Manfaat Minyak Zaitun

Mau Tahu Tipe dan Manfaat Minyak Zaitun?

Secara umum kita tahu bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Minyak zaitun sendiri merupakan cairan lemak yang berasal dari buah zaitun. Minyak tersebut biasanya digunakan untuk memasak ataupun kegunaan lain. Lebih rincinya mari kita simak ulasan berikut ini.

Tipe Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung dari kandungannya dan proses pembuatannya. Tipe minyak zaitun ini juga berkaitan dengan manfaatnya pada tubuh karena kandungan yang berbeda-beda. Minyak zaitun yang bisa diminum langsung umumnya adalah extra virgin olive oil. Untuk lebih jelasnya berikut ini 4 tipe minyak zaitun:

1. Extra Virgin Olive Oil

Ini merupakan tipe minyak zaitun yang paling mahal sekaligus paling berkualitas. Extra virgin olive oil merupakan minyak zaitun dengan tingkat keasaman paling rendah dibandingkan dengan tipe lainnya. Minyak ini juga kaya antioksidan dan memiliki jumlah mineral dan vitamin paling banyak. Jenis minyak zaitun ini biasanya digunakan hanya untuk dressing salad tidak cocok untuk dipanaskan. Ini bisa dibilang sebagai minyak zaitun yang bisa diminum atau dimakan langsung.

2. Virgin Olive Oil

Virgin olive oil merupakan minyak zaitun yang juga cukup berkualitas. Virgin berarti minyak zaitun jenis ini tidak tercampur bahan kimia atau panas saat proses ektrasi minyak. Minyak zaitun virgin dapat digunakan untuk memasak sayuran atau pembuatan kue. Namun sebaiknya hindari menggunakan minyak ini untuk menggoreng makanan. Menggunakan minyak zaitun untuk proses penggorengan dengan banyak minyak tidak direkomendasikan karena memiliki titik panas yang rendah.

3. Refined Olive Oil

Refined olive oil umumnya lebih murah dari minyak zaitun virgin. Kandungan vitamin serta nutrisi pada minyak jenis ini memang lebih rendah. Namun masih cukup baik dan cocok digunakan dalam proses memasak.

4. Pure Olive Oil

Pure olive oil merupakan campuran dari extra virgin dan refined olive oil. Minyak jenis ini memiliki nutrisi yang lebih rendah dari virgin olive oil. Direkomendasikan untuk menggunakan pure olive oil untuk kecantikan misalnya untuk kesehatan rambut dan kulit. Tidak disarankan untuk menggunakannya pada masakan karena jika dipanaskan maka akan muncul bau yang kurang sedap. Namun minyak ini sangat baik untuk kulit kepala dan kulit tubuh.

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun umumnya merupakan minyak untuk memasak di beberapa negara. Selain itu ada yang menggunakannya untuk salad dressing. Secara umum cara mengkonsumsi minyak zaitun, yaitu dengan menambahkannya pada makanan atau dalam proses memasak. Memilih minyak zaitun yang baik sama seperti memilih minuman anggur. Rasa dari minyak ini bervariasi tergantung proses produksinya. Minyak yang telah tersimpan lebih dari satu tahun harus digunakan untuk memasak tidak untuk dimakan dingin seperti ditambahkan pada makanan salad. Minyak zaitun segar memang memiliki rasa yang berbeda  dari minyak yang sudah tua.

Minyak zaitun ternyata juga digunakan dalam acara keagamaan untuk agama Yahudi dan Kristen. Di agama Yahudi, minyak zaitun digunakaan di Menorah saat eksodus suku Israel dari Mesir. Pernah juga digunakan untuk pengurapan raja-raja dari Kerajaan Israel mulai dari Raja David sampai Tzidkiyahu.

Pada agama Roman Katholik, Orthodox, dan Anglican, minyak zaitun digunakan untuk memberi pemberkatan dan kekuatan saat pembabtisan serta minyak untuk memberi Sacrament pada orang sakit.

Minyak zaitun berguna juga pada bidang perawatan kulit. Orang Mesir menggunakannya bersama beeswax sebagai pembersih, pelembab, dan antibakteri sejak zaman Firaun. Di Yunani kuno, minyak zaitun digunakan untuk pemijatan, mencegah cidera, meredakan sakit otot, dan lain-lain. Jepang pada tahun 2000 menjadi importir terbesar minyak zaitun di Asia.

Secara umum minyak zaitun lebih baik digunakan untuk memasak daripada minyak biasa karena memiliki kandungan yang lebih baik bagi kesehatan. Namun untuk hal menggoreng dengan banyak minyak, maka tak cocok untuk menggunakan minyak zaitun.

Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Baik digunakan untuk proses memasak, minyak zaitun juga terbukti baik untuk kesehatan. Ada beberapa penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya dengan menggunakan minyak zaitun. Beberapa manfaat kesehatan minyak zaitun yaitu:

  • Untuk Penderita Kolesterol. Bagi penderita kolesterol tinggi, manfaat konsumsi minyak zaitun untuk mengurangi risiko berkembangnya penyakit ini serta dapat juga untuk pencegahan.
  • Untuk Antioksidan. Kandungan fenolik pada minyak zaitun bervariasi tergantung dari iklim area produknya. Kandungan antioksidan ini ditemukan pada buah zaitun serta minyak zaitun sehingga baik untuk dikonsumsi.
  • Untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Minyak zaitun menyediakan asam lemak untuk pengembangan bayi yang baru lahir. Rasio dari asam linoleic dan asam linolenic yang terkandung di dalamnya serupa dengan air susu ibu.
  • Untuk Penderita Diabetes. Minyak zaitun merupakan alternatif pengobatan diabetes. Ini membantu untuk mencegah atau menunda penyakit diabetes. Minyak ini mencegah resistansi insulin dan mengendalikan tingkat gula darah dan tekanan darah.
  • Untuk Mencegah Penuaan. minyak zaitu kaya akan antioksidan seperti vitamin E dan polyphenols. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah penuaan seperti osteoporosis dan mencegah pikun pada orang tua.
  • Untuk Mencegah Penyakit Jantung. Minyak zaitun dapat menurunkan peradangan, melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan membantu mencegah pembekuan darah yang tak diinginkan. Fungsinya tersebut secara umum dapat mencegah munculnya penyakit jantung.
  • Untuk Menghindari Obesitas. Konsumsi minyak zaitun yang tinggi ternyata tidak menyebabkan bertambahnya berat badan atau obesitas. Memakan makanan yang mengandung minyak zaitun nyatanya meningkatkan kesehatan tubuh.

Minyak Zaitun untuk Kanker

Gaya hidup seperti pola makan disebutkan memiliki hubungan dengan pengembangan tumor atau kanker. Oksidasi sel yang merupakan risiko terbesar dari pembentukan kanker. Tipe kanker yang berkaitan dengan pola makan misalnya kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa jenis dari lemak terlihat lebih berimplikasi pada kasus kanker daripada jumlah lemak pada tubuh.

Penelitian epidemiological menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat memilik efek melawan beberapa tumor seperti tumor payudara, prostat, endometrium, pencernaan, dan lain-lain. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Memakan makanan sehat dengan minyak zaitun sebagai kandungan utama dari lemak dapat menurunkan risiko kanker. Alasannya adalah mutasi sel yang menyebabkan kanker karena toksin saat mengonsumsi makanan menyerang DNA. Toksin tersebut memproduksi radikal bebas yang berbahaya bagi DNA. Untuk melawan radikal bebas tersebut, tubuh memerlukan vitamin dan antioksidan seperti yang terkandung dalam minyak zaitun.

Penelitan terbaru juga menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat melawan leukimia pada anak dan beragam kanker lainnya seperti oesophageal squamous sel kanker. Ada juga penelitian yang menyebutkan minyak zaitun dapat melawan kanker usus besar. Minyak zaitun terbukti dapat mengurangi jumlah pengembangan tumor dan tumor menjadi kurang agresif.

Meskipun masih membutuhkan data dan penelitian lebih lanjut, minyak zaitun sudah terbukti sebagai sumber makanan yang baik bagi tubuh manusia. Konsumsi minyak zaitun bisa dilakukan dengan mengganti minyak biasa untuk menggoreng makanan yang biasa digunakan di Indonesia.

Baca artikel lain mengenai Kanker Kulit Melanoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.