Manfaat Daun Pepaya untuk Kanker

Manfaat Daun Pepaya untuk Kanker Sebagai Pengobatan Alami

manfaat-daun-pepaya-untuk-kankerManfaat daun pepaya untuk kanker saat ini banyak diteliti lebih lanjut sebagai kemungkinan obat alternatif dari herbal. Daun pepaya yang memiliki rasa pahit ini telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman dahulu. Hingga saat ini daun pepaya masih sering dibuat sebagai jamu untuk mengobati berbagai penyakit dan menambah nafsu makan. Pepaya dengan nama latin Carica papaya ini merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian nomor dua setelah penyakit jantung di dunia. Umumnya pengobatan kanker menggunakan cara pembedahan, radiasi dan kemoterapi. Namun cara pengobatan tersebut menimbulkan efek samping yang juga memengaruhi sel sehat. Sehingga dicari cara untuk pengobatan penyakit kanker yang tidak menimbulkan efek samping pada sel sehat tubuh. Salah satu caranya adalah mencari sumber pengobatan dari tumbuhan alami seperti daun pepaya.

Kandungan yang Ada dalam Daun Pepaya

Di dalam daun pepaya mengandung beberapa zat aktif. Dalam 100 gram daun pepaya mengandung energi 79 kkal, protein 8 gram, lemak 2 gram, karbohidrat 11,9 gram, kalsium 353 miligram, fosfor 63 miligram, zat besi 1 miligram, vitamin A 18.250 IU, vitamin B1 0,15 miligram dan vitamin C 140 miligram. Selain itu juga mengandung zat aktif papain, karpain dan carposida. Kandungan papain pada daun pepaya biasanya dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan dan melunakkan daging.

Kandungan daun pepaya yang efektif untuk melawan sel kanker yaitu senyawa karpain. Senyawa karpain ini adalah suatu alkaloid dengan cincin laktonat yang terdiri dari 7 rantai metilen. Senyawa ini tidak hanya efektif untuk melawan sel kanker saja namun juga efektif untuk melawan sel tumor dan mikroorganisme berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Kandungan ekstrak daun pepaya sebagai obat alternatif untuk melawan sel kanker telah diteliti dan hasil penelitiannya dipublikasikan pada Journal of Ethnopharmacology.

Cara Kerja Daun Pepaya untuk Atasi Kanker

Daun pepaya sebagai obat kanker yang alternatif terus diteliti. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya sangat efektif untuk melawan sel-sel kanker. Manfaat daun pepaya untuk kanker telah dilakukan penelitian yang berkelanjutan. Molekul sitokin tipe Th1 yang dihasilkan oleh ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga tubuh dapat mempertahankan diri terhadap serangan sel-sel kanker yang menyerang sistem imunitas tubuh.

Manfaat daun pepaya untuk kanker juga dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mengatur T-sel yang akan meningkatkan kemampuan sel tubuh terhadap respon sistem imunitas tubuh terhadap sel kanker. Kandungan Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan menangkan radikal bebas serta meningkatkan sistem imunitas tubuh. Klorofil sebagai zat hijau daun yang terkandung di dalam daun pepaya dapat berfungsi sebagai antioksidan, memperbaiki sel rusak dan membantu pertumbuhan sel sehat di dalam tubuh.

Daun pepaya yang dibuat menjadi ekstrak akan menghasilkan metanol. Kandungan metanol ini dapat memengaruhi pertumbuhan sel kanker dengan cara menghambat replikasi DNA sel kanker sehingga pertumbuhan sel kanker akan terhambat.

Manfaat daun pepaya untuk kanker akan bermanfaat untuk pemacuan atau induksi apoptosis dan merusak DNA sel kanker terutama pada kanker yang solid, misalnya kanker payudara. Cara kerja dari daun pepaya ini akan memengaruhi perkembangbiakan sel kanker. Pada pengamatan terhadap sel kanker akan tampak sel mengalami pengerutan dan kerusakan plasma membran sel. Dan pada akhirnya sel kanker akan mengalami kematian.

Ekstrak daun pepaya yang digunakan untuk mengobati sel kanker tidak memengaruhi sel sehat. Lain halnya jika pengobatan kanker menggunakan obat-obatan kimiawi atau kemoterapi yang juga dapat memengaruhi sel sehat.

Khasiat daun pepaya untuk kanker diteliti pada pemberian selama 24 jam. Setelah 24 jam kemudian diperoleh hasil bahwa pertumbuhan sel kanker menjadi lebih lambat.

Cara Mengolah Daun Pepaya untuk Pengobatan

Ekstrak dari daun pepaya sebagai obat kanker yang dikeringkan memberikan efek lebih kuat dalam perlawanan dengan sel kanker. Kondisi ini justru memberikan kemudahan dalam pengolahan daun pepaya sebagai obat alternatif untuk melawan sel kanker.

Untuk membuat simplisia kering daun pepaya caranya sangat mudah. Daun pepaya dibersihkan menggunakan air bersih yang mengalir. Kemudian daun pepaya diiris tipis untuk memudahkan pada proses pengeringan. Proses pengeringan dilakukan dengan cara diangin-anginkan dan sebaiknya menghindari terkena sinar matahari langsung. Daun pepaya yang sudah kering disimpan dalam botol kaca tertutup pada suhu kamar. Saat mengonsumsinya dengan cara ditumbuk dan dimasukkan ke kapsul kemudian diminum 3 kali sehari.

Pengobatan kanker menggunakan daun pepaya juga dapat dilakukan dengan membuat jus daun pepaya. Daun pepaya yang sudah bersih dicampur dengan air secukupnya. Blender hingga halus dan disaring. Minum jus daun pepaya secara teratur 2 kali sehari.

Efek Samping dari Daun Pepaya

Daun pepaya merupakan tumbuhan alami yang biasa dikonsumsi oleh manusia dan telah biasa digunakan untuk pengobatan secara tradisional. Menurut penelitian yang telah dilakukan, ekstrak daun pepaya untuk pengobatan kanker tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi sesuai dosis.

Saat mengolah daun pepaya sebaiknya berhati-hati agar benar-benar bersih dari getahnya. Pada orang yang sensitif getah pepaya dapat merusak dan melukai jaringan kulit. Getah daun pepaya juga dapat bersifat iritasi, memicu asma, rhinitis dan gastritis berat. Bagi ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi daun pepaya karena dapat berpengaruh terhadap janin dan menyebabkan keguguran.

Manfaat daun pepaya untuk kanker ini dapat menjadi alternatif pengobatan yang tidak menimbulkan efek samping pada sel yang sehat. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Soda Kue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.