Manfaat Umbi Daun Dewa

Manfaat Umbi Daun Dewa yang Besar untuk Atasi Kanker

Pengobatan kanker tidak selalu harus menggunakan obat-obatan kimia dari resep dokter saja. Ada banyak sekali tanaman herbal yang bisa membantu untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk kanker. Salah satunya adalah umbi daun dewa yang seluruh bagian tanamannya bisa dijadikan obat.

Kenali Umbi Daun Dewa Yuk

Umbi daun dewa memiliki nama latin Gynura divaricata dan termasuk ke dalam keluarga Compositae.  Tanaman ini adalah tanaman herbal yang umumnya tumbuh pada ketinggian 200 sampai dengan 800 meter di atas permukaan laut. Tanaman umbi daun dewa memiliki beberapa nama berbeda yaitu daun dewa di Jawa Tengah, sambung nyawa oleh umumnya masyarakat Jawa, daun dewa oleh masyarakat Sumatra, ngokilo, dan san qi cao oleh masyarakat Cina.

Ciri-ciri dari tanaman umbi daun dewa adalah sebagai berikut.

  1. Tangkai daunnya termasuk tangkai daun yang pendek.
  2. Dapat dikembangbiakkan dengan umbi maupun stek batang.
  3. Batangnya tegak.
  4. Tingginya mulai dari 30 sampai 40 cm.
  5. Memiliki batang daun yang pendek serta lunak, bentuknya segi lima dengan penampangnya berbentuk lonjong, bagian luarnya memiliki rambut.
  6. Panjang daunnya bis mencapai 20 cm dengan lebar 10 cm. Tepian dari daunnya berwarna hijau keunguan. Daunnya memiliki bulu halus dengan bentuk bulat lonjong dan ujung daunnya lancip.
  7. Jenis bunganya adalah bunga majemuk yang tumbuhnya di ujung batang. Benang sarinya berbentuk jarum dengan warna kuning dan kelopak bunganya berbentuk cawan dengan warna hijau.

Umbi daun dewa dapat dimanfaatkan baik daun maupun umbinya. Keduanya memiliki khasiat untuk kesehatan. Daun dari umbi daun dewa bisa dipanen ketika penampang daunnya sudah lebar dan warnanya sudah menjadi hijau tua. Sedangkan umbinya baru bisa dipanen ketika umumr tanaman sudah mencapai 6 sampai 8 bulan.

Manfaat Umbi Daun Dewa untuk Kesehatan

Umbi daun dewa menjadi populer di kalangan masyarakat karena manfaatnya yang tinggi utuk kesehatan, dan salah satunya untuk mengobati kanker. Manfaat tersebut tentunya tidak didapatkan begitu saja. Manfaat tersebut ada karena jumlah kandungan kaya manfaat yang tinggi dalam umbi daun dewa.

Kandungan yang terdapat dari umbi daun dewa di antaranya minyak atsiri, tannin, polifenol, saponin, sterol, vitamin K, asam klorogenat, flavonoid, asam p-kumarat, vanilat, alkaloid, triterpenoid, dan asam p-hidroksi benzoat. Semua kandungan tersebut bisa mengobati macam-macam penyakti mulai dari yang ringan seperti luka sampai penyakit-penyakit berat seperti penyakit jantung, stroke, bahkan kanker.

Berikut beberapa manfaat dari umbi daun dewa untuk kesehatan secara umum.

1. Mengobati Luka

Luka goresan atau luka bakar bisa diobati secara alami menggunaka umbi daun dewa ini. Caranya adalah dengan menumbuk umbi daun dewa yang sudah dicampur dengan gula merah. Tumbuk sampai teksturnya seperti salep. Oleskan salep pada bagian luka kemudian tutup dengan kain perban yang bersih. Selain untuk luka bakar, daun dari umbi daun dewa juga bisa digunakan untuk mengobati luka memar. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun dewa dengan beberapa lembar daun jarak. Hasil tumbukannya kemudian dioleskan pada luka memar.

2. Mengobati Stroke

Salah satu penyakit berat yang bisa diobati dengan umbi daun dewa adalah stroke. Caranya adalah dengan rutin meminum ramuan yang terbuat dari campuran umbi daun dewa, madu, dan biji ginko. Selain ramuan campuran tersebut, penderita stroke juga bisa meminum rebusan daun umbi daun dewa ini sebanyak 2 kali dalam satu hari.

3. Mengobati Diabetes

Selain luka ringan dan stroke, umbi daun dewa juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Penyakit akibat kelebihan kadar gula dalam tubuh ini memang akan menggerogoti sedikit demi sedikit kesehatan dari penderita. Mengobati diabetes dengan umbi daun dewa bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah dengan meminum ramuan dari rebusan daun tanaman umbi daun dewa paling sedikit satu kali dalam satu hari.

Cara Pengolahan Umbi Daun Dewa sebagai Pencegah dan Obat Kanker

Selain untuk mengobati bayak penyakit lainnya, umbi daun dewa juga bisa menjadi pencegah dan obat untuk mengobati kanker. Umbi daun dewa memiliki sifat sitotastik dan anti karsinogenik. Salah satu sifat dari tanaman umbi daun dewa ini bisa menghambat pertumbuhan dari sel kanker di dalam tubuh. Artinya, tanaman umbi daun dewa bisa digunakan sebagai pencegah kanker maupun mengobati kanker.

Cara pemakaiannya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Rebus bagian daun dari tanaman umbi daun dewa, temu putih, dan jombang. Hasil rebusan tersebut bisa mejadi ramua ampuh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hari. Khusus bagi yang sudah didiagnosis mengidap kanker, bisa mengonsumsi air rebusan ini dengan lebih rutin lagi, untuk mencegah sel kankernya terus tumbuh.

Selain mencegah pertumbuhan atau perkembangan sel kanker, tanaman umbi daun dewa juga bisa menstimulai sirkulasi darah dan menetralkan racun dalam tubuh yang baik bagi penderita kanker. Zat saponin yang terdapat dalam tanaman umbi daun dewa bisa membantu untuk mendorong sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menjadi normal kembali. Zat saponin ini bisa menjadi zat yang menyeimbangkan darah dan efeknya sangat baik untuk penderita kanker.

Zat saponin juga tidak hanya baik untuk mendorong sirkulasi darah, tetapi juga untuk membantu menetralkan racun dalam tubuh. Penetralan racun ini tentunya bisa membantu penderita kanker untuk lebih cepat pulih. Sifat netral dari tanaman umbi daun dewa ini membuatnya mampu menetralkan racun-racun dalam tubuh terutama pada penderita kanker. Racun-racun dalam tubuh akan lebih cepat dinetralisir dengan rutin mengonsumsi ramuan dari tanaman umbi daun dewa ini.

Jadi, selain berperan langsung untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, tanaman umbi daun dewa juga bisa membantu memulihkan kondisi penderita kanker dengan melancarkan sirkulasi darah dan menetralisir racun dalam tubuhnya. Pembuatan ramuan yang mudah dengan hanya merebus dengan tambahan beberapa jenis tanaman lainnya membuat pengobatan kanker menjadi lebih mudah dan minim efek samping negatif.

Umbi daun dewa menjadi salah satu jenis tanaman herbal yang aktif membantu penderita kanker mengobati penyakitnya. Penggunaan tanaman herbal ini tentunya memang sangat membantu, akan tetapi konsultasi dengan dokter juga tetap harus dilakukan. Konsultasi ini untuk memastikan bahwa penderita boleh menggunakan tanaman herbal selama pengobatan dan untuk mengecek kondisi kesehatannya dan mengetahui apakah sel kanker dalam tubuhnya benar-benar sudah tidak berkembang lagi.

Sabar dan rutin dalam mengonsumsi ramuan dari tanaman umbi daun dewa ini menjadi kunci penting untuk mencegah dan mengobati penyakit berat seperti kanker. Hasil instan mungkin tidak bisa didapatkan, tetapi bila rutin dilakukan maka hasilnya akan terlihat juga. Tidak ada salahnya mencoba mencegah kanker sebelum ia tumbuh dengan rutin konsumsi ramua tanaman umbi daun dewa, bukan?

Baca artikel lain mengenai Manfaat Petai untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 8 =