Manfaat Daun Binahong untuk Kanker

Manfaat Daun Binahong untuk Kanker Payudara

manfaat-daun-binahong-untuk-kankerManfaat daun binahong untuk kanker sedang diteliti sebagai kemungkinan pengobatan alternatif dari herbal. Seperti yang banyak diketahui bahwa penyakit kanker menjadi pembunuh kedua setelah penyakit jantung. Dan saat ini cukup banyak orang yang menderita penyakit kanker akibat dari pola makan salah, pola hidup tidak sehat dan stres.

Saat ini penyakit kanker payudara banyak diderita oleh wanita meskipun penyakit ini dapat juga menyerang pada pria. Pengobatan menggunakan bahan-bahan kimia dikhawatirkan dapat berdampak pada pertumbuhan sel yang sehat. Sehingga beberapa pengobatan alami menggunakan herbal menjadi pilihan. Daun binahong dapat menjadi alternatif pengobatan kanker payudara secara herbal. Khasiat daun binahong untuk kanker payudara sedang dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

Pengobatan kanker yang ada sekarang ini berupa pembedahan, radiasi, dan kemoterapi. Cara pengobatan tersebut menimbulkan efek samping bagi sel tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dicari alternatif pengobatan penyakit kanker yang tidak menimbulkan efek samping untuk sel sehat. Salah satu tanaman yang diteliti adalah daun binahong. Manfaat daun binahong untuk kanker terus diteliti agar memperoleh alternatif pengobatan kanker yang lebih efektif dan aman.

Kandungan dalam Daun Binahong

Di dalam daun binahong sendiri mengandung alkaloid, asam oleanolik, D-galaktose, D-glukosa, flavonoid, L-arabinosa, L-rhamnose, minyak atsiri, mono polisakarida, polifenol, protein, saponin, dan Vitamin C. Kandungan di dalam daun binahong memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh. Jika imunitas tubuh kuat maka sel yang sehat dapat melakukan pertumbuhan dengan optimal dan sel kanker akan kalah.

Kandungan protein yang ada di dalam daun binahong bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, merangsang pembentukan antibodi, merangsang pembentukan sel baru, dan membantu mengganti sel rusak.

Kandungan aktif di dalam daun binahong yang efektif untuk melawan sel kanker, yaitu alkaloid, asam fenolat, flavonid, polifenol, dan saponin triterpenoid. Manfaat daun binahong untuk kanker dapat diperoleh lebih efektif dengan menyaring kelima zat aktif tersebut. Biasanya pengolahan secara farmasi akan dibuat ekstrak daun binahong menggunakan suatu pelarut. Hasil ekstrak yang diperoleh dapat memisahkan zat aktif pada daun binahong tersebut.

Cara Kerja Daun Binahong Melawan Sel Kanker

Cara kerja zat aktif pada daun binahong ini adalah dengan meninisiasi sel kanker. Enzim-enzim yang dibutuhkan untuk proses siklus sel kanker dihambat sehingga sel kanker tidak berkembang. Zat aktif flavonoid akan merusak membran sel dan dinding sel kanker sehingga menyebabkan sel kanker menjadi mati. Proses penghambatan dan perusakan sel kanker tersebut hanya merusak sel kankernya saja tanpa memengaruhi sel yang sehat. Sehingga kondisi ini yang menjadi dasar dari pemilihan pengobatan kanker menggunakan bahan herbal alami.

Cara Pengolahan Daun Binahong untuk Atasi Kanker Payudara

Khasiat daun binahong untuk kanker payudara akan semakin efektif apabila dalam bentuk serbuk kering. Serbuk daun binahong kering lebih efektif untuk pengobatan kanker karena keseluruhan simplisia daun ikut dikonsumsi.

Cara membuat daun binahong kering sangat mudah. Daun binahong dicuci dengan menggunakan air mengalir untuk membersihkan dari kotoran yang mungkin menempel. Iris-iris tipis daun binahong dan letakkan di atas tempat yang luas seperti nampan. Keringkan irisan daun binahong dengan cara diangin-anginkan. Hindarkan menjemur daun binahong dari cahaya matahari secara langsung. Biasanya proses penjemuran daun binahong hingga kering membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari. Simpan daun binahong kering di tempat tertutup rapat dari kaca. Hindarkan dari panas sinar matahari dan lembab.

Jika ingin menggunakan tinggal menumbuk halus daun binahong dan masukkan ke dalam kapsul agar mudah saat mengkonsumsinya. Untuk pengobatan kanker dapat diminum 3 kali sehari.

Manfaat dan cara mengolah daun binahong yang lebih mudah juga dapat dilakukan dengan merebusnya. Pilih daun binahong yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Bersihkan daun binahong dengan menggunakan air mengalir hingga bersih. Rebus segenggam daun binahong atau sekitar 200 gram dalam segelas air dan saring, kemudian diminum 2 kali sehari.

Manfaat daun binahong untuk kanker payudara juga dapat dilakukan dengan cara menumbuk halus daun binahong bersih dan dibalurkan di benjolan. Pada pemakaian yang teratur akan diperoleh ukuran benjolan berkurang.

Efek Samping yang Dimilikinya

Pengobatan dengan menggunakan bahan alami atau pengobatan secara herbal cenderung tidak menimbulkan efek samping untuk kesehatan. Pengobatan herbal menggunakan daun binahong ini dapat menjadi suatu alternatif untuk mengobati penyakit kanker terutama kanker payudara. Namun sebaiknya digunakan sesuai dengan dosis.

Jika daun binahong dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan jantung berdebar, sakit kepala, pusing, gelisah, mudah marah, kesemutan, insomnia, mual, muntah, nafsu makan berkurang, dan sulit buang air kecil. Efek samping tersebut ditimbulkan dari kandungan senyawa ephedrin pada daun binahong tersebut. Apabila daun binahong dikonsumsi bersamaan dengan kandungan simultan, seperti kafein pada kopi akan membuat peningkatan efek samping daun binahong.

Berbeda jika pengobatan dilakukan menggunakan obat-obatan kimia. Penggunaan obat kimia untuk pengobatan dapat memengaruhi sel yang sehat. Sel sehat dapat menjadi rusak dan hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih lemah dan terkadang menimbulkan suatu penyakit baru.

Pengobatan saat ini dengan bahan alami sedang digalakkan kembali. Salah satunya dengan menggunakan manfaat daun binahong untuk kanker. Perlu penelitian lebih lanjut agar daun binahong dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Soda Kue

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.