Manfaat Benalu Cengkeh

Manfaat Benalu Cengkeh Sebagai Obat Anti Kanker

Benalu merupakan satu jenis tanaman parasite. Makna dari tanaman parasite ini adalah tanaman yang menumpang dan mengambil manfaat dari tanaman yang ditumpangi, manfaat dalam hal ini adalah makanan dari tanaman tersebut. Ada banyak jenis benalu berdasarkan dari jenis tanaman yang ditumpanginya, salah satunya adalah cengkeh, sehingga benalu yang menempel di cengkeh dikenal dengan benalu cengkeh. Ternyata, terdapat manfaat benalu cengkeh untuk kesehatan, terutama sebagai obat anti kanker.

Melihat Lebih Dekat Tumbuhan Benalu

Kebanyakan benalu tumbuh pada pohon dengan ukuran yang besar dan berada di daerah tropis. Benalu memiliki akar yang berfungsi untuk mengisap makanan dari tumbuhan inangnya. Lambat laun, pertumbuhan benalu akan menjadi semakin pesat dan daun benalu akan menjadi lebih banyak.

Dengan semakin banyaknya benalu yang tumbuh pada satu tumbuhan inang, hal ini akan menyebabkan semakin banyak makanan yang dihisap oleh tumbuhan benalu tersebut. Sehingga, pada akhirnya akan membuat tumbuhan inang menjadi terlihat lebih kecil atau kurus. Hal ini disebabkan oleh semakin sedikitnya makanan yang diperolehnya karena makanan yang dihasilkannya dicuri oleh benalu yang menempel.

Benalu Cengkeh

Benalu cengkeh adalah jenis benalu yang menempel pada tumbuhan cengkeh. Karena memang benalu lebih banyak ditemukan pada jenis tumbuhan dengan pohon yang tinggi, demikian pula dengan benalu cengkeh ini.

Cengkeh merupakan jenis tanaman dengan pohon yang luyaman tinggi, dan memang merupakan jenis tanaman tropis. Tanaman benalu ini tumbuh pada pohon cengkeh dengan ketinggian tertentu. Biji benalu biasanya dibawa oleh burung atau ungags lainnya dan kemudian menempel di pohon benalu, sehingga terjadilah pertumbuhan biji ini menjadi tanaman benalu yang nantinya menempel di pohon cengkeh.

Benalu cengkeh ini akan hidup pada bagian batang atau ranting dari cengkeh itu sendiri. Lambat laun, pertumbuhan daun benalu akan lebih banyak dan hal ini bermakna bahwa dengan semakin banyak daun yang tumbuh di pohon cengkeh maka akan semakin banyak pula sari makanan yang dihisap oleh benalu dari tumbuhan inangnya, yaitu pohon cengkeh tersebut.

Benalu Cengkeh Sebagai Obat Anti Kanker

Tanaman benalu cengkeh ini memiliki kandungan senyawa layaknya benalu yang lainnya. Sebut saja kandungan aktif seperti alkaloid, saponin, flavonoid dan juga tannin dapat ditemukan pada bagian daun dan batang benalu. Hal inilah yang kemudian membuat benalu dikenal sebagai obat anti kanker. Terdapat beberapa penelitian yang telah berhasil menemukan khasiat dari benalu ini untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Demikian pula dengan benalu cengkeh, juga mengandung beberapa senyawa aktif yang telah disebutkan di atas, sehingga juga dapat digunakan untuk melawan pertumbuhan sel kanker yang diderita oleh manusia.

Pemakaian benalu sebagai obat herbal dapat dilakukan dengan menggunakan daun dari benalu cengkeh yang ada. Benalu cengkeh diambil beberapa tangkai daunnya. Kemudian direbus dengan menggunakan beberapa gelas air. Merebus air dan daun benalu ini dilakukan sampai air rebusan hanya tersisa beberapa gelas saja. Setelah itu, air rebusan ini dapat diminum secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Sebagai salah satu obat kanker herbal, tentu saja manfaat yang akan dirasakan tidak serta merta terlihat secara instant. Manfaat dalam menyembuhan sel kanker di dalam tubuh, dapat dirasakan setelah pengkonsumsian air seduhan daun benalu cengkeh setelah beberapa saat, sebut saja setelah peminuman rutin selama satu bulan.Hal ini disebabkan, dengan peminuman air seduhan secara rutin, maka kandungan senyawa aktif penghancur sel kanker yang terkandung di dalam dapat berperan secara optimal.

Dalam satu penelitian, kandungan senyawa aktif flavonoid terdapat dalam banyak jenis, sebut saja terdapat pula chalcones, flavanones, c-glycoflavonols, dan flavan-3-ols. Fungsi dari flavonoid adalah sebagai pelindung bagi benalu, lebih tepatnya adalah daun dan batang, sehingga benalu tidak mudah mengalami kerusakan akibat terkenal pengaruh dari sinar ultraviolet.

Selain itu, dalam dunia kedokteran, flavonoids juga dikenal sebagai senyawa antiradang, antioksidan dan juga antivirus. Manfaat lain juga sebagai Pereda sakit atau analgesic dan juga ditemukan manfaat sebagai anti HIV. Beberapa kandungan inilah yang menjadikan benalu dianggap sebagai obat herbal anti kanker yang dapat dicoba dalam terapi penyembuhan penyakit kanker.

Selain flavonoid, manfaat anti kanker yang ada di dalam benalu juga didukung oleh beberapa jenis senyawa lainnya yang terkandung di dalam benalu. Sebut saja seperti proline, hydroploine, myo-inositol dan juga chiroinosotils dan juga tannin. Senyawa tannin ini juga merupakan senyawa anti kanker dan anti virus.

Pengunaan benalu sebagai obat herbal anti kanker dapat dilakukan dengan cara perebusan seperti yang disebutkan di atas. Penggunaan tunggal ini juga dapat dikombinasikan dengan jenis obat herbal lainnya. Hal ini tentu saja diperlukan pemilihan zat atau bahan herbal lainnya yang memiliki kandungan yang dapat mendukung cara kerja dan manfaat dari benalu ini. Sebut saja seperti bawang putih, yang memiliki fungsi sebagai zat cetechin yang menguatkan efek tannin yang dikandung oleh benalu.

Pemanfaatan benalu sebagai obat kanker ini dapat ditujukan pada pengobatan beberapa kanker tertentu, sebut saja seperti kanker rahim atau kanker ovarium, kanker payudara, kanker usur dan kanker kista. Memang, pengobatan kanker yang sudah banyak dikenal dan diterapkan adalah kemoterapi, radiasi dan juga pengobatan.

Pemanfaatan benalu sebagai obat anti kanker dapat dijadikan sebagai alternative pilihan untuk pengobatan kanker ini. Walaupun memang tetap dibutuhkan ketelatenan dan kerutinan dalam mengkonsumsi air rebusan daun benalu inni. Sehingga, nantinya dapat diperoleh manfaat yang diharapkan dari benalu ini.

Selain sebagai obat anti kanker, pemanfaatan benalu juga dapat digunakan untuk mengobati jenis penyakit yang lainnya, misalnya adalah batu ginjal, gondongan, menurunkan kadar kolesterol dan gula di dalam darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara pemanfaatan daun benalu untuk berbagai macam penyakit ini juga dapat dilakukan dengan cara yang sama sebagaimana pemanfaatan untuk obat kanker yang telah disebutkan di atas. Yaitu dengan cara perebusan daun benalu hingga diperoleh air sari patinya. Peminuman air rebusan ini pun juga haruslah dilakukan secara terus menerus atau rutin guna mendapatkan manfaat yang optimal.

Dalam pemanfaatan benalu cengkeh ini, juga harus diperhatikan mengenai proses pengolahan benalu sebagai obat. Proses perebusan sebaiknya tidak menggunakan bahan yang terbuat dari metal seperti aluminium dan juga besi. Sebaiknya digunakan adalah kendi yang terbuat dari tanah.

Dalam proses perebusan, wadah perebusan sebaiknya juga tidak ditutup sehingga, hal ini dapat memudahkan proses penguapan yang terjadi. Lebih baik lagi, air hasil rebusan daun benalu juga segera diminum sesaat setelah selesai direbus. Hal ini untuk menjaga rasa dari air rebusan dan juga khasiat maksimal dari daun benalu itu sendiri.

Namun, jika memang diharuskan untuk tidak langsung diminum maka setelah direbus maka harus didinginkan, dan segera setelah dingin, air rebusan tersebut dimasukan ke dalam botol untuk disimpan di lemari es. Hal ini untuk menjaga rasa dan khasiat optimal dari air rebusan daun benalu ini. Inilah gambaran mengenai khasiat atau manfaat benalu cengkeh sebagai obat anti kanker. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Perawatan Pasca Kemoterapi

2 thoughts on “Manfaat Benalu Cengkeh”

  1. Min kalau benalu cengkeh untuk obta, kan bisa dikembangkan berarti benalunya . Trus kalau kita melihara benalu juga dan cengkehnya juga. apa cengkehnya malah kalah yang menjadi tujuan hasil utama kita ?

    1. Kalo dari segi ekonomis nya harus nya cengkeh nya tidak kalah sama benalunya. Hanya saja kalo tahu benalunya bisa buat obat maka bisa jadi uang juga dan tidak terbuang sia-sia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.