Manfaat Jinten Hitam

Manfaat Jinten Hitam dalam Pengobatan Kanker

Jinten hitam lebih dikenal dengan sebutan habbatussauda. Jinten hitam ini merupakan tanaman herbal yang banyak dikenal oleh para muslim. Ada banyak manfaat jinten hitam jika sudah rutin mengonsumsinya, salah satunya adalah sebagai obat untuk penyakit kanker.

Jinten Hitam

Jinten hitam sebenarnya adalah tumbuhan rempah-rempahan. Rupanya berbentuk butiran dengan biji yang berwarna hitam. butiran biji ini berukuran sangat kecil. Butiran biji inilah yang kemudian dipergunakan sebagai obat.

Tanaman jinten hitam dipercaya muncul dari Asia Barat Daya atau Timur Tengah. Kemudian digunakan oleh masyarakat luas yang ada di India dan Pakistan. Terlebih di dalam islam, jinten hitam dipercaya mampu menyembuhan banyak penyakit. Karena terdapat hadist yang menyatakan pernyataan Nabi Muhammad bahwa jinten hitam atau habbat sauda ini mampu menyembuhkan segala macam jenis penyakit, kecuali kematian.

Penggunaan jinten hitam ini untuk pengobatan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara mengonsumsi jinten hitam yang pertama adalah dengan cara langsung memanfaatkan biji rempahnya yang berukuran kecil dan berwarna hitam. Biji-biji ini biasanya direndam di dalam air selama beberapa saat dan kemudian diminum.

Cara lainnya yang saat ini banyak digunakan adalah cara instan. Cara instan ini diperoleh dari pengolahan jinten hitam terlebih dahulu. Ada pengolahan jinten hitam menjadi minyak atau pun serbuk. Minyak atau serbuk ini sejatinya dapat langsung dikonsumsi.

Hanya saja karena jinten hitam meninggalkan rasa yang pahit yang pekat serta aroma menyengat maka dilakukan pengemasan minyak atau serbuk ini di dalam kapsul. Muncullah beraneka ragam produk jinten hitam serbuk atau minyak dalam kemasan kapsul. Cara pengkonsumsian kapsul jinten hitam ini lebih banyak dipilih oleh sebagian orang saat ini.

Manfaat Jinten Hitam Untuk Kesehatan

Jinten hitam memang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jinten hitam memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah produksi sel T. sel T ini memiliki fungsi untuk melawan dan menghancurkan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh. Bahkan, dipercaya bahwa kemampuan jinten hitam untuk memproduksi sel T ini mencapai 72% lebih baik dibandingkan dengan placebo. Dengan konsumsi jinten hitam secara rutin, maka dipercaya akan mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan lebih tahan dari serangan berbagai penyakit, termasuk salah satunya adalah penyakit kanker.

Untuk kalangan usia lanjut, konsumsi jinten hitam ini akan sangat memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh. Terlebih bagi para usia lanjut di mana kebanyakan fungsi organ tubuh sudah semakin melemah, sehingga dengan konsumsi jinten hitam ini akan memberikan kemampuan yang lebih, serta mampu memberikan nutrisi yang diperlukan oleh sel otak. Dengan ini, mampu untuk mencegah para lansia dari pikun, karena mempertahan memori atau ingatan, serta mencegah penurunan daya kerja fungsi otak.

2. Memberikan Nutrisi

Nutrisi yang dimaksudkan adalah nutrisi tambahan untuk anak-anak, balita, dan juga ibu hamil. Kandungan pada jinten hitam yang baik sebagai penambah nutrisi adalah adanya omega 3, 6 dan 9. Fungsi dari kandungan ini adalah untuk memberikan rangsang pertumbuhan pada jaringan otak balita dan janin dalam kandungan ibu.

Selain itu, konsumsi jinten hitam juga baik bagi ibu menyusui. Jinten hitam ini mengandung lemak tak jenuh yang memiliki structural hormonal dengan kemampuan untuk mendorong produksi Asi serta melancarkan produksi tersebut.

3. Meningkatakan Ketajaman Memori

Hal ini berkaitan dengan kandungan asam linoleate dalam jinten hitam, tepatnya adalah omega 6 dan asam linoleate. Keduanya memiliki kemampuan untuk merangsan sel-sel yang ada pada syaraf otak. Dengan konsumsi jinten hitam secara teratur maka akan mampu untuk meningkatkan daya ingatan memori, membantu untuk lebih berkonsentrasi, membantu lebih focus, serta meningkatkan kecerdasan.

Selain itu, asam linolet juga mampu untuk memperbaiki kerja micro organisme dalam otak, sehingga sistem kerja dan fungsi otak akan lebih baik. Dengan ini, jinten hitam memang baik jika dikonsumsi anak-anak dan para lansia.

4. Menangkal  Racun yang Masuk ke dalam Tubuh

Dapat dikatakan bahwa kandungan senyawa yang terbaik dalam kandungan jinten hitam adalah saponin. Hal ini berkaitan dengan fungsi dari saponin itu sendiri, yaitu untuk menangkal racun yang berada di dalam tubuh serta darah kita. sehingga dengan ini mampu menjaga sistem kerja dan fungsi semua organ tubuh.

5. Memperbaiki Kualitas Saluran Pencernaan

Kandungan lain yang ditemukan di dalam jinten hitam adalah minyak atsiri dan volatif. Fungsi dari keduanya adalah sebagai obat anti diare serta untuk memperbaiki kualitas dari sistem pencernaan manusia. Terdapat penelitian yang membuktikan kemampuan dari minyak volatile yang mampu untuk menangkal bakteri kolera dan e.coli. Sehingga, jinten hitam juga baik untuk memperbaiki kualitas sistem pencernaan kita.

Dari penjelasan di atas, kita setidaknya dapat menemukan kandungan nutrisi lengkap yang dimiliki oleh jinten hitam. Setiap masing-masing nutrisii ini tentu saja memiliki fungsi dan manfaat masing-masing untuk kesehatan tubuh kita.

Bisakah Jinten Hitam untuk Kanker?

Melihat dari beberapa manfaat dari jinten hitam di atas, ada beberapa manfaat tersebut yang dapat dikaitkan dengan pengobatan kanker. Pertama adalah jinten hitam mampu untuk menangkal racun yang telah masuk di dalam tubuh.

Dalam hal ini, sel kanker dapat untuk dilawan dengan manfaat jinten hitam ini. Racun yang disebabkan oleh tumbuh kembang dari sel kanker ini akan dapat ditangkis perkembangannya.

Kedua, jinten hitam mampu untuk menghambat perkembangan dari sel-sel kanker. Terdapat satu penelitian yang dilakukan di Kalifornia Selatan yang memperlihatkan kemampuan jinten hitam dalam melawan perkembangan sel kanker ini.

Jinten hitam memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan serta meningkatkan pertumbuhan dari membrane sel-sel normal. Dengan kekuatan dari sel-sel normal ini maka akan mampu untuk menghadapi serangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan,  juga memberikan kemampuan untuk membunuh sel-sel kanker tersebut. Pada akhirnya, manfaat jinten hitam juga mampu untuk meningkatkan sistem immune tubuh manusia.

Efek Samping Konsumsi Jinten Hitam

Sebenarnya masih terdapat simpang siur dari efek samping pengkonsumsian jinten hitam ini. Namun, efek samping yang banyak dirasakan adalah keberadaan rasa pahit yang menyengat serta aroma yang cenderung tidak menyenangkan yang dihasilkan dari jinten hitam ini. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang merasa enggan untuk mengkonsumsinya.

Namun hal ini sudah banyak diatasi dengan keberadaan minyak atau serbuk jinten hitam yang dikemas di dalam kapsul. Walaupun memang keberadaan minyak jinten hitam yang tak dikemas dalam kapsul akan lebih memberikan manfaat, terutama pada pengobatan penyakit yang berhubungan dengan mulut atau tenggorokan dan kerongkongan. Konsumsi minyak jinten hitam secara langsung akan lebih dianjurkan.

Inilah bagaimana jinten hitam sebagai salah satu tanaman herbal yang bagi sebagian muslim dipercaya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan. Saat ini pun, hal ini sudah didukung oleh banyak penelitian yang membuktikan manfaat ini.

Baca artikel lain mengenai Ciri-Ciri Leukimia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.