Manfaat Yogurt untuk Kanker

Manfaat Yoghurt untuk Kanker Apakah Fakta?

Yoghurt bukan sekadar minuman biasa karena memiliki kandungan yang sangat berhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit. Kanker adalah salah satu penyakit yang bisa disembuhkan atau dicegah dengan mengkonsumsi yoghurt. Mengapa bisa demikian? Untuk mengetahui semua manfaat yoghurt, artikel ini akan membahas mengenai manfaat yoghurt untuk kanker.

Kanker adalah penyakit yang paling mematikan di dunia karena sel kanker bisa menyebar dengan cepat di dalam tubuh apabila sudah bersarang. Sehingga ada banyak penderita kanker yang tidak bisa disembuhkan dan mengalami kematian. Setiap tahunnya ada ribuan orang meninggal karena penyakit kanker. Agar bisa terhindar dari penyakit ini maka Anda harus benar-benar menjaga diri dan kesehatan dengan mengonsumsi berbagai makanan yang sehat dan bisa mencegah tumbuhnya sel kanker, salah satunya adalah yoghurt.

Yoghurt Pencegah Kanker Usus

Yoghurt bukan sembarangan minuman tapi adalah minuman yang sangat menyehatkan. Di dalamnya telah ditambahkan berbagai bahan yang sangat berguna bagi tubuh, salah satunya bakteri baik. Makanya tidak heran jika sering dijadikan minuman diet, dan untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya kanker ini.

Jenis kanker yang bisa disembuhkan atau lebih tepatnya dicegah dengan mengonsumsi yoghurt adalah kanker payudara dan kanker usus. Telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa memang cukup berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit salah satunya kanker tapi ada juga yang menyebutkan bahwa yoghurt justru bisa memperparah penyakit kanker. Namun nyatanya, banyak yang percaya akan manfaat yoghurt yang baik.

Yoghurt memiliki banyak sekali kandungan yang semuanya bermanfaat, antara lain vitamin B1, vitamin A, fosfor, kalsium, karbohidrat, lemak, protein, dan energi. Di antara kandungan yang telah disebutkan, jumlah kandungan terbanyak adalah kalsium sebanyak 120 mg pada 100 gram yoghurt yang diteliti.

Manfaat yoghurt untuk kanker yang paling utama adalah mencegah kanker usus. Ini karena yoghurt bisa membuat sistem pencernaan manusia menjadi sehat jika mengonsumsi yoghurt secara teratur. Kanker usus juga termasuk jenis kanker paling mematikan karena organ usus termasuk yang paling vital di bagian tubuh karena tempat lewatnya makanan-makanan yang dikonsumsi. Apabila kinerja usus tidak baik maka makanan-makanan tersebut bisa menumpuk di dalam usus dan akhirnya menjadi penyakit karena tidak bisa dikeluarkan. Jika didiamkan maka risiko mengalami kanker usus akan semakin besar.

Ketika awal mengalami masalah pada usus kebanyakan orang tidak bisa merasakannya tapi lama kelamaan baru terasa. Ini sangat bahaya karena gejala-gejala yang timbul bisa mengindikasikan bahwa usus sudah dalam kondisi yang buruk. Beberapa tanda-tanda yang terjadi antara lain, berat badan akan turun dengan sangat drastis, ketika buang air besar keluar darah, kram perut, mudah lelah, dan meski tidak ingin buang air besar Anda selalu merasa ingin melakukannya.

Kanker usus memang bisa dideteksi jika sudah ada pada tingkat yang lanjut. Maka dari itu sedini mungkin Anda harus memeriksakan kesehatannya supaya bisa dicegah dengan cepat. Salah satunya dengan mengonsumsi yoghurt ini.

Bagi pankreas yoghurt adalah salah satu makanan yang penting agar bisa menjaga keseimbangan dari sistem pencernaan Anda. Selain itu yoghurt juga memiliki manfaat untuk diet pankreas. Yang dimaksud diet di sini bukan menguruskan badan tapi membuat organ dalam tubuh menjadi lebih sehat, dalam artian bisa meluruhkan makanan-makanan tidak sehat yang tertimbun di dalam pankreas. Jadi, selain untuk mencegah penyakit kanker usus manfaat yoghurt untuk diet juga salah satu kelebihannya.

Di dalam yoghurt terdapat banyak sekali unsur probiotik yang bisa menekan aktivitas dan pertumbuhan mikroba yang tumbuh di dalam usus halus, inilah salah satu penyebab utama dari munculnya kanker usus. Dengan mengonsumsi yoghurt akan ada senyawa butyrate yang bisa dihasilkan untuk membunuh berbagai sel tidak normal yang bisa memicu terjadinya kanker.

Yoghurt juga memiliki kandungan yang mampu meningkatkan zat interferon sehingga bisa melawan bibit penyebab tumor. Selain kanker usus, yoghurt juga bisa untuk mencegah kanker kandung kemih, dan kanker payudara.

Tidak hanya sampai disitu, manfaat yoghurt lainnya bagi pencernaan masih banyak. Seperti, yoghurt juga memiliki kemampuan untuk mengubah zat pemicu kanker bernama prekarsinogenik karena bakteri-bakteri baik yang ada dalam yoghurt. Zat pemicu kanker yang ada di saluran pencernaan itu bisa dihilangkan.

Dalam hal lain, bakteri-bakteri ini bisa mencegah munculnya penyakit jantung koroner juga. Kemudian, yoghurt juga dapat menyempurnakan dan memperbaiki fungsi dari pencernaan lagi-lagi karena bakteri baik yang biasanya dicampurkan ke yoghurt yang asli dan sehat.

Yoghurt Pencegah Kanker Payudara

Kemampuan dan khasiat yoghurt untuk mencegah kanker usus besar sudah lama diketahui tapi untuk mengobati kanker payudara baru saat ini karena memang penelitiannya juga baru.

Pada bagian payudara Anda bisa saja terdapat bakteri yang ada pada jaringan payudara meski tidak memiliki benjolan di daerah sekitarnya. Inilah kenapa para wanita dianjurkan memeriksakan secara rutin kesehatan payudara mereka. Apabila Anda mengalami kanker payudara maka jenis bakteri yang ada adalah Staphylococcus epidermis (Staph), Escherichia coli (E. Coli).

Jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang normal. Sedangkan wanita yang normal atau tidak menderita penyakit kanker payudara memiliki kadar bakteri Streptococus thermophillus, dan Lactobacillya yang lebih banyak. Salah satu bakteri ini terdapat pada yoghurt.

Bakteri Staph dan E. Coli memiliki kemampuan untuk merusak DNA, kedua bakteri ini bisa memiliki peranan yang besar dalam menyebabkan munculnya kanker payudara. Namun memang mengenai khasiat atau manfaat yoghurt untuk mencegah kanker payudara belum pasti seperti manfaatnya untuk mencegah kanker usus sehingga perlu dilakukan penelitian lagi yang lebih dalam. Namun tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi yoghurt kapan saja agar bisa mencegah dengan lebih baik.

Selain untuk mencegah kanker, yoghurt juga bisa digunakan untuk diet bagi para penderita penyakit ini. Sehingga manfaat yoghurt untuk diet penderita kanker sangat baik. Yoghurt untuk diet ini bertujuan untuk lebih menyehatkan penderitanya. Selain yoghurt, untuk diet penderita kanker juga bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang sehat.

Diet yang dimaksud disini lebih tepatnya adalah menghilangkan kebiasaan makan makanan yang tidak sehat atau “haram” bagi penderita kanker. Diet dengan yoghurt dan berbagai buah-buahan untuk penderita kanker sebaiknya dilakukan jika mereka tinggal di rumah atau tidak berpergian ke tempat mana pun. Oleh karena jika di rumah, kebersihan bahan makanan yang harus dikonsumsi bisa lebih baik karena adanya air untuk membersihkannya.

Jadi, selain untuk mencegah penyakit kanker, manfaat lainnya dari yoghurt adalah manfaat yoghurt untuk diet. Namun selain untuk pada penderita kanker, yoghurt untuk makanan diet juga bisa dilakukan pada siapa saja yang sehat.

Demikianlah pembahasan mengenai yoghurt yang bisa berguna untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Mungkin banyak di antara Anda yang belum tahu akan hal ini, tapi setelah membaca artikel ini semoga Anda bisa menjadi rajin mengonsumsi yoghurt agar kesehatan lebih terjaga.

Baca artikel lain mengenai Khasiat Minum Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.