Manfaat Daun Balakacida

Manfaat Daun Balakacida untuk Jauhkan Kanker

Siapa yang pernah mendengar tentang tanaman balakacida? Bagian daun dari balakacida ini ternyata bisa menjadi obat untuk mencegah dan mengatasi kanker, lho. Penasaran dengan manfaat dan seperti apa itu balakacida? Simak pembahasan berikut.

Kenali Daun Balakacida

Daun bakalacida memiliki nama ilmiah Chromolaena odorata. Sebagian orang mungkin mengenal nama daun balakacida ini dengan sebutan daun kirinyuh. Ya, karena nama lain yang popular dari tanaman herbal ini adalah kirinyuh. Daun balakacida berasal dari tanaman balakacida atau kirinyuh yang sebenarnya merupakan jenis tanaman gulma yang bagi para petani dianggap sebagai hama. Tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat dan jika di ladang pertanian, dapat mengganggu pertumbuhan dan merusak tanaman inti. Akan tetapi, ternyata di balik sifatnya yang menjadi hama bagi tanaman petani, tanaman balakacida ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, tanaman balakacida ini banyak dicari.

Manfaat Umum Daun Balakacida

Daun dari tanaman balakacida ini adalah bagian yang paling banyak memberikan manfaat terutama untuk kesehatan. Secara umum, berikut beberapa manfaat dari daun balakacida yang banyak dicari orang.

1. Mengobati Luka Gores

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman balakacida adalah mengobati luka gores akibat benturan atau kecelakaan kecil. Tanaman balakcida bisa dijadikan penyembuh luka alami yang cara peggunaanya sangat mudah. Terdapat dua cara untuk menyembuhkan luka gores menggunakan tanaman balakacida ini yaitu dengan memanfaatkan batang dan daunnya. Mengobati luka gores dengan bagian batangnya adalah dengan meneteskan cairan yang keluar dari bagian batang balakacida pada luka gores. Sedangkan mengobati luka gores dengan bagian daunnya, caranya adalah dengan menumbuk halus daun balakacida kemudian menempelkannya pada luka gores.

2. Sebagai Obat untuk Mencegah Diabetes

Tanaman balakacida ternyata memiliki khasiat utuk membantu mengontrol kadar gula yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu kandungan alaminya mampu menjaga tubuh dari kemungkinan terserang diabetes.

3. Membantu untuk Mengatasi Vertigo

Vertigo adalah salah satu jenis penyakit kepala yang cukup mengganggu dan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman. Untuk membantu mengatasinya, kita bisa menggunakan tanaman balakacida ini. Daun dari tanaman balakadica bisa membantu menjaga kesehatan kepala sehingga mampu mengatasi munculnya vertigo.

4. Membantu untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu organ vital dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya adalah jantung. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menggunakan daun balakacida ini.

5. Membantu Mengobati Kista

Kista adalah salah satu jenis penyakit berupa benjolan yang umumnya menyerang bagia organ reproduksi. Salah satu obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi atau mengobati kista adalah dengan menggunakan daun balakacida.

6. Membantu Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Salah satu manfaat yang paling banyak dicari dari daun balakacida adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain membantu menurunkan kadar kolesterol, daun balakacida juga bisa mencegah seseorang terserang kolesterol.

7. Sebagai Obat Antihipertensi

Daun balakacida bisa menjadi obat alami untuk mencegah seseorang mengalami hipertensi. Salah satu kandungan dalam daun balakacida bisa membantu menjaga tekanan darah agar tidak naik terlalu tinggi.

Rahasia Besar Daun Balakacida untuk Kanker

Daun balakacida memang memiliki banya khasiat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh seseorang. Akan tetapi tidak hanya itu, masih ada khasiat lain dari daun balakacida yang tentunya sangat dicari orang. Daun balakacida bisa menjadi pencegah munculnya kanker. Dua jenis kanker yang bisa dicegah dengan menggunakan daun balakacida adalah kanker payudara dan kanker serviks.

Kedua jenis kanker tersebut umumnya menyerang perempuan. Kedua penyakit tersebut bukanlah penyakit yang ringan. Oleh karena itu, setiap perempuan harus menjaga kesehatannya sebaik mungkin sehingga terhindar dari kemungkinan tumbuhnya sel kanker pada kedua organ tubuh tersebut. Daun balakacida bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah kedua jenis kanker tersebut muncul.

Akan tetapi, sebelum menggunakan daun balakacida ini sebagai pencegah kanker, ada baiknya kita mencari terlebih dahulu tentang kandungan dalam daun balakacida dan cara mengolahnya untuk menjadi obat pencegah kanker. Ada baiknya mencari tahu pada pakar obat herbal sehingga bisa mengolah daun balakacida dengan cara yang tepat. Jika kita sudah bisa menemukan cara yang tepat, maka kita bisa menggunakan daun balakacida secara rutin sebagai obat herbal pencegah kanker serviks dan payudara.

Terdapat beberapa pendapat tentang khasiat daun balakacida untuk pengobatan kanker dan penyakit dalam lainnya. Daun balakacida memang memiliki khasiat yang baik untuk pengobatan luka luar. Daun balakacida sendiri tidak hanya digunakan untuk pengobatan luka, tetapi juga sudah digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat pestisida organik. Melalui hal ini saja, sudah bisa dibayangkan apa saja kandungan dari daun balakacida dan apakah memang bisa dikonsumsi sebagai obat untuk penyakit dalam seperti kanker. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui apakah bisa digunakan sebagai obat dalam atau hanya sebatas obat luar saja.

Di Mana Bisa Menemukan Daun Balakacida?

Daun balakacida umumnya bisa ditemukan di daerah pegunungan sekitar 1.000 sampai 2.800 meter dari permukaan laut. Tanaman balakacida membutuhkan suhu yang lembab dan dingin untuk bisa tumbuh. Ciri khas dari daun balakacida adalah memiliki bentuk yang panjang dengan ujungnya yang lancip. Selain itu, daun balakacida juga memiliki gerigi di bagian pinggirnya. Warna daunnya alami yaitu berwarna hijau segar.

Walaupun begitu, ternyata tanaman balakacida dapat tumbuh di dataran rendah di Indonesia. Umumnya, tanaman balakacida di Indonesia bisa tumbuh pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Tanaman balakacida dapat tumbuh dengan cepat, selain karnea udara dingin dan lembab, adalah dengan cukupnya paparan sinar matahari. Tanaman balakacida tidak bisa tumbuh dengan baik jika kurang mendapatkan sinar matahari. Untuk lebih jelasnya, berikut ciri tanaman balakacida yang penting untuk Anda ketahui.

  • Memiliki daun berbentuk oval. Bagian baah daun semakin lebar dengan ujungnya yang semakin meruncing. Panjang daunnya antara 6 sampai dengan 10 cm dengan lebar 3 sampai dengan 6 cm.  Memiliki tepi daun yang bergerigi dan terletak saling berhadapan.
  • Tanaman ini memiliki bunga yang tumbuh di ujung cabang. Jumlahnya bisa mencapai 20 sampai dengan 35 bunga dalam setiap rangkaian. Warnanya kebiruan pada saat muda dan akan berubah menjadi cokelat saat bunga menjadi tua. Bunga dari tanaman balakacida akan terlihat berbunga serempak saat musim kemarau. Masa berbunganya adalah 3 sampai dengan 4 minggu.
  • Tanaman ini memiliki biji yang cukup unik. Biji dari tanaman balakacida akan terlihat pada saat biji masak. Ketika itu, tanaman akan menjadi kering dan bijinya mulai pecah lalu angin akan membawanya terbang. Satu bula setelah itu, tanaman balakacida yang sudah mengering tersebut akan kembali bertunas pada bagian pangkal batang, cabang, dan potongan batang.

Itulah sekilas mengenai tanaman balakacida dan khasiat daunnya untuk berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan sampai yang berat. Tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada ahli herbal dan dokter sebelum mulai menggunakan daun balakacida untuk pengobatan penyakit khususnya kanker. Konsultasi penting untuk dilakukan mengingat hal ini berhubungan dengan penyakit berat yang membutuhkan perawatan intensif dan pemeriksaan yang terus-menerus. Keseimbangan antara pemeriksaan medis dan perawatan herbal harus dijaga dengan baik. Kesembuhan maksimal dan total tentunya menjadi dambaan bagi siapa saja yang terserang penyakit ganas seperti kanker.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Lemon Untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.