diperoleh dengan cara mengolah satu jenis masakan atau lebih melalui proses pematangan yagn berbeda.

Resep Masakan Vegetarian Tidak Kalah Enak

Banyak koki restoran vegetarian yang mahir mampu mengolah aneka jamur (jamur kuping, tiram, jamur kancing, shitaake dan jamur lain), kembang tahu, sohun, kol menjadi jenis bahan baru. Uniknya koko-koki berpengalaman tersebut bisa membuat makanan yang cita rasanya persis dengan cita rasa makanan asli. Sehingga di restoran vegetarian ternama bisa ditemui masakan olahan daging sapi vegetarian, daging kambing vegetarian, nugget ayam vegetarian, pepes ikan vegetarian, kepiting asam manis vegetarian dan sotong vegetarian.

Menu-menu olahan tersebut tidak menggunakan daging sapi, kambing, ayam, ikan, kepiting atau sotong melainkan menggunakan berbagai bahan nabati seperti jamur, kol, kembang tahu, rumput laut, kacang dan ampas tahu. Bahan-bahan tersebut kemudian diracik dengan ditambahkan tepung dan perasa khusus sehingga menghasilkan menu baru yang memiliki rasa persis dengan aslinya. Menu di restoran vegetarian ini tidak dijual terlalu mahal. Di daerah yang populasi penganut vegetarian cukup banyak seperti di Batam misalnya, seporsi olahan 50 ribu bisa dimakan bertiga atau berempat.

Tentunya tidaklah memungkinkan untuk menikmati makanan restoran secara terus menerus. Maka memasak menu vegetarian di rumah pun perlu diupayakan untuk bervariasi. Sebenarnya masakan ala Indonesia pun cukup banyak yang berbahan sayur dan buah. Gado-gado, lotek, karedok, pecel, rujak buah misalnya adalah masakan asli Indonesia yang berbahan sayuran. Jangan lupakan lalapan mentah dengan sambal dan tahu tempe. Dinikmati dalam keadaan segar tentu sangat mengenyangkan dan menyenangkan. Namun jika ingin mencicipi menu vegetarian ala mancanegara sesekali pun tak mengapa.

Salah satu menu olahan sayur ala mancanegara adalah salad sayur. Salad adalah makanan yang menyehatkan karena mengandung banyak serat yang dibutuhkan untuk memperlancar metabolisme tubuh. Salad bisa dibuat dari campuran buah dan sayur. Cara membuatnya cukup mudah, bahannya pun berlimpah. Saat memilih memasak menu salad maka perlu diperhatikan beberapa hal penting misalnya memilih sayuran  segar dan tidak layu kekuningan atau kusam, pilih tulang batang yang mudah dipatahkan. Pilih sayuran beraroma segar dan tidak bercampur aroma bahan lain. Cuci bersih sayuran di bawah air mengalir.

Agar salad buah dan sayur memiliki cita rasa lebih segar bisa ditambahkan mayonaise. Resep salad sederhana bisa dibuat dari paprika merah, wortel, tomat merah, apel, mentimun dan keju. Potong-potong bahan salad buah dan sayur bentuk dadu kecil-kecil dalam kondisi segar. Untuk sausnya bisa dibuat dari campuran mayonaise, satu sendok teh air jeruk nipis, tiga sendok makan susu kental manis, dua sendok makan saus tomat dan tambahkan merica bubuk secukupnya.

Perpaduan rasa manis, asam dan gurih dalam resep salad ini pasti menumbuhkan rasa segar dan mengenyangkan. Salad sayur dan buah mudah disajikan dan bahan-bahannya dapat ditemui dengan mudah di pasar tradisional. Menu vegetarian yang dapat disajikan dalam waktu singkat ini mengandung banyak serat bagi tubuh dan tidak membosankan.

Agar kesegaran cita rasanya tetap terjaga maka saus salad hendaknya disajikan terpisah, tidak langsung dicampur dengan bahan sayur dan buah sebab jika dibiarkan tercampur akan mengurangi rasa segar karena terlalu banyak air yang berasal dari buah dan sayur.

Baca artikel lain mengenai Gejala Kanker Usus Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 2 =