Manfaat Bawang Putih Tunggal

Manfaat Bawang Putih Tunggal yang harus Diketahui

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang jadi idola para ibu, menjadi bumbu dasar untuk berbagai macam masakan khas Indonesia karena aromanya yang khas dan meningkatkan selera makan berkat wanginya yang lezat. Adanya kandungan kallin di dalam bawang putih ini membuatnya terasa agak getir dan pedas sekaligus saat dimakan secara langsung mentah-mentah. Bawang putih tunggal adalah sebutan untuk bawang putih yang hanya satu butir, tidak memiliki tangkai dan dikelilingi siung-siung pada bawang putih biasa. Walau demikian, banyak penelitian yang menyatakan bahwa manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan sangat melimpah.

Adanya kandungan minyak atsiri di dalamnya bisa menjadi anti bakteri yang alami, kemudian adanya kandungan allin itu memiliki khasiat untuk mengatasi kolesterol, lalu adanya belerang, fosfor, kalsium, protein, lemak, saltivine, vitamin B1, C dan A, serta zat besi menambah semarak manfaat bawang putih tunggal.  Bawang putih yang mengandung allin tidak akan tercium aroma khasnya sebelum dimemarkan, atau dihaluskan. Itulah kenapa untuk memasak biasanya bawang putih akan diulek, diiris-iris atau juga dimemarkan supaya keluar aroma khasnya itu.

Macam-macam Manfaat Bawang Putih Tunggal

Pecinta hidup sehat pasti tak asing dengan bawang putih tunggal, apalagi khasiat yang ada di dalamnya juga sangat luar biasa. Manfaat bawang putih tunggal yang paling spektakuler adalah kemampuannya yang baik untuk mencegah datangnya kanker mematikan. Hal itu bisa terjadi karena adanya kandungan sulfida di dalam bawang putih tunggal. Merupakan sebuah senyawa kimia ini akan membantu organ hati supaya lebih optimal dalam melawan berbagai senyawa beracun yang kelak bisa memicu kedatangan kanker jika dibiarkan.

Selain itu, bawang putih tunggal juga sangat ampuh jika dikonsumsi untuk atasi virus flu. Dengan aroma khasnya yang tajam mampu memberikan rangsang supaya kinerja kinerja membran mocus aktif dan membuat saluran napas jadi lebih lega, sebab lendir akan keluar perlahan-lahan dan tidak mampet.

Untuk yang punya kolesterol, manfaat dari bawang putih tunggal lainnya adalah untuk turunkan kadar kolesterol dari dalam darah kita. Perlu diketahui bahwa kolesterol  itu akan memicu tekanan darah tinggi dan efeknya adalah jantung yang terkena serangan. Mengonsumsi bawang putih ataupun bawang putih tunggal bisa melindungi kondisi jantung kita.

Manfaat lainnya dari bawang putih tunggal adalah kemampuannya untuk atas sakit maag. Cara untuk mendapatkan manfaat bawang putih tunggal ini juga sangatlah mudah, kita cukup mengupas bawang putih, lalu dicuci bersih dan kemudian dimakan begitu saja mentah-mentah. Kita bisa mengonsumsinya sebanyak 3 kali dalam sehari sampai penyakit maag kita berangsur pulih.

Untuk yang ingin meringankan sakit asma dan masuk angin (termasuk pilek) bisa juga memanfaatkan bawang putih. Caranya juga sangat mudah, yaitu hanya menyampurkan madu dengan bawang putih yang sudah diulek halus, aduk ke dalam segelas air hangat lalu saring dan minum tiap pagi sampai kondisi berangsur sembuh.

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Pria Dewasa

Tidak cuma memiliki khasiat yang luar biasa untuk kondisi kesehatan tubuh, namun juga memiliki manfaat yang oke untuk stamina pria dewasa. Cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan menyampurkan bawang putih tunggal dengan beberapa sendok madu murni asli. Cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut ini.

  • Dua atau tiga butir bawang putih tunggal dicampur dengan merica butir secukupnya, lalu tumbuklah sampai halus. Setelah itu, campurkan dengan madu murni sebanyak kurang lebih dua sendok dan diamkan beberapa saat. Apabila aromanya tak bisa ditolerir, maka campur dengan air segelas dan minum sampai habis.
  • Beberapa butir bawang putih tunggal dikupas bersih, lalu rendamlah di dalam mangkuk atau toples berisi madu murni selama dua minggu kurang lebih. Setelah dua minggu maka kita bisa mengonsumsinya sebutir per hari untuk tingkatkan stamina, memperkuat ereksi dan juga tingkatkan gairah pria.

Manfaat Bawang Putih Tunggal Lainnya

Selain khasiat yang telah disebutkan di atas, manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah bisa tingkatkan sirkulasi darah, ditambah kandungan zat gizi dan finonutrien-nya bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Memasmi cacing perut, redakan insomnia, menangkal flu dan juga obati rematik.

Bahkan juga mampu mengatasi berbagai macam penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner, kanker dan juga diaberes. Semuanya berkat adanya zat ajoene yaitu senyawa yang antikolesterol dan juga bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Kemampuannya mengatasi radikal bebas, ditambah mampu tingkatkan kekebalan tubuh, terus menambah khasiatnya untuk mencegah penuaan dini dan atasi hipertensi. Untuk yang susah makan juga bawang putih memiliki manfaat, yaitu menambah nafsu makan. Syaratnya adalah dikonsumsi mentah.

Dari semua manfaat bawang putih yang telah disebutkan di atas, rupanya para ahli sudah menemukan manfaat terbaru dan mengejutkan dari bawnag putih, yaitu mampu mengatasi masalah berat badan dan mengontrolnya dengan baik. Beberapa percobaan yang dilakukan pada tikus labolatorium khusus menunjukkan perkembangan yang pesar, yakni para tikus yang rutin diberikan gula diet sekaligus diberi bawang putih, maka berat badannya berkurang.

Tak hanya bawang putih dalam bentuk aslinya saja, ekstraknya juga tetap mengandung khasiat serupa. Ekstraknya mengandung antioksidan untuk melawan adanya oksidasi yang berasal dari serum lemak. Berkat riset pun akhirnya terkuak bahwa dengan menggunakan ekstrak bawang putih sudah bisa turunkan kadar kolesterol jahat tanpa perlu mengganggu kolesterl baiknya.

Efek Samping Bawang Putih Tunggal

Setiap obat pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, apalagi obat-obatan yang berasal dari rekayasa kimia. Obat herbal lebih banyak dipilih karena memiliki efek samping buruk yang nyaris tak ada. Kalaupun ada efek samping biasanya tidak merugikan kita sebagai pengonsumsinya. Misalnya saja aroma tubuh yang jadi tak sedap adalah efek samping dari obat herbal.

Pun demikian dengan bawang putih, selain manfaat bawang putih tunggal yang luar biasa ada juga efek samping bawang putih tunggal yang tak bisa diabaikan begitu saja. Bawang putih memiliki aroma yang menyengat dan apabila kita selalu mengonsumsinya setiap hari, maka efek samping yang akan kita rasakan adalah bau keringat yang jadi menyengat.

Hal itu sudah tentu sangat wajar mengingat bawang putih menjadi santapan sehari-hari kita. Walau demikian, hal itu sudah tentu sangat sebanding dengan khasiat yang kita rasakan di tubuh. Menjadi lebih sehat, lebih bugar, metabolisme tubuh lancar dan terbebas dari risiko kanker, hipertensi, diabetes dan obesitas, sudah cukup membayar aroma keringat yang jadi lebih ‘beraroma’. Untuk mengatasi aroma tubuh yang berubah menyengat, kita bisa mengakalinya dengan rajin mandi dan mengganti pakaian saat tubuh mulai berkeringat. Selain itu, hindari mengenakan pakaian yang sama berhari-hari, dalam satu hari setidaknya gantilah pakaian sampai tiga kali. Selamat mencoba dan menikmati manfaatnya untuk kesehatan.

Baca artikel lain mengenai Imunoterapi Pada Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.