Manfaat Minum Teh Hijau Di Pagi Hari

Manfaat Minum Teh Hijau Di Pagi Hari Untuk Kesehatan

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling dikenal di Indonesia, mengingat beragamnya merk teh hijau yang ada di pasaran. Teh yang satu ini juga sangat identik dengan program diet untuk menurunkan berat badan, sebab memiliki kemampuan untuk membantu mengontrol berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Pagi hari adalah waktu yang paling banyak dipilih untuk meminum teh hijau, sebab aktivitas sepanjang hari menjadi lebih segar serta bersemangat setelah menyesap secangkir teh hijau hangat di pagi hari. Tapi tak banyak yang tahu jika sebenarnya ada waktu-waktu yang kurang tepat untuk mengonsumsi teh hijau, sebab bisa mengurangi khasiatnya dan berikut adalah berikut waktu terbaik untuk mengonsumsi teh yang satu ini.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk meminum teh hijau hangat, bahkan para ahli juga menyarankan supaya konsumsi makanan serta minuman sehat di waktu sarapan untuk memulai hari yang sehat. Hanya saja jangan meminum teh hijau dengan perut kosong, jika tidak maka kita bisa mengalami dehidrasi sebab kafein yang terkandung di dalamnya. Supaya bisa mendapatkan manfaat minum teh hijau di pagi hari, jadi solusinya santap teh hijau bersama dengan makanan pengganjal perut yang sehat dan mengenyangkan, misalnya saja roti isi.

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari

Teh hijau tidak akan populer begitu saja di masyarakat apabila tidak memiliki khasiat tertentu yang nyata, melihat banyaknya penggemar teh hijau maka para ahli melalukan riset khusus mengenai minuman menyehatkan yang satu ini dan mengungkap fakta bahwa teh hijau memiliki segudang kelebihan yang membuatnya berbeda dengan minuman tradisional lainnya. Kandungan-kandungan alami yang ada dalamnya antara lain adalah saponin, theobromine, kafein, serta berbagai vitamin lain yang bisa membantu untuk pencukupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut adalah manfaat minum teh hijau di pagi hari.

  • Memiliki Stamina yang Lebih. Hal ini sudah dibuktikan melalui percobaan yang diberikan pada tikus lab, mereka yang diberi ekstrak teh hijau memiliki daya tahan tubuh yang meningkat sampai dengan 24% pun demikian dengan manusia.
  • Mengatasi Alergi. Menurut riset yang dilakukan oleh peneliti di Jepang, adanya senyawa EGCG, yakni senyawa antioksidan yang jumlahnya berlimpah di dalam teh ini bisa membantu memperkuat kekebalan tubuh dari berbagai alergen. Misalnya alergi debu, serbuk sari serta bulu hewan.
  • Turunkan Berat Badan Lebih Mudah. EGCG juga akan tingkatkan metabolisme tubuh tetapi menekan nafsu makan. Bahkan juga memicu tubuh mengeluarkan panas dari dalam tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dan mengonsumsi sebanyak 2 sampai empat cangkir teh hijau cukup untuk membakar setidaknya 60 hingga 70 kkal. Antioksidan di dalamnya ini sehatkan sistem saraf dan menahan hasrat ngemil yang bikin gemuk.
  • Lawan Kanker. Antioksidan yang terkandung di dalam teh akan membantu hadang radikal bebas yang sebabkan kanker. Kandungan aktif tersebut akan menghancurkan radikal bebas sebelum mereka lebih dulu menyerang sel-sel yang lemah di dalam tubuh kita.
  • Sebagai Kontrol Kolesterol. Mereka yang gemar mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi wajib rutin mengonsumsi teh hijau, sebab teh hijau ini adalah salah satu ikhtiar untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat, bisa menjaga arteri supaya selalu sehat, lancar dan tak tersumbat lemak sehingga aman dari penyakit jantung apapun.
  • Kontrol Diabetes. Zat yang sangat efektif untuk menurunkan gula darah adalah polifenol dan polisakarida. Bahkan EGCG juga diketahui bisa menghambat produksi glukosa pada hati serta menurunkan kadar gula darah yang tinggi juga mampu dikontrol supaya tetap dalam angka aman.
  • Gigi Lebih Sehat. Tak banyak yang tahu jika ternyata di dalam teh hijau terdapat flouride yang memiliki keutamaan untuk mencegah berbagai keluhan yang bisa terjadi pada gigi kita. Misalnya saja terjadi karies gigi, mencegah timbulnya lubang-lubang mikro yang menyebabkan sakit gigi dan gigi keropos, juga bisa mencegah terjadinya radang gusi.
  • Membuat Tubuh Jadi Nyaman. L-Teanin adalah senyawa yang membuat rasa khas pada teh, senyawa ini bekerja langsung pada sistem saraf yang mempengaruhi kondisi psikologis seseorang yang membuat mentalnya menjadi merasa lebih nyaman, mengurangi kadar stress serta juga mampu untuk tingkatkan daya ingat seseorang. Konsumsi jangka panjang bisa melindungi kemampuan kita untuk mengingat memori tanpa pikun.

Kemudian saat ingin menggunakan teh hijau sebagai salah satu cara untuk mendukung diet penurunan berat badan, maka ada waktu yang tepat untuk mengonsumsinya yakni di malam hari dan sebelum melakukan olahraga. Untuk yang meminum teh hijau di malam hari sebelum tidur, konsumsi setidaknya dua jam sebelum waktu tidur tiba atau efeknya adalah insomnia. Apabila minum di waktu yang tepat, maka teh hijau ini akan membantu tubuh kita supaya bisa membakar lemak lebih cepat dibanding tidak mengonsumsi teh hijau sama sekali.

Manfaat minum teh hijau di pagi hari lainnya bagi yang suka olahraga adalah membantu membakar lemak yang lebih banyak serta lebih cepat. Pilihlah waktu untuk mengonsumsinya, yakni setengah jam sebelum melakukan olahraga, efeknya adalah tubuh jadi lebih bugar dan segar untuk berolahraga. Selepas olahraga juga tubuh akan tetap terasa nyaman serta bugar.

Manfaat Minum Teh Hijau yang Lainnya

Selain manfaat minum teh hijau di pagi hari yang sudah disebutkan di atas, masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan jika menyesap teh hijau di pagi hari. Selain manfaat, ada juga efek yang buruk jika kita mengonsumsinya di waktu yang kurang tepat. Contohnya jika ingin menikmati secangkir teh hijau selepas makan pagi, cocoknya untuk dilakukan setidaknya jeda selama satu jam setelah makan supaya penyerapan nutrisi tak terhalangi karena adanya tanin dan kafein yang memiliki peranan sebagai penyumbat. Kita tak ingin makanan sehat yang kita konsumsi tak memberikan pengaruh apapun untuk tubuh, kan?

Teh hijau si minuman ajaib ini juga bisa membersihkan tubuh dari racun alias detoxifikasi, lho! Caranya apabila kita ingin mendetoksifikasikan tubuh kita dengan mengonsumsi teh hijau, ketahuilah bahwa kita harus meminumnya sepanjang hari sebab sifat detoksifikasi alami dari teh hijau itu bekerja dengan lambat saja, itulah kenapa kita jadi harus meminum teh hijau itu sedikit sedikit saja supaya semua manfaatnya bisa terasa sampai maksimal.

Caranya adalah dengan menyiapkan secangkir teh hijau secukupnya saja dan setelah itu dibiarkan dingin secara alami, jauh lebih baik jika tehnya pekat. Setelah itu siapkan botol kosong yang praktis dibawa ke mana-mana, isilah air dan tambahkan teh hijau pekat tadi ke dalamnya. Setelah itu, teh hijau siap diminum sepanjang hari dan rasakan khasiatnya.

Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Khasiat Buah Bit Untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.