Manfaat Benalu Mangga

Inilah Manfaat Benalu Mangga sebagai Obat Herbal Melawan Kanker

manfaat benalu manggaAnda masih bingung mencari obat alternatif untuk mengobati kanker? Jika ya maka simaklah informasi dalam artikel ini. Kali ini penulis akan berbagi informasi tentang manfaat benalu mangga sebagai obat herbal untuk melawan kanker. Meskipun banyak orang yang mulai mengetahui tentang khasiat benalu mangga untuk kanker ini, namun masih banyak orang yang ragu menggunakannya.

Benalu adalah tumbuhan parasit menumpang hidup pada tumbuhan lain. Istilah lainnya adalah simbiosis parasitisme. Tumbuhan ini sering dijumpai menempel pada pohon-pohon yang menjadi inangnya seperti pohon mangga, pohon jeruk, pohon nangka, pohon teh, dan sebagainya. Bagian pohon yang ditempeli benalu ini lama-kelamaan akan mengering dan mati karena makanannya diambil oleh benalu tersebut.

Anda tentu sudah tahu bahwa benalu memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiat benalu mangga ini adalah untuk mengobati atau melawan kanker. Banyak jenis benalu yang dipercaya dapat mengobati penyakit kanker. Salah satu jenis balu yang dipercaya sebagai herbal untuk melawan kanker ini adalah benalu mangga. Sebenarnya penggunaan benalu ini cukup aman, asalkan digunakan dengan dosis yang tepat serta proses pembuatan ramuan yang tepat pula.

Benalu Mangga

Pernahkah Anda melihat semacam tumbuhan rambat berbentuk lonjong tipis, seperti koin berwarna hijau dan menempel pada dahan-dahan pohon mangga? Nah inilah yang disebut dengan benalu mangga. Untuk pohon mangga yang menjadi inangnya, tentu benalu ini merugikan karena makanan untuk pohon tersebut akan diambil oleh benalunya.

Namun, ternyata benalu mangga ini memiliki banyak manfaat untuk manusia. Di negara-negara Indocina, rebusan daun benalu mangga dibuat ramuan dengan teh dan digunakan untuk menyembuhkan flu. Bisa juga untuk pengobatan gangguan kelenjar prostat. Benalu mangga telah lama digunakan sebagai obat herbal berbagai macam penyakit.

Untuk mengobati gangguan kelenjar prostat, cara pengobatan dengan daun benalu pohon mangga ini cukup mudah. Ambil sebanyak 9 lembar daun benalu mangga, kemudian cuci hingga bersih. Rebus dengan 2 liter air sampai tersisa setengahnya saja (tinggal 1 liter). Saring ramuan tersebut dan dinginkan. Bagi menjadi 3 bagian untuk diminum 3 kali sehari. Pengobatan ini juga bermanfaat untuk buang air kecil tidak lancar dan nyeri pinggang.

Kandungan dalam Benalu Mangga

Tahukah Anda apa yang membuat benalu mangga ini dapat mengobati kanker? Tentu karena kandungan yang ada di dalamnya. Lantas, kandungan apa yang dimiliki benalu mangga hingga dapat mengobati kanker. Meskipun benalu mangga ini dikelompokkan ke dalam benalu, namun kandungannya akan berbeda-beda bergantung dari jenis pohon yang dijadikan inangnya.

Untuk Dendropthoe Petandra atau benalu mangga, berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa benalu mangga mengandung tannin, flavanoid kuersetin, rutin, meso-inositol dan sebagainya. Sejak lama senyawa ini dikenal sebagai inhibitor atas enzim DNA sel kanker.

Benalu Mangga untuk Kanker

Benalu mangga obat kanker memang mulai banyak diketahui seiring dengan banyaknya penelitian terhadap benalu mangga ini serta kemudahan dalam mencari informasi di dunia maya. Untuk pengobatan kanker, ramuan dari benalu mangga inid apat dibuat sebagai berikut. Ambil segenggam daun benalu mangga, bersihkan, kemudian keringkan. Haluskan daun benalu mangga tersebut hingga benar-benar halus.

Seduh bubuk daun benalu mangga tersebut seperti Anda menyeduh kopi. Minumlah ramuan ini secara rutin. Dosis yang aman untuk ramuan ini adalah 10 gram. Jadi, jangan sampai Anda mengonsumsi ramuan ini lebih dari 10 gram. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan organ, amandel, dan tumor.

Hal yang harus Anda perhatikan ketika merendam atau merebus daun benalu mangga ini adalah jangan menggunakan alat yang berbahan logam. Sebaiknya gunakan wadah dari gerabah atau wadah dari tanah liat. Penggunaan wadah dari tanah liat ini bertujuan untuk menyerap racun yang ada dalam benalu. Dengan demikian, racun yang ada dalam benalu akan terserap ke dalam wadah dari tanah liat tersebut sehingga akan lebih aman saat dikonsumsi.

Untuk pengobatan kanker, Anda juga bisa mengolah benalu mangga dengan cara seperti ini. Ambil benalu secukupnya, kemudian cuci bersih. Angin-anginkan benalu tersebut hingga kering. Jangan menjemur benalu di bawah terik matahari. Hal ini akan membuat komponen yang diperlukan untuk melawan kanker malah akan jadi hilang.

Jika sudah kering, pisahkan daun dan tangkainya. Masukkan daun dan tangkai tersebut pada kantong plastic yang besar. Injak-injak hingga menjadi kepingan kecil. Setelah hancur, ambil sekitar 150 gram benalu, kemudian rebus dengan 9 gelas. Jika air sudah berkurang menjadi sekitar 6 gelas, angkat dan dinginkan. Jumlah ramuan 6 gelas ini digunakan untuk beberapa kali dalam sehari.

Nah, demikianlah informasi tentang benalu mangga obat kanker. Semoga informasi tentang manfaat daun benalu mangga ini bermanfaat untuk Anda Dallam mengobati penyakit yang didertita, terutama kanker.

Baca artikel lain mengenai Pola Hidup Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + five =