Manfaat Benalu Teh

Manfaat Benalu Teh Sebagai Pembunuh Kanker

Manfaat Benalu TehDi dunia kesehatan, manfaat benalu teh telah lama diperbincangkan. Dalam benak masyarakat awam, benalu merupakan tumbuhan yang bersifat merugikan. Ia tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (inang) dan dapat hidup karena menyerap nutrisi yang ada pada inang. Sehingga, pertumbuhan dari tumbuhan inang terganggu: batang susah besar, daun rontok, buah yang dihasilkan sedikit.

Tetapi, meski benalu bersifat parasit, tumbuhan ini membawa kebaikan untuk manusia. Banyak sekali kegunaan benalu teh untuk kesehatan. Bahkan, di negara Tiongkok, Korea, dan beberapa negara di belahan Eropa meramu ekstrak benalu teh ke dalam bentuk jamu antikanker.

Penderita kanker yang melakukan pengobatan nonkonvensional menggunakan ekstrak benalu teh, menunjukkan perubahan positif yang signifikan. Olgisakharia, petida, flavanoid, polifenol, dan alkanoid merupakan senyawa bioaktif yang ternyata menjadi kunci khasiat benalu teh ini. Senyawa bioaktif berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan memperbaiki sturuktur DNA yang mengalami kerusakan.

Senyawa bioaktif pada benalu teh obat kanker juga terbukti mampu menyapu bersih sel kanker fibro sarcoma dan sel tumor. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) bersama Prof. Hirotoka Shibuya (Universitas Fukuyama, Jepang), dan Prof. Dr. Mustsuko (Osaka Medical Centre, Jepang). Ketiganya mengambil sample tumbuhan benalu teh yang banyak tumbuh di perkebunan teh, Cipanas, Jawa Barat. Dari sample tersebut, ditemukan 16 jenis senyawa bioaktif yang terkandung dalam benalu teh. Hasil uji klinis atas 16 jenis senyawa bioktif itu mengungkapkan bahwa senyawa-senyawa bioaktif saling mengikatkan diri untuk menghambat penyebaran sel kanker di dalam tubuh (diadaptasi dari situs.

Selain itu, flavonoid yang terkandung dalam benalu teh obat kanker diyakini dapat melawan rasa sakit akibat kanker. Rusaknya jaringan akibat digerogoti sel kanker tak ayal membuat penderita mengeluh berkepanjangan. Dengan kadar flavanoid yang masuk ke dalam tubuh melalui ekstrak benalu teh, rasa sakit itu dapat tersamarkan. Sehingga penderita dapat hidup normal dan menjalani aktivitas seperti biasa.

Semua manfaat yang diberikan benalu teh sama seperti manfaat yang ditawarkan pada obat-obat kemoterapi. Hanya saja pengonsumsian benalu teh tidak menimbulkan efek samping seperti yang banyak dikeluhkan pasien kemoterapi. Oleh sebab itu, benalu teh obat kanker pantas dijadikan alternatif jika tidak melakukan kemoterapi.

Jenis-jenis Benalu untuk Mengobati Kanker

Menurut pemahaman masarakat awam, semua jenis benalu adalah sama. Padahal, kenyataannya tidaklah demikian. Ada banyak sekali jenis tanaman benalu yang tumbuh di alam bebas. Karena jenisnya berbeda-beda, maka khasiat daun benalu juga tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Jadi, tidak semua benalu berkhasiat menyembuhkan penyakit kanker.

Perbedaan benalu bisa dilihat berdasarkan inang yang ditempatinya. Untuk menambah wawasan kita, berikut jenis-jenis benalu beserta kegunaannya.

  • Loranthus sp. Div. Benalu yang satu ini memiliki nama lain benalu ambai-ambai. Amat suka menumpang pada pohon teh dan pohon jeruk. Kegunaan benalu teh dan benalu jeruk sangat cocok untuk mengobati penyakit kanker, tumor, segala jenis cacar, dan cacingan.
  • Helixanthera Cylindrica (Jack) Dans. Benalu ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 3 meter. Banyak digunakan sebagai bahan campuran minuman penyegar dan panas dalam.
  • Helixanthera parasitica (Lour). Benalu jenis ini berukuran maksimal 1,5 meter. Kegunaannya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat obat sakit perut.
  • Dendropthoe Pentandra (L) Miq. Benalu ini paling gampang tumbuh di segala jenis pohon (inang), memiliki buah berwarna merah, dan sering disebut dengan nama lain benalu api-api. Berkhasiat untuk menyembuhkan segala jenis luka, penyakit kulit seperti borok, dan batuk.
  • Scurrula parasitiaca L. Ini merupakan jenis benalu yang paling banyak dimanfaatkan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Zat yang terkandung di dalamnya dapat diandalkan sebagai antiinflmasi.
  • Scrrula ferruginae (Jack) Dans. Ekstrak benalu jenis ini dapat diramu menjadi obat luka, malaria, serta bahan pembuat antivenom (penawar bisa ular).
  • Viscum Articulatum Burm. F. Dapat digunakan untuk mengobati infeksi, menurunkan demam, dan step (kejang).
  • Scurrula philippensis (Cham 7 Schlecht) G. Don. Berguna untuk mengatasi masalah-masalah umum yang terjadi di mulut seperti sariawan dan bau mulut.
  • Viscum Ovalifolium Wall. Ex. DC. Benalu jenis ini sangat ampuh untuk mengatasi nyeri saraf, gatal-gatal, dan menurunkan demam.

Karena begitu banyaknya jenis benalu, maka seringkali konsumen yang tidak mempunyai bekal pengetahuan cukup baik tentang tanaman ini jadi tertipu. Produk-produk benalu teh obat kanker yang dipasarkan secara bebas belum tentu terbukti keasliannya. Perlu diingat, ekstrak dari benalu yang bukan benalu teh tentu tidak akan membawa dampak apa-apa bagi kesembuhan penderita kanker.

Cara Mengolah Daun Benalu Teh

Untuk mendapatkan khasiat benalu teh, pengguna bisa meramunya sendiri di rumah melalui cara berikut ini.

  • Ambil benalu teh segar, lalu iris dengan ketebalan 1,5-2 cm.
  • Jemur di bawah panas matahari hingga benar-benar kering.
  • Setelah benalu teh kering, kukus selama 1 jam. Pengukusan berguna untuk menonaktifkan mikroba-mikroba yang ada pada benalu teh.
  • Selesai pengukusan, jemur kembali daun teh hingga kering.
  • Ambil segenggam daun benalu yang telah dijemur lalu seduh dengan air mendidih. Gunakan wadah yang terbuat dari tanah liat, keramik, atau kaca antipanas. Endapkan selama 1 jam agar ekstraknya keluar. Saring dan minum selagu hangat pada pagi dan malam hari.

Demikian informasi seputar manfaat benalu teh. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bacaan bagi Anda yang membutuhkan.

Baca artikel lain mengenai Makanan Penyebab Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =