Manfaat Daun Mangkokan

Manfaat Daun Mangkokan Yang Luar Biasa untuk Mengatasi Kanker

Berdasarkan data dari WHO, di dunia ini ada 21 ribu jenis flora yang mengandung khasiat herbal. Sifat farmakologinya berbeda-beda, ada yang ringan ada pula yang sangat kuat sehingga pemanfaatannya pun harus dalam pengawasan ahli herbal. Salah satu tanaman herbal yang akan kita kupas pada artikel ini adalah daun mangkokan.

Daun mangkokan atau dengan nama latin Nothopanax Scutellaium Merr merupakan tumbuhan liar tak ubahnya gulma. Sering ditemukan di ladang-ladang atau di pinggiran sungai. Sebagai tumbuhan liar, daun mangkokan cukup tangguh untuk mempertahankan hidupnya sendiri. Sehingga tidak membututuhkan perawatan lebih. Namun jika ingin dibudidayakan, cukup dengan melakukan cara stek batang saja.

Daun mangkokan sangat menyukai tempat-tempat terbuka dengan ketingian 1-200 mdpl. Namun, tumbuhan ini akan lebih subur dan hijau jika terlalu banyak terkena sorot matahari. Karena itu daun mangkokan suka sekali tumbuh di antara tanaman-tanaman lain yang berukuran lebih besar dan tinggi. Dari namanya, mudah bagi kita membayangkan bagaimana ciri khasnya. Yang paling utama, jelas daun mangkokan berbentuk seperti mangkok bulat karena permukaan daun berlekuk ke dalam. Daun mangkokan merupakan daun tunggal dengan diameter sekitar 6-12 cm. Bertepi gerigi dan bertulang sirip. Permukaan daunnya licin dan agak mengkilap.

Sebenarnya, daun mangkokan dilengkapi dengan bunga majemuk. Hanya saja, jarang sekali tanaman ini menampakkan bunganya sehingga patut sebagian besar orang tak mengetahuinya. Bunga daun mangkokan berbentuk seperti payung dan berwarna hijau, hampir-hampir mendekati warna hijau daunnya sendiri. Selain itu, daun mangkokan juga dilengkapi dengan buah yang berbentuk pipih dan lagi-lagi berwarna hijau. Sedangkan bijinya berukuran sangat kecil, keras, dan berwarna cokelat.

Masing-masing daerah di Indonesia menyebut daun mangkokan ini dengan nama yang berbeda-beda, seperti Mamanukan (Sunda), Ndalido (Pulau Roti), Mangko-mangko (Makassar), Pohon Mangkok (Sumatera), Papeda (Ambon), Godong Mangkokan (Jawa)

Berbagai Manfaat Daun Mangkokan dalam Pengobatan Herbal

Dahulu, khasiat herbal daun mangkokan hanya diketahui oleh segelintir orang saja, seperti kalangan terapis herbal, sinshe, dan ilmuan. Selebihnya, memanfaatkan daun ini sebagai tanaman pagar, tempat makan pengganti piring atau mangkok, lalapan, pelengkap sayuran dalam bubur dan gulai ikan, bahkan untuk makanan ternak juga.

Dalam dunia herbal sendiri, daun mangkokan punya peran besar. Beragam manfaat untuk kesehatan bisa didapat dari daun mangkokan. Sekurang-kurangnya seperti yang tertera di bawah ini:

1. Mengatasi Rabun Dini

Rabun atau penurunan kemampuan mata dalam melihat umumnya dialami oleh orang-orang berusia lanjut. Tetapi, kini anak-anak usia sekolah pun banyak yang mengalaminya. Lihat saja, cukup banyak anak-anak yang sudah berkacamata tebal padahal usia mereka masih sangat belia.

Salah satu cara untuk mencegah rabun adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A bukan hanya banyak terdapat pada wortel saja, tapi juga daun mangkokan. Membiasakan diri mengonsumsi sayur mangkokan dapat memperkuat syaraf-syaraf mata sehingga terhindar dari risiko rabun dini.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung vitamin A, daun mangkokan juga dilengkapi dengan vitamin B. Mengonsumsi daun mangkokan sedari muda dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang hingga masa tua tiba.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang kurang lancar dapat mendatangkan berbagai macam penyakit, contohnya penyakit jantung. Darah berperan mengedarkan nutrisi dari segala yang kita makan ke seluruh tubuh. Apabila peredaran darah tersumbat, maka nutrisi tersebut tidak tersampaikan dengan baik. Sehingga lambat laun fungsi organ menjadi lemah.

Banyak penyebab aliran darah di dalam tubuh terhambat. Bisa karena obesitas, bisa pula karena kurangnya zat besi. Cobalah atasiĀ  masalah ini dengan rajin mengonsumsi daun mangkokan. Banyak orang yang sudah membuktikan sendiri hasilnya.

4. Sariawan

Jangan anggap sepele soal sariawan, terutama pada anak kecil. Rasa perih yang ditimbulkannya, sering membuat anak-anak rewel dan susah makan. Apalagi bila sariawan tumbuh di bagian-bagian yang mudah mengalami gesekan, seperti lidah.

Sariawan sebetulnya mudah dicegah dan diatasi asal asupan vitamin C tercukupi dengan baik. Salah satu tanaman yang mengandung vitamin C dan ampuh mempercepat penyembuhan sariawan ya daun mangkokan ini.

5. Mencegah Kebotakan

Kebotakan erat kaitannya dengan kerontokan rambut yang terjadi terus menerus. Kerontokan sendiri bisa disebabkan karena perlakuan buruk pada rambut (menyisir terlalu sering dan kuat, terlalu sering terpapar panas matahari dan alat-alat hair stylist, dll), kurang nutrisi, stress, penyakit, atau pengonsumsian obat-obat yang terlalu keras.

Untuk mengatasi masalah kebotakan, Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari daun mangkokan dan minyak kelapa.

Fakta Daun Mangkokan untuk Atasi Kanker

Fakta lain yang lebih mengejutkan, ternyata daun mangkokan juga efektif mengatasi penyakit kanker! Siapa yang tidak tahu penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit berbahaya yang sangat mengancam nyawa. Sedikit penderita kanker yang dapat bertahan hidup lama. Namun, harapan hidup sesungguhnya bisa ditingkatkan jika penderita melakukan perawatan serta pengobatan secara tepat dan benar.

Dalam pengobatan kanker berbasis herbal, daun mangkokan sering diunggulkan sebagaimana daun sirsak. Daun mangkokan memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga ampuh menangkal dampak radikal bebas. Sifat antioksidan itu sendiri tak terlepas dari senyawa-senyawa antikanker yang tersimpan di dalam daun mangkokan. Sebut saja di antaranya seperti senyawa Alkaloida, Flavonoid, Polifenol, dan Saponin. Keempatnya diketahui tangguh mematikan sel-sel kanker, memblok penyebarannya agar tidak meluas dan merusak organ-organ terdekat, mempercepat penyembuhan luka, serta menghentikan peradangan. Selain keempat senyawa tersebut, kandungan nutrisi dari daun mangkokan juga turut memelihara kekuatan antibodi sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Dari berbagai kasus kanker, metode penyembuhan kanker menggunakan daun mangkokan sering ditujukan untuk penderita kanker payudara, mulai dari stadium awal hingga stadium lanjut. Dengan perawatan yang benar dan tepat, benjolan tumor ganas serta luka yang ditimbulkannya berangsur menyusut dan sembuh.

Cara Mengolah Daun Mangkokan Sebagai Obat Kanker

Untuk mengobati penyakit kanker, terutama kanker payudara, daun mangkok dapat diolah mengikuti dua resep berikut ini.

Resep I

  • Sediakan 5-7 lembar daun mangkokan yang sudah cukup tua. Cuci bersih terlebih dahulu agar debu yang melekat di permukaannya luruh.
  • Siapkan kunyit kira-kira seukuran dua ruas jari. Kupas lalu parut.
  • Tuang minyak kelapa (VCO) ke dalam mangkok berbahan kaca. Kemudian masukkan daun mangkokan yang sudah dicuci bersih tadi beserta parutan kunyit.
  • Remas-remas daun mangkokan tersebut di dalam minyak agar ekstraknya keluar.
  • Terakhir, panaskan mangkok berisi minyak dan ekstrak daun mengkokan tadi di atas api. Jika sudah sudah terasa hangat, oleskan perasan daun mangkokan tersebut ke payudara yang terkena tumor.

Resep II

  • Sediakan kira-kira 9- 13 lembar daun mangkokan (tergantung seberapa luas luka atau besarnya benjolan tumor yang tampak dari luar). Cuci bersih terlebih dahulu.
  • Tumbuk daun mangkokan yang telah bersih hingga halus. Lalu, letakan pada benjolan tumor dan balut dengan perban. Biarkan hingga seharian penuh. Ulangi cara yang sama pada hari-hari berikutnya.

Selama menjalani pengobatan herbal ini, jauhi hal-hal yang dapat memperburuk kondisi kesehatan seperti mengonsumsi makanan berpengawet, minuman beralkohol, bergadang, dan merokok. Lakukan pengecekan medis untuk mengetahui perkembangan sel kanker.

Demikian artikel seputar manfaat luar biasa dari daun mangkokan. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Yoga untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =