Manfaat Daun Sukun

Manfaat Daun Sukun untuk Penyakit Kanker

Bisa dibilang bahwa saat ini penyakit kanker dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis penyakit yang amat ditakuti, walaupun saat ini banyak sekali dijumpai jenis penyakit kanker yang sangat beragam. Kanker menjadi penyakit yang ditakuti karena termasuk penyakit yang mematikan. Selain itu, dalam pengobatannya, kanker juga membutuhkan banyak sekali biaya. Hanya saja, pada waktu belakangan ini, terdapat beberapa penelitian ilmiah yang membuktikan adanya beberapa jenis tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat sebagai obat untuk penyakit kanker. Salah satunya adalah manfaat daun sukun yang dapat digunakan dalam pengobatan penyakit kanker.

Daun Sukun dari Pohon Sukun

Pohon sukun merupakan jenis tanaman yang menghasilkan buah, buahnya dikenal dengan nama sukun. Pohon sukun ini termasuk jenis pohon yang memiliki batang pohon yang tinggi. Semakin tua usia pohon sukun ini, maka akan semakin tinggi batang pohonnya. Bahkan tinggi pohon sukun dapat mencapai 30 meter. Walaupun pada umumnya, ketinggian batang pohon sukun hanya mencapai belasan meter saja.

Pohon sukun menghasilkan buah sukun yang berbentuk bulat seperti bola. Dengan penampilan luar berwarna hijau dan bagian daging buahnya tidak memiliki biji dan terasa empuk. Bagian daging buah inilah yang biasanya digunakan, yaitu dengan cara dimasak atau digoreng. Daging buah sukun ini mengandung karbohidrat dan juga terasa manis.

Di beberapa daerah di tanah air, pohon sukun dapat ditemukan dengan mudah, namun dengan penyebutan yang berbeda.misalnya di daerah Sunda, sukun dikenal dengan nama kulur, atau di Aceh dikenal dengan Kulu, dan di Minang, disebut dengan Kalawi.

Daun pohon sukun berwarna hijau, dengan jenis daun yang menyirip. Daun ini terlihat memiliki struktur yang agak keras. Pada bagian atas daun cenderung berwarna hijau tua, dengan struktur kusam, kasar dan memiliki bulu halus pada bagian bawahnya.  Pohon sukun juga menghasilkan bnga yang berada dekat dengan ujung ranting.

Pemanfaatan pohon sukun ini adalah diambil buah dan daunnya. Buah sukun yang masih mentah dapat dioleh menjadi kripik sukun. Sedangkan buah yang sudah matang bisa diolah menjadi panganan dengan cara direbus dan digoreng. Untuk daun sukun, biasanya digunakan sebagai pakan ternak.

Buah pohon sukun ini mengandung kadar protein yang cukup tinggi. Selain itu, juga mengandung lemak jenuh, kolesterol dan sodium dalam level yang rendah. Sukun juga memiliki kandungan Omega 3 dan Omega 6 yang memiliki manfaat untuk mengatur metabolisme tubuh. Buah pohon sukun ini memiliki kandungan serat yang tinggi.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari daun sukun ini. Yang pertama adalah untuk menyehatkan ginjal. Daun sukun memiliki kandungan akan saponin, asam hidrosianat, dan kalium yang membantu dalam menghancurkan batu ginjal yang menumpuk. Dengan konsumsi air rebusan daun sukun secara teratur setiap harinya, maka akan mampu untuk membantu mengurai batu ginjal. Uraian ini akan terbawa di dalam urine dan keluar dari tubuh. Dengan ini maka akan membantu untuk menyehatkan ginjal.

Manfaat selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Kandungan yang ditemukan di dalam daun sukun adalah zat fenol dan quercetin yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, daun sukun juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, sehingga dengan ini mampu untuk melancarkan peredaran darah.

Selanjutnya, terdapat penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat konsumsi air rebusan daun sukun untuk mengatur kadar gula di dalam darah, terutama bagi penderita diabetes.  Kandungan senyawa flavonoid yang ditemukan di dalam daun sukun memiliki sifat anti diabetes yang kuat sehingga mampu untuk menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah.

Manfaat lain yang ditemukan dari daun sukun adalah kemampuannya dalam melawan asam urat, penyakit hati, dan juga peradangan atau inflamasi, karena ditemukan juga sifat anti inflamasi dalam senyawa dari daun sukun.

Manfaat daun sukun yang saat ini telah berhasil ditemukan melalui beberapa penelitian ilmiah adalah manfaatnya sebagai obat kanker dan juga untuk pencegahan penyakit kanker. Beberapa kandungan daun sukun yang telah disebutkan di atas mendukung untuk manfaat ini, sebut saja seperti kandungan flavonoid, dan juga tannin.

Selain daun pohon sukun yang memiliki khasiat untuk kesehatan, buah dari pohon sukun ini pun dapat digunakan sebagai bahan untuk pengobatan. Buah dari pohon sukun memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini membantu untuk mengurangi penyerapan glukosa di dalam darah. Sehingga dengan ini sangat baik untuk dikonsumsi penderita penyakit diabetes.

Cara Mengolah Daun Sukun untuk Atasi Penyakit Kanker

Daun sukun memang memiliki rasa yang cukup pahit atau getar. Sehingga, memang cocok untuk digunakan sebagai jamu yang identic dengan rasa pahit. Dalam pengolahan daun sukun sebagai obat anti kanker, daun sukun lebih dianjurkan untuk diambil daun yang telah kering. Daun sukun terlebih dahulu dijemur untuk dikeringkan.

Kemudian, setelah daun sukun ini kering, maka daun sukun kering akan direbus dengan beberapa gelas air. Sebaiknya memang memetic langsung daun sukun dari pohonnya. Dianjurkan untuk memilih daun sukun yang sudah cukup tua, atau yang sudah berwarna agak kekuningan.

Kualitas daun juga harus diperhatikan, sebaiknya memilih daun yang bagus dan masih segar. Tidak dianjurkan untuk memilih daun yang memiliki cacat seperti terdapat lubang, adanya kotor atau warna daunnya tidak merata.

Proses perebusan membutuhkan waktu selama beberapa menit. Sampai air rebusan hanya tersisa separuh dari air rebusan awal. Air rebusan ini kemudian disaring untuk hanya diminum hanya airnya saja tanpa tercampur daun sukunnya. Proses perebusan ini juga dianjurkan untuk tidak menggunakan panci yang terbuat dari aluminium, sebaiknya lebih memilih menggunakan panci yang terbuat dari tanah. Hal ini untuk menghindari adanya pencampuran senyawa dengan kandungan aluminium yang ada di dalam panci.

Peminuman air rebusan daun sukun ini seharusnya dilakukan secara rutin dan teratur. Bahkan dikatakan bahwa periode peminuman ini sampai waktu satu bulan. Tentu saja, hal ini adalah untuk memaksimalkan kerja dari senyawa yang ada di dalam daun sukun pada organ tubuh kita.

Seperti yang telah disebutkan, daun sukun ini menghasilkan rasa yang cenderung pahit atau getar. Untuk mensiasati rasa pahit ini dari air rebusan daun sukun, dapat ditambahkan beberapa tetes madu atau gula batu. Tentu saja hal ini dapat dilakukan bagi siapa saja yang tak tahan dengan rasa pahit yang dihasilkan.

Inilah penjelasan bagaimana manfaat daun sukun bagi kesehatan. Mungkin pada awalnya, daun sukun hanya digunakan sebagai pakan ternak saja. Namun, dengan kemajuan teknologi dan dibuktikan oleh beberapa penelitian, daun sukun dipercaya memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat anti kanker. Hal ini dapat membantu penderita penyakit kanker untuk mendapatkan pengobatan yang munjarab namun dengan harga yang terjangkau.

Baca artikel lain mengenai Ciri-Ciri Leukimia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.