Manfaat Bawang Hitam Tunggal

Manfaat Bawang Hitam Tunggal untuk Terapi Pengobatan

Bawang hitam tunggal adalah salah satu obat herbal yang lumayan populer di kalangan pecinta hidup sehat, sekalipun di Indonesia masih agak asing di telinga, tapi pada kenyataannya bawang hitam tunggal sudah banyak ditemukan di berbagai toko herbal kenamaan. Lalu apa yang sebenarnya disebut sebagai bawang hitam tunggal? Dikenal juga sebagai ‘Magic Black Garlic’ awalnya adaah bawang putih biasa, hanya saja mengalami proses alami dengan suhu serta kelembapan tertentu sampai akhirnya muncul sebuah formulasi kimia, menghasilkan kandungan alami yang jadi farmakologis untuk menjaga vitalitas tubuh kita.

Sederhananya black garlic ini tak lain adalah fermentasi bawang putih dalam waktu yang sangat lama sampai-sampai dagingnya menjadi pekat hitamnya. Tak hanya warnanya yang berbeda, bahkan teksturnya juga ikut berubah. Menjadi lebih gurih, kenyal, lembut, dan rasanya sedikit manis, beda sekali dengan bawang putih biasa.

Thailand adalah negara yang sudah biasa menggunakan bahan alami ini dan rasakan manfaat bawang hitam tunggal, mereka menggunakannya sebagai rempah untuk masakan, juga obat herbal yang bisa meningkatkan stamina serta kejantanan pria. Bawang hitam ini juga memenangkan sebuah kontes di New York tahun 2008 silam, yakni sebagai bahan alternatif untuk menjaga kesehatan juga menjadi bahan tambahan untuk makanan. Alasannya karena di beberapa negara yang sudah maju, para chef dan koki bintang lima gunakan bawang hitam untuk masakan mereka.

Keistimewaan yang Ada dalam Bawang Hitam Tunggal

Bawang hitam ini sangat istimewa, dan keistimewaannya tercipta dari berbagai kandungan alaminya yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Bahkan dalam berbagai penelitian telah disebutkan bahwa bawang ini memiliki khasiat kesehatan sampai 3 kali lebih besar daripada bawang putih biasa. Berikut adalah beberapa kandungan istimewa yang membuat bawang hitam menjadi sangat spesial.

  • Polifenol
  • Flavonoid
  • minyak atsiri
  • Saltivine
  • Vitamin B1
  • Belerang
  • Dially Sulfice
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Lemak tak Jenuh
  • Zat Besi
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Vitamin A

Melihat begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, tak heran jika kemudian bawang hitam tunggal ini menjadi idola bagi pecinta gaya hidup sehat.

Bawang hitam tunggal ini dikabarkan memiliki 20 kali lipat lebih banyak manfaat dibanding herbal lainnya, dan sebanyak 10 kali lipat dari bawang putih yang biasa kita konsumsi. Karena proses fermetasinya yang alami tanpa bantuan bahan kimia apapun itu membuat kandungan manfaatnya menjadi luar biasa. Untuk fisiknya itu sendiri, kulit luarnya berwarna coklat sementara bagian dalamnya hitam.

Manfaat Bawang Hitam Tunggal

Setelah mengetahui senyawa yang dikandung dalam obat herbal yang satu ini, maka kita tentunya jadi penasaran, apa saja manfaat bawang hitam tunggal untuk kesehatan kita? Berikut adalah beberapa manfaat bawang hitam tunggal yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin.

  • Anti kanker. Bawang hitam tunggal dipercaya mampu digunakan untuk menangkal kanker, karena adanya kandungan diallyl sulfida. Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka mampu mencegah datangnya sel kanker dan juga bisa menghancurkan berbagai macam sebab munculnya sel kanker di dalam tubuh kita. Tentu saja kita juga harus tetap menjaga pola hidup sehat supaya hasilnya makin maksimal. Bukan omong kosong belaka, dalam riset penelitian ditemukan bahwa senyawa PhIP yang berbentuk HCA (amina heterosiklik) adalah merupakan zat yang memicu kanker payudara dan kanker lain, kemudian menggunakan sebuah zat sebagai karsinogen ternyata mampu menghambat pertumbuhannya dan zat itu adalah diallyl sulfida yang ada dalam bawang hitam tunggal.
  • Turunkan hipertensi. Bagi penderita darah tinggi, bawang hitam tunggal menjadi salah satu metode pengobatan yang dianjurkan. Sebab dalam sebuah riset ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi bawang hitam tunggal secara rutin, rupanya mampu turunkan tekanan darah sampai 8%.
  • Turunkan kadar gula darah tinggi. Tak cuma tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi juga bisa diturunkan dengan konsumsi bawang hitam ini dengan teratur. Kandungan dalam bawang hitam ada yang bermanfaat untuk membantu peningkatan produktivitas insulin yang gunanya untuk turunkan gula darah sampai normal.
  • Turunkan kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh terbukti bisa turun sampai 15% jika mengonsumsi bawang hitam secara teratur dan rutin.
  • Antioksidan yang tinggi. Kita tahu pastijika antioksidan akan membantu tubuh menghindari radikal bebas yang menjadi penyebab kanker dan aneka penyakit lainnya. Selain itu, juga bisa menangkal tumbuhnya sumber penyakit dari berbagai sumber lain seperti jamur, virus, cacing serta bakteri.
  • Berat badan ideal. Apabila berat badan berlebihan, maka yang ada hanyalah risiko berbagai penyakit yang berbahaya. Oleh sebab itu, bagi yang sekarang sedang memiliki berat badan berlebihan dan khawatir dengan risiko penyakit yang mengintai, maka dapatkan manfaat bawang hitam tunggal sehari setidaknya dua kali sehari. Menurunkan berat badan karena adanya zat anti inflamasi yang bisa membantu mengatur lemak dalam tubuh supaya tidak berlebihan.
  • Obati sakit gigi. Siapa yang ingin sakit gigi? Jika mulai terasa sakit gigi, maka sebaiknya konsumsi bawang hitam. Manfaat bawang hitam tunggal adalah sifat analgesik yang bisa membantu untuk hilangkan bakteri penyebab gigi sakit. Kandungan lainnya yang ada dalam bawang hitam bisa membasmi berbagai segala bakteri penyebab nyeri gigi karena adanya sifat antibakteri dan juga antivirus.
  • Menangkal alzheimer dan demensia. Kedua penyakit ini adalah jenis penyakit yang biasa menyerang kalangan lansia, akan tetapi penyakit ini dimulai sejak usia masih muda. Penyakit kerusakan syaraf ini dikarenakan radikal bebas dan bisa dicegah dengan mengonsumsi dan rasakan manfaat bawang hitam tunggal. Adanya antioksidan di dalamnya adalah yang memegang peranan penting dalam mencegah kerusakan opksidatif. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi stres oksidatif pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, jadi sederhananya mengonsumsi bawang hitam ini bisa mencegah datangnya penyakit otak.
  • Tingkatkan metabolisme tubuh. Bawang hitam tunggal mengandung ferroprotin, berfungsi untuk membantu proses pengeluaran zat besi yang dibutuhkan oleh protein saat melakukan kerja sel dalam tubuh. Tak heran jika dengan mengonsumsi bawang hitam akhirnya metabolisme tubuh kita akan lancar dan membuat tubuh jadi lebih segar serta bugar.

Demikian adalah manfaat bawang hitam tunggal untuk kesehatan. Tak hanya baik untuk mencegah aneka penyakit dalam, namun juga bisa digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Konsumsi bawang hitam tunggal setidaknya sekali sehari baik sekali untuk elastisitas kulit, membuat kulit terlihat kenyal dan awet muda. Dikarenakan adanya kandungan antioksidan si senyawa ajaib yang bisa menangkal polusi, radikal bebas dan semua efek buruknya untuk tubuh. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan rutin olahraga, makan makanan yang bergizi, ditambah dengan mengonsumsi bawang hitam secara teratur. Terakhir, jangan lupa untuk berdoa supaya senantiasa diberikan kesehatan sepanjang usia.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Mahkota Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.