Manfaat Jeruk Nipis untuk Kanker

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kanker yang Sering Terabaikan

manfaat jeruk nipis untuk kankerAnda tentu tahu bahwa jeruk memiliki banyak manfaat. Sejak zaman dulu, jeruk nipis sering digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan. Dalam bidang kesehatan, jeruk nipis sering dijadikan sebagai salah satu bahan ramuan untuk mengobati batuk, mencegah pembentukan ginjal, menangkal radikal bebas, menurunkan panas, dan sebagainya. Sementara itu, dalam bidan kecantikan, jeruk nipis sering digunakan untuk masker mencerahkan wajah, menghilangkan flek hitam, antipenuaan, dan sebagainya.

Nah, kali ini kami akan membahas tentang manfaat jeruk nipis untuk kanker. Berdasarkan hasil penelitian, jeruk nipis diketahui mengandung senyawa yang dapat menangkal sel-sel kanker. Inilah yang kemudian membuat jeruk nipis dipercaya dapat mencegah dan melawan sel-sel kanker. Untuk lebih jelasnya, simak informasinya berikut.

Kandungan dan Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi dan senyawa aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam jeruk nipis ini diantaranya lemak, protein, serta, karohidrat, fosfor, dan kalsium. Dengan kandungan inilah tak heran jika jeruk nipis sering digunakan dalam beragam produk obat. Misanya saja kandungan limonene yang dapat mencegah kanker, Vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta flavonoid yang dapat mengancurkan asam lemak jahat.

Jeruk nipis juga mengandung Asam Sitrat yang memiliki sifat meluruhkan batu ginjal, serta serat yang dapat menekan munculnya penyakit jantung. Tak hanya itu, buah jeruk nipis ini juga dapat melancarkan pencernaan, mengurangi bau badan, mencega timbulnya berbagai penyakit dalam pembuluh darah, membersihkan usus besar, mengatasi iritasi pada lambung, dan sebagainya.

Jeruk Nipis untuk Kanker

Senyawa yang cukup mencolok dari jeruk nipis adalah limonene. Kandungan limonene yang tinggi pada jeruk nipis ini mampu menurunkan risiko kanker. Dengan mengonsumsi jeruk nipis secara teratur, diyakini dapat meminimalisasi terserang kanker yang sangat berbahaya, terutama kanker payudara pada kaum wanita. Kandungan limonene ini juga memiliki fungsi mengurangi risiko kanker sel squamosa.

Limonene juga dapat mengikat kolesterol dalam tubuh serta menghilangkan rasa mulas yang disebabkan oleh Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD). Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) ini adalah gangguan yang terjadi pada proses masuknya makanan ke lambung.

Dalam terapi jeruk nipis, ada aturan yang harus dilakukan. Terapi jeruk nipis ini dilakukan dalam 3 siklus secara beruntun. Setiap siklus diberlakukan waktu istirahat 1 minggu. Satu siklus terapi selama 20 hari.

Dari hari ke-1 hingga ke-10, konsumsi jeruk nipis sesuai dengan jumlah hari (hari ke-1 satu butir, hari ke-2 dua butir, dan seterusnya hingga hari ke-10 sepuluh butir). Pada hari ke-11 hingga ke-20, kebalikan dari sebelumnya. Jumlahnya menurun. Jadi, pada hari ke-11 konsumsi 10 butir, hari ke-12 konsumsi 11, hingga hari ke-20 konsumsi 1 butir.

Jeruk nipis yang dikonsumsi adalah air perasannya saja. Pada hari ke-21 hingga hari ke-27, tidak minum air jeruk nipis. Hari ke-28 minum lagi seperti siklus pertama. Selama terapi, minumlah air hangat secukupnya. Lakukan terapi ini 3 siklus secara berturut-turut.

Bagaimana Cara Mengolah Jeruk Nipis untuk Atasi Kanker?

Hampir semua bagian dari jeruk nipis bisa digunakan sebagai obat herbal. Mulai dari daging buahnya hingga kulitnya. Dalam hal pengolahan, jeruk nipis tergolong buah yang dapat dimakan dalam berbagai variasi. Biasanya jeruk nipis ini digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan. Padahal sebenarnya jeruk nipis juga dapat dibuat sebagai olahan minuman misalnya saja es jeruk. Namun sebaiknya hindari penggunaan gula dalam ramuan pengobatan ini.

Untuk pengobatan tertentu, jeruk nipis dikonsumsi dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan bahan lain. Untuk Anda yang memiliki masalah dengan lambung, dapat mencampurkannya dengan teh dan sedikit saja gula batu.

Tujuannya adalah agar iritasi pada lambung bisa terhindari. Hal yang harus diperhatikan adalah jeruk nipis ini termasuk buah yang bisa rusak jika penyimpanannya salah. Buah ini sebaiknya disimpan di tempat yang dingin. Oleh karenanya, simpanlah jeruk nipis ini di tempat dengan suhu minimum 7° C.

Manfaat Lain dari Jeruk Nipis

Bagi Anda yang tidak memiliki penyakit apapun, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk menjaga stamina atau kesehatan. Jeruk nipis ini mengandung senyawa alkali yang sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh. Pada pagi hari, minumlah air perasan jeruk nipis dari satu butir jeruk nipis dan tambahkan dengan setengah gelas air hangat. Minumlah air tersebut sebelum Anda minum dan makan sesuatu atau saat bangun pagi.

Nah, demikianlah kiranya informasi tentang manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, terutama untuk menangkal kanker. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, terutama yang tengah mencari informasi tentang pengobatan alternatif atau pengobatan komplementer (pelengkap) saat menjalankan pengobatan kanker. Selamat mencoba.

Baca artikel lain mengenai Pola Hidup Sehat

2 thoughts on “Manfaat Jeruk Nipis untuk Kanker”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =