Manfaat Sirih Merah untuk Kanker

Manfaat Sirih Merah untuk Kanker

manfaat-sirih-merah-untuk-kankerPenderita kanker tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa obat tradisional dengan harga yang sangat murah dan mudah ditemukan di mana saja. Salah satunya adalah menggunakan daun sirih merah. Selama ini sudah ada banyak yang membuktikan manfaat sirih merah untuk kanker termasuk kanker payudara.

Bahaya Penyakit Kanker

Kanker merupakan sebuah jenis penyakit yang tidak kenal dengan batasan ras, usia dan jenis kelamin sehingga bisa menyerang siapa saja. Jika sudah kena kanker, dibutuhkan biaya yang sangat mahal untuk menyembuhkannya.

Jika penyakit kanker ini telah terlanjur akut dan kronis biasanya tidak ada pilihan lain kecuali dilakukan operasi. Bahkan tidak jarang kanker berujung pada kematian karena ada sel kanker yang sudah berkembang di organ vital dalam tubuh.

Beberapa jenis metode pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan kanker selama ini adalah radioterapi, kemoterapi, dan metode lain yang menggunakan bahan kimia. Akan tetapi semuanya dianggap memiliki efek samping yang tidak kalah bahayanya dan bisa berlangsung dalam kurun waktu yang lama.

Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif pengobatan lain yang lebih aman tetapi tetap mujarab. Salah satunya adalah menggunakan teknik alami menggunakan daun sirih merah. Beberapa tahun lalu daun sirih merah obat kanker mulai dilirik oleh para ahli kesehatan karena tidak bersifat merugikan bagi organ tubuh yang sehat. Bahkan manfaat sirih merah untuk kanker payudara sudah terbukti kebenarannya.

Sekilas Tentang Tanaman Sirih Merah

Sejak zaman nenek moyang dulu sirih merah telah dipercaya mempunyai khasiat tinggi untuk menjaga kesehatan. Bahkan dari penelitian-penelitian yang dilakukan di masa sekarang, hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kandungan zat yang ada dalam tanaman tersebut memang dapat dipakai untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit terutama pada daunnya.

Tanaman ini lebih mudah dijumpai di kawasan tropis. Daunnya berbentuk bundar mengkilap seperti jantung serta tidak mengeluarkan bunga. Ujung daun tersebut meruncing dan lancip. Proses pertumbuhannya secara merambat dan oleh sebagian masyarakat sering dijadikan atau digunakan sebagai tanaman pagar atau dirambatkan pada pohon lain yang ukurannya besar.

Kandungan Zat dalam Sirih Merah

Daun sirih merah obat kanker memiliki kandungan senyawa fotokomia berupa tanin, saponin, flavonoid, dan alkaloid. Semuanya mempunyai potensi besar untuk melawan kanker. Zat-zat tersebut maupun senyawa lainnya yang ada di daun tanaman tersebut tidak menimbulkan efek atau dampak negatif yang membahayakan tubuh. Semua kandungannya bersifat herbal.

Dari penelitian-penelitian yang dilakukan oleh beberapa lembaga, diketahui apabila manfaat sirih merah untuk kanker ini berasal dari mekanisme-mekanisme yang berbeda. Salah satunya yaitu memberi perlindungan sel agar DNA tubuh tidak menjadi rusak.

Zat flavonoid memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu membersihkan radikal bebas yang mengotori sel dalam organ tubuh. Radikal bebas ini merupakan sumber penyebab utama dari terjangkitnya serangkan kanker.

Mengolah Sirih Merah untuk Mengobati Kanker

Teknik atau cara mengolah sirih merah untuk kanker tergolong mudah dan praktis dilakukan. Pada umumnya masyarakat mengkonsumsi daun tanaman ini sesudah direbus atau direndam dalam air panas. Air rebusan atau rendaman tersebut kemudian diminumkan pada orang yang kena serangan kanker.

Warna air yang berubah warna jadi merah merupakan tanda jika zat-zat yang ada dalam daun sirih merah tersebut telah larut. Tidak jauh berbeda dengan teknik pengobatan tradisional atau herbal lainnya, larutan daun sirih ini bisa diminum secara langsung. Namun jika rasa maupun aromanya dirasa tidak enak dan pahit, boleh dicampur bersama gula atau madu.

Sangat disarankan agar konsumsi daun sirih merah ini tidak dilakukan setiap hari. jika tingkat konsumsinya terlalu berlebihan dapat menimbulkan gangguan terhadap organ pencernaan dan lambung.

Metode serta cara mengolah sirih merah untuk kanker berikutnya adalah dikunyah daunnya secara langsung. Tetapi karena rasanya yang terlalu pahit, jarang ada orang yang menerapkan teknik kedua ini.

Jika konsumsi daun sirih merah ini dilakukan secara rutin tubuh bisa membentuk suatu sistem perlindungan dari berbagai macam serangan zar-zat atau radikal bebas yang menjadi sumber pemicu munculnya sel kanker. Pemunculan sel kanker ini bisa datang dari konsumsi makanan yang tidak sehat, pancaran sinar matahari, polusi udara dan sebagainya

Kanker Payudara pun Bisa Sembuh

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang dapat disembuhkan dengan sirih merah. Penyakit ini memiliki 2 jalur serangan, dari lobulus dan saluran susu. Kanker yang awalnya dari lobulus disebut karsinoma lobular, sedang yang dari saluran susu dinamakan karsinoma duktal.

Selain diminum langsung, penerapan manfaat sirih merah untuk kanker payudara juga dapat dilakukan dengan cara yang lain. Pertama sediakan daun sirih merah sebanyak 15 lembar dan daun iler 7 lembar serta sambiloto sebanyak 1 genggam tangan lalu direbus dalam 3 gelas air.

Setelah dingin dan disaring, air rebusan ini bisa digunakan untuk mengompres payudara yang terkena kanker 3 hingga 4 kali setiap hari. Pengompresannya bisa memakai kain kasa bersih.

Itulah sekilas penjelasan tentang manfaat sirih merah untuk kanker dan teknik pengunaannya semoga bisa berguna bagi semua pembaca.

Baca artikel lain mengenai Cara Mengatasi Stress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.