Manfaat Rumput Mutiara

Manfaat Rumput Mutiara Sebagai Obat Kanker Yang Ampuh

Rumput mutiara adalah jenis rumput liar yang juga dikenal dengan sebutan rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular atau juga katepan. Rumput ini masuk dalam keluarga Rubiaceae yang memang penampilan fisiknya seperti kebanyakan rumput pada umumnya. Hanya saja, rumput mutiara memiliki satu kelebihan utama dibandingkan dengan banyak jenis rumput lainnya, yaitu sebagai obat kanker.

Mengenal Rumput Mutiara

Sebagai layaknya jenis rumput, rumput mutiara dapat tumbuh dengan subur di tanah yang lembap, bagian tanah yang kosong namun basah terkena air, dapat pula tumbuh di halaman rumah, pinggir jalan atau juga selokan.

Penampakan fisik dari rumput mutiara memiliki bentuk yang tegak dan juga condong. Rumput ini memiliki banyak cabang dimulai dari pangkal batangnya. Tingginya dapat mencapai 0,05 sampai 0,6 meter.

Batang rumput mutiara berbentuk segi empat. Batangnya juga memiliki banyak cabang, dengan tebal cabang sekitar 1mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai pada hijau keabuan. Daun yang dimiliki rumput mutiara relative kecil. Panjang daun dapat mencapai 2-5 cm. ujung daun memiliki bentuk yang runcing, sedangkan terdapat satu tulang daun di bagian tengahnya.

Ujung dan pangkal daunnya juga berbentuk runcing, warnya hijau pucat, terdapat sisik kecil pada sepanjang tepi daunnya. Tangkai daunnya sangat pendek. Pada ujung tangkai daun, dapat ditemukan rambut pendek. Sedangkan untuk akar dari rumput mutiara berjenis akar tunggang. Akar rumput mutiara memiliki ketebalan sekitar 1 mm. Cabang akarnya berbentuk benang.

Rumput mutiara juga menghasilkan bunga dan buah. Bunga rumput mutiara memiliki bentuk seperti payung dengan warna putih. Sedangkan buahnya berbentuk bulat dan pada ujungnya terlihat bentuknya seperti pecah.

Kandungan Rumput Mutiara

Keberadaan rumput mutiara sebagai tanaman obat telah banyak dikenal di Cina, India dan juga wilayah Asia Tenggara. Sehingga, dalam pengobatan beberapa jenis penyakit, rumput mutiara banyak dipilih sebagai salah satu obat herbal.Dalam dunia kedokteran, rumput mutiara juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat suntik dan juga tablet granule.

Hal ini dapat disebabkan oleh kandungan yang dimiliki oleh rumput mutiara, kandungan ini adalah dua senyawa aktif di dalamnya, yaitu asam ursolat dan asam uleanolat. Kedua kandungan senyawa aktif ini dipercaya mampu untuk mencegah perkembangan dari pembelahan sel kanker menuju tahap selanjutnya yang lebih ganas.

Selain dua kandungan tersebut, rumput mutiara juga memiliki kandungan flavonoid dan iridoid. Kandungan ini juga memiliki peran sebagai sel kanker, anti mikroba dan juga untuk membantu regenerasi sel hati yang baru.

Oleh karena itulah, rumput mutiara banyak dikenal memiliki kemampuan untuk mengatasi penyakit kanker. Sebut saja kanker lambung, kanker serviks, kanker payudara, kanker rectum, kanker nasofaring dan juga kanker rahim. Rumput mutiara dipercaya mampu untuk mengatasi jenis kanker ini.

Selain itu, rumput mutiara juga dpaat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit yang lain seperti Tonsilitis, faringitis, bronchitis, pneumonia, radang usus buntu, hepatitis dan juga kolesitis. Selain dapat menyembuhkan penyakit dalam, rumput mutiara juga dipercaya untuk menyembuhkan penyakit luar seperti infeksi luka, bisul, tulang patah, terkilir, tersiram air panas, radang kulit bernanah, gondongan dan juga uci-uci serta mampu untuk melancarkan peredaran darah.

Bisakah Rumput Mutiara Menjadi Obat Kanker?

Seperti yang telah disebutkan bahwa kandungan senyawa aktif rumput mutiara mampu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagian tanaman rumput mutiara yang dapat dimanfaatkan untuk hal ini adalah keselurhan bagian tanamannya.

Manfaat rumput mutiara yang bisa diambil sebagai obat kanker ini dapat dilakukan dengan cara mengeringkan terlebih dahulu rumput mutiara. Ambil seluruh bagian tanaman rumput mutiara dan kemudian dikeringkan. Setelah kering, rumput mutiara dengan berat sekitar 50 gram haruslah direbus dengan 10 gelas air sampai mendidih. Dari 10 gelas air ini, dibiarkan sampai hanya tersisa 2 gelas saja.

Air seduhan rumput mutiara ini diminum sebanyak satu gelas saja pada waktu pagi dan sore hari. Peminuman haruslah dilakukan secara rutin selama kurang lebih satu bulan sampai dirasakan khasiat rumput mutiara terhadap kanker yang dialami.

Penggunaan rumput mutiara sebagai obat kanker juga dapat dipadukan dengan jenis tanaman herbal lainnya yang memiliki khasiat atau kandungan anti kanker yang sama. Sebut saja adalah perpaduan penggunaan rumput mutiara dan daun mahkota dewa. Kedua jenis tanaman ini memang memiliki kandungan anti kanker.

Rumput mutiara direbus bersama dengan daun mahkota dewa. Air rebusan dibiarkan sampai tinggal sedikit saja dan kemudian diminum secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Pemanfaatan dua jenis tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi kanker rahim.

Selain daun mahkota dewa, penggunaan rumput mutiara sebagai terapi anti kanker dapat pula dikombinasikan dengan air rebusan kacang hijau dan juga bawang putih tunggal atau yang dikenal dengan sebutan bawang lelaki. Semua bahan direbus dengan beberapa gelas sampai menyisakan dua gelas saja. Kemudian air rebusan ini diminum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Untuk mempercepat pengaruh anti kanker dan juga mengoptimalkan kerja dari kandungan anti kanker yang dikandung oleh rumput mutiara dalam pengobatan kanker ini, ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan. Salah satu hal utama adalah memperhatikan pola makan.

Dalam pengobatan kanker, terdapat beberapa jenis makanan yang harus dijauhi untuk mengoptimalkan pengobatan, sebut saja seperti berbagai jenis daging, ikan, kuning telur, teh, kopi dan makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Karena beberapa bahan makanan ini justru memberikan pengaruh pada perkembangan sel kanker ke tahap yang lebih ganas lagi.

Selain itu, dalam pemakaian rumput mutiara ini, juga terdapat efek samping yang akan dirasakan. Setelah pemakain obat herbal ini selama 10 hari, pada sebagian penderita, akan dirasakan keadaan mulut yang kering.

Untuk mengoptimalkan pengobatan kanker menggunakan obar herbal rumput mutiara ini, haruslah diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi dengan asupan kandungan bahan yang disesuaikan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembang biakan sel kanker yang menyerang tubuh.

Memang, saat ini, penyakit kanker seakan menjadi satu jenis penyakit yang amat menakutkan bagi manusia. Karena memang kanker menyerang sistem imun tubuh manusia. Selain itu, jenis kanker yang menyerang tubuh juga amatlah beragam.

Dari beberapa cara yang telah ditemukan untuk mengobati dan mengatasi penyakit kanker ini, sebut saja kemoterapi, radiasi, dan konsumsi obat, ada satu jenis pengobatan yang dapat dilakukan,yaitu pemanfaatan tanaman obat atau obat herbal untuk menekan laju pertumbuhan sel kanker dalam tubuh atau juga sampai pada tujuan mematikan sel kanker tersebut.

Salah satu tanaman obat yang dapat dijadikan sebagai obat kanker adalah rumput mutiara ini. Rumput mutiara memang memiliki kandungan senyawa anti kanker. Penggunaanya pun dapat dikombinasikan atau dipadukan dengan jenis tanaman herbal lainnya yang juga memiliki khasiat yang sama sebagai anti kanker.

Baca artikel lain mengenai Proses Kemoterapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.