Manfaat Benalu Kopi

Manfaat Benalu Kopi Jadi Obat Herbal Melawan Kanker

manfaat benalu kopiKanker merupakan suatu jenis penyakit yang menakutkan karena dapat mengancam jiwa. Penyebaran sel kanker yang terjadi dengan cepat mengharuskan pengobatan dilakukan segera untuk menghentikan pertumbuhan serta penyebaran sel kanker. Pengobatan kanker dapat dilakukan dengan obat-obatan secara medis atau obat-obatan herbal.

Jika memilih pengobatan kanker dengan obat-obatan herbal maka dapat memilih salah satu jenis tanaman yang berkhasiat sebagai pelawan sel kanker. Manfaat benalu kopi sebagai obat herbal melawan kanker ini berdasarkan penelitian dan pengalaman dari nenek moyang, terutama bangsa Tiongkok.

Tentang Benalu Kopi

Benalu kopi merupakan jenis tumbuhan parasit yang memilih inang pada tanaman kopi. Umumnya benalu dapat tumbuh dengan baik di tempat yang beriklim tropis seperti di Indonesia. Tumbuhan benalu disebarkan oleh burung pemakan biji. Umumnya benalu kopi senang menempel dan tumbuh pada tanaman kopi yang tua. Tempat tumbuh dari benalu kopi yaitu pada batang dan ranting pohon kopi. Benalu kopi yang terkenal berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di daerah Mandailing Natal.

Pohon yang dipilih menjadi inang oleh benalu umumnya memiliki getah. Kandungan getah ini digunakan oleh benalu untuk diserap. Hasil penyerapan getah dari inang ini yang nantinya menjadi zat bermanfaat. Kandungan antioksidan dari benalu kopi ini yang memiliki manfaat untuk pengobatan termasuk pada penyakit kanker.

Manfaat yang diperoleh dari benalu kopi telah diketahui oleh nenek moyang bangsa Tiongkok dan masyarakat di daerah Batak. Oleh bangsa Tiongkok biasanya benalu kopi dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan kanker. Biasanya khasiat benalu kopi akan dicampur dengan tanaman berkhasiat lain untuk memperkuat penyembuhan.

Manfaat benalu kopi untuk kesehatan lainnya adalah mengobati amandel, diabetes, asam urat, rematik, ginjal, tumor, batuk, flu, dan menambah stamina.

Manfaat Benalu Kopi untuk Kanker

Benalu kopi yang bermanfaat untuk penyembuhan kanker adalah benalu kopi dalam bentuk segar atau mengalami pengeringan tanpa terpapar sinar matahari. Benalu kopi yang digunakan tidak boleh terpapar pestisida atau tercemar zat kimia lainnya.

Benalu kopi yang mengandung zat antioksidan tinggi bermanfaat untuk menekan pertumbuhan sel kanker dan membantu pertumbuhan sel sehat.

Pengolahan Benalu Kopi

Cara pengolahan benalu kopi sangat mudah. Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat benalu kopi. Cara pertama, benalu kopi dapat diminum seperti menyeduh teh. Cara kedua dengan merebus daun benalu kopi. Cara ketiga ialah mengolah benalu kopi dalam kondisi dikeringkan.

Sebelum melakukan pengolahan benalu kopi sebaiknya memperhatikan kondisi benalu kopi tersebut. Perhatikan apabila terdapat jamur pada permukaan daun yang berupa titik-titik putih. Bersihkan jamur tersebut terlebih dahulu dengan air mengalir.

Cara mengolah benalu kopi dengan cara menyeduh untuk mengobati penyakit kanker adalah sebagai berikut.

  1. Ambil daun benalu kering atau segar sebanyak satu genggam atau sekitar 20 gram.
  2. Bersihkan dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Masukkan ke dalam mangkuk porselen atau stainless steel. Boleh juga menggunakan cangkir atau gelas dari kaca.
  4. Masukkan air panas dengan suhu 90ºC sebanyak 1-2 gelas ke dalam mangkuk.
  5. Biarkan sekitar 15 menit.
  6. Saring air benalu kopi.
  7. Minum air saringan benalu kopi hangat-hangat.
  8. Lakukan secara teratur satu kali sehari.

Cara mengolah benalu kopi dengan cara direbus untuk mengobati penyakit kanker adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan panci bersusun dua. Panci atas diisi benalu kopi dan air. Panci kedua diisi dengan air saja untuk mengontrol suhunya.
  2. Ambil 100 gram daun benalu kopi dan bersihkan dengan air mengalir hingga bersih.
  3. Masukkan 100 gram daun benalu kopi dan air sebanyak 300 ml ke panci bagian atas.
  4. Pemanasan dilakukan hingga suhu mencapai 90ºC selama 15 menit.
  5. Sisakan air sebanyak 100 ml.
  6. Saring air hasil penyarian benalu kopi.
  7. Minum sari benalu kopi hangat-hangat.
  8. Lakukan secara teratur satu kali sehari.

Cara berikutnya yang praktis adalah dengan mengonsumsi daun benalu kopi dalam bentuk kering. Caranya ialah keringkan benalu kopi tanpa terpapar sinar matahari. Jika dibutuhkan dapat dibuat serbuk. Masukkan benalu kopi kering atau serbuk tersebut pada kapsul dan tinggal diminum. Benalu kopi yang telah dikeringkan dapat juga dimasukkan ke sachet seperti teh. Saat ingin meminumnya tinggal diseduh dengan air panas seperti menyeduh teh.

Mengonsumsi benalu kopi sebaiknya sesuai dengan dosisnya untuk menghindari terjadinya efek samping. Untuk mengetahui dosis yang sesuai pada obat herbal benalu kopi dapat berkonsultasi ke ahli pengobatan herbal.

Manfaat benalu kopi untuk pengobatan terutama penyakit kanker sebenarnya telah diketahui sejak zaman dahulu. Pengobatan dengan herbal benalu kopi aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Obat herbal benalu kopi ini dapat menjadi alternatif pengobatan melawan penyakit kanker yang mengerikan.

Baca artikel lain mengenai Dosis Transfer Factor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − nine =