Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker dan Efek Sampingnya

manfaat kunyit putih untuk kankerDi dunia herbal, manfaat kunyit putih (Curcuma Zedoaria) tidak perlu diragukan lagi. Tanaman kunyit pada umumnya memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, kekuatan kunyit putih dalam hal mencegah dan mengobati berbagai penyakit diyakini lebih unggul dibandingkan kunyit biasa.

Kunyit putih telah dikenal sejak berpuluh-puluh tahun silam. Tersebar di sebagian besar negara-negara di kawasan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, dan Sri Lanka. Nenek moyang kita memanfaatkan khasiat kunyit putih sebagai rempah yang diramu untuk membersihkan organ kewanitaan, terutama bagi wanita yang baru mengalami persalinan. Dahulu, rimpang kunyit putih dipercaya dapat menghilangkan bau badan, bau tak sedap pada organ kewanitaan, serta mengembalikan kekencangan otot di sekitar organ kewanitaan pasca persalinan. Selain itu, jamu putih sering diolah menjadi jamu yang berkhasiat untuk menambah stamina wanita.

Seiring berjalannya waktu, pengetahuan akan manfaat kunyit putih semakin berkembang. Bukti otentik milik Direktorat Pengawasan Obat Tradisional Ditjen POM, menyatakan bahwa penelitian resmi terhadap kunyit putih pertama kali dilakukan pada tahun 1988 di negeri Cina. Dari hasil penelitian ditemukan berbagai macam kandungan positif yang bersifat menyembuhkan. Sebut saja diantaranya seperti minyak atsiri dan Ribosom Inacting Protein dalam jumlah besar.

Penelitian terhadap khasiat kunyit putih tidak berhenti sampai di situ. Berbagai penelitian lanjutan susul-menyusul demi memperkuat fakta. Tim peneliti dari Oxford Universiti juga pernah melakukan penelitian yang sama. Hasilnya, kunyit putih dinyatakan sebagai tanaman herbal antioksidan yang berkhasiat mencegah tumbuhnya sel kanker, menahan laju penyebaran sel kanker, dan membunuh sel kanker hingga ke akar-akarnya. Efektifitasnya bahkan telah diakui banyak negara di dunia.

Manfaat lain kunyit putih adalah sebagai antiperadangan. Manfaat ini bisa diberikan kunyit putih berkat kandungan zat anticurcumin yang terdapat di dalamnya. Pada jenis kanker tertentu, efek yang ditimbulkannya dapat berupa peradangan di beberapa bagian tubuh. Semisal, kanker paru. Penderita kanker paru akan dihadapi dengan kondisi batuk kronis. Batuk kronis bisa menyebabkan organ paru dan jantung ikut mengalami peradangan. Sehingga membuat penderita semakin sulit untuk bernapas. Dengan mengonsumsi ekstrak kunyit putih secara rutin, masalah peradangan teratasi hingga 90%.

Di Amerika sendiri, ekstrak kunyit putih yang diimpor dari negara-negara Asia, digunakan sebagai bahan baku parfum dan aromatherapy oil. Ini disebabkan karena aroma minyak atsiri kunyit putih terkenal khas, hangat, menenangkan, dan dapat membangkitkan mood baik. Sehingga manfaat kunyit putih bisa juga digunakan untuk terapi relaksasi.

Titik Kekuatan Kunyit Putih

Pada dasarnya, kunyit kuning yang lebih sering digunakan untuk kebutuhan dapur juga memiliki kandungan yang hampir-hampir sama dengan kunyit putih. Hanya saja dosis zat terbaiknya lebih rendah, sehingga manfaat yang diberikannya tidak sebesar manfaat kunyit putih.

Titik kekuatan khasiat kunyit putih terletak pada zat Ribosome Inactivating Protein (RIP) yang dimilikinya. Saat Ribosome masuk ke dalam tubuh, ia mendeteksi sel-sel tubuh yang tidak normal dan menempel di sana. Sel abnormal yang dilekati ribosome tidak akan bisa berkembang biak. Padahal, sejatinya setiap sel mempunyai masa untuk berkembang. Karena terhalang oleh ribosome, sel abnorma lama-lama menjadi mandul hingga akhirnya mati.

Teknik Pengolahan Kunyit Putih untuk Atasi Kanker

Efektivitas kunyit putih obat kanker tidak terlepas dari teknik pengolahan yang tepat, mulai dari pemilihan kunyit putih terbaik hingga penyajian. Kunyit putih terbaik yang digunakan untuk obat berasal dari kunyit putih yang ditanam tanpa kontaminasi peptisida. Bahkan, untuk menjadikannya dalam bentuk obat siap minum (kapsul/pil), proses peramuannya tidak boleh menggunakan bahan pengawet atau tambahan monosodium glutamat agar khasiat kunyit putih tetap terjaga.

Dahulu, untuk merasakan khasiat kunyit putih, orang lebih suka meramunya sendiri secara alami ketimbang membeli kunyit putih dalam bentuk kapul atau pil. Pengolahan alami diyakini dapat mempertahankan zat-zat yang terkandung dalam kunyit putih, sehingga khasiatnya lebih manjur.

Pengolahan alami bisa dilakukan dengan mudah, namun membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Caranya:

  • Parut 3-4 kunyit putih yang telah dikupas kulitnya. Beri sedikit air, lalu peras menggunakan sapu tangan.
  • Air perasan kunyit putih tersebut adalah ekstrak yang bersifat menyembuhkan. Gunakan 2-3 sdm ekstrak kunyit putih dan campur bersama 100 cc air hangat. Minum sebanyak 3-4x sehari jika digunakan untuk maksud penyembuhan. Sedangkan untuk pencegahan, cukup 1x sehari.

Efek Samping Penggunaan Kunyit Putih

Efek samping dari manfaat kunyit putih sebenarnya tidak sebesar efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat-obatan kimia. Obat kimia yang digunakan pada proses kemoterapi misalnya, dapat membunuh sel-sel baik sehingga imunitas penderita kanker kian melemah selama proses kemoterapi berjalan. Pemakaian obat-obat kimia jangka panjang juga bisa mengancam fungsi ginjal.

Akan tetapi, bagaimana pun kunyit putih tetap memiliki dampak negatif jika penggunaannya tidak sesuai standar yang dianjurkan. Supaya Anda bisa mendapatkan khasiat dan terhindar dari dampak buruknya, patuhi anjuran-anjuran berikut ini.

  • Hindari mengonsumsi ekstrak kunyit putih dalam bentuk apapun selama masa kehamilan. Kunyit putih dapat mengakibatkan keguguran atau cacat pada janin.
  • Kerja kunyit putih di dalam tubuh sangat kuat. Jadi, pastikan saat mengonsumsi ekstrak kunyit putih, pastikan perut tidak dalam keadaan kosong. Makanlah sebagaimana biasa. Atau, jika sakit membuat tidak berselera makan, minumlah susu sereal.
  • Untuk mendapatkan khasiat kunyit putih secara maksimal, pengonsumsiannya sangat baik bila dikombinasikan dengan tanaman herbal lain sepert sarang semut atau teh hijau. Tetapi, hindari menggabungkan penggunaan kunyit putih dengan keladi tikus karena efek samping yang ditimbulkannya sama-sama kuat.

Pada awal-awal mengonsumsi kunyit putih, sebagian pengguna akan merasakan lemas, pusing, disertai mual. Keluhan ini merupakan reaksi bahwa khasiat kunyit putih sedang bekerja di dalam tubuh. Jangan khawatir karena ini sama sekali tidak membahayakan dan hanya berlangsung selama beberapa hari saja.

Demikian informasi seputar manfaat kunyit putih sebagai obat kanker dan obat segala penyakit lainnya. Jika Anda sedang mengalami suatu penyakit, semoga dengan membaca artikel ini, masalah penyakit pun dapat teratasi.

Baca artikel lain mengenai Dosis Transfer Factor

2 thoughts on “Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 1 =