Makanan untuk Penderita Sirosis Hati

Bukan Sembarangan Makanan, Ini Daftar Makanan untuk Penderita Sirosis Hati

Makanan untuk penderita sirosis hati tidak boleh sembarangan. Seseorang yang memiliki penyakit sirosis hati harus selektif dalam memilih makanan. Selain harus  sehat dan higienis, tidak semua makanan dapat dikonsumsi. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang makanan apa saja yang bisa dikonsumsi penderita penyakit sirosis hati, ada baiknya kita mempelajari apa yang dimaksud penyakit sirosis hati. Penyakit sirosis hati merupakan penyakit kerusakan hati dari berbagai sebab. Penyakit sirosis hati juga dapa menyebabkan rusaknya jaringan perut dan gagal hati.

Sirosis hati menyebabkan munculnya jaringan parut di hati yang dapat menyebabkan kerusakan kronis. Jaringan ini dapat menghambat peredaran darah sehingga fungsi hati akan terganggu. Kerusakan jaringan ini akan menyebabkan hati tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga kinerja tubuh akan terhambat.

Sirosis hati juga dapat menyebabkan gagal hati jika terjadi dalam waktu yang cukup lama dan tidak segera ditangani. Seperti yang kita ketahui bahwa hati mempunyai peranan penting dalam tubuh kita. Banyak sekali fungsi hati dalam tubuh, di antaranya:

  1. Menyimpan gula dalam bentuk glikogen.
  2. Menghasilkan kolesterol dan menghancurkan lemah jenuh.
  3. Menghasilkan cairan empedu yang dapat membantu proses pencernaan makanan, dan lain-lain.

Gejala Terjadinya Penyakit Sirosis Hati

Penyakit sirosis hati mempunyai gejala sebagai berikut.

  1. Nafsu makan berkurang.
  2. Mudah letih, mengantuk, dan kurang bersemangat.
  3. Penurunan atau berat badan naik secara tiba-tiba.
  4. Mual dan muntah.
  5. Demam yang berkelanjutan.
  6. Warna air kencing yang berubah, bahkan terkadang disertai darah.
  7. Kulit gatal-gatal.
  8. Sesak napas dan kulit menjadi pucat.

Jika kita memiliki gejala tersebut, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau klinik terdekat.

Makanan Terbaik untuk Penderita Penyakit Sirosis Hati

Tidak semua makanan cocok dikonsumsi oleh penderita sirosis hati, salah-salah malah akan memperburuk keadaan mereka. Oleh sebab itu, ketahuilah makanan untuk penderita penyakit sirosis hati di antaranya sebagai berikut ini.

1. Cuka Sari Apel

Apel memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi. Buah ini juga sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, apel juga dapa diolah menjadi berbagai olahan makanan dan minuman, seperti jus apel, sari apel, dodol apel, keripik apel dan lain sebagainya.

Namun siapa yang menyangka kalau apel merupakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita sirosis hati. Terutama cuka sari apel. Selain menjadi obat kolesterol yang ampuh, cuka sari apel ternyata juga ampuh untuk mengobati penyakit sirosis hati, juga dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita sirosis hati.

Cara membuat minuman cuka sari apel supaya dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit  sirosis hati cukup mudah. Caranya adalah siapkan air, lalu tambahkan sesendok makan cuka sari apel dan sesendok teh madu murni. Aduk sampai rata lalu minum. Biasakan mengonsumsi cuka sari apel tiga kali sehari.

2. Pepaya

Buah yang satu ini tentunya mudah sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral ini memiliki banyak khasiat seperti mengobati susah buang air besar. Selain itu, buah ini juga baik dikonsumsi untuk penderita spenyakit sirosis hati. Juga dipercaya mampu menjaga kondisi hati. Untuk penderita penyakit sirosis hati juga dapat mengonsumsi buah ini. Buah yang memiliki warna kemerahan saat matang dan memiliki rasa yang manis ini dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus.

Cara membuat jus pepaya untuk penderita sirosis hati adalah.ambil jus pepaya 2 sendok makan, lalu campurkan satu setengah sendok teh jus lemon segar. Campurkan lalu minum. kita bisa mengonsumsi jus ini 3 sampai empat kali dalam sehari.

3. Pare

Makanan untuk penderita sirosis hati lainnya adalah pare. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan makanan yang satu ini karena memiliki rasa yang pahit. Namun ternyata makanan ini memiliki kandungan dan khasiat yang bermanfaat untuk tubuh. Rasa pahit yang dimiliki oleh pare ternyata baik untuk menyehatkan fungsi hati. Rasa ini pula yang dapat merangsang produksi cairan empedu yang membantu dalam proses pencernaan.

4. Asparagus

Bahan makanan lain yang baik untuk penderita sirosis hati adalah asparagus. Mengonsumsi asparagus akan membantu proses pengeluaran racun oleh hati. Ini juga dapat membantu mendetoksifikasi hati sehingga hati dapat bekerja lebih maksimal. Bahkan bagi mereka yang kerap mengonsumsi alkohol, asparagus dapat  membantu proses pengeluaran racun oleh hati.

5. Bit dan Wortel

Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Terutama vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Wortel juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit sirosis hati. Selain wortel, bit juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit sirosis hati. Wortel dan bit merupakan dua bahan yang sering digunakan untuk membuat salad. Kandungan nutrisi dan juga vitamin dalam dua bahan makanan ini sangat tinggi, seperti vitamin A, beta karoten, flavonoid mempunyai peran penting dalam proses pembersihan hati. Selain itu juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

6. Kunyit

Tanaman yang memiliki warna kekuningan ini juga bagus untuk penderita penyakit sirosis hati. Kunyit biasanya digunakan untuk membuat obat herbal atau jamu. Tanaman ini bisa dikembangbiakan di rumah kita. Cara menanamnya pun cukup mudah, cukup menanam sepotong rimpangnya saja bisa menumbuhkan tanaman yang satu ini. Kunyit mengandung zat anti inflamasi yang dapat membantu  menjaga kesehatan hati.

Itulah beberapa daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit sirosis hati. Dalam memilih makanan para penderita harus berhati-hati karena tidak semua makanan dapat dicerna dengan baik. Oleh karena itu, mungkin daftar makanan di atas dapat membantu kita yang tengah mencari informasi seputar penyakit sirosis hati.

Penting untuk Dikehatui Penderita Sirosis Hati

Untuk pengingat, mengonsumsi minuman keras atau alkohol dapat merusak fungsi hati. Oleh karena itu, berhenti meminum minuman yang mengandung alkohol, karena selain merusak hati, minuman ini juga dapat merusak organ tubuh yang lain seperti ginjal, jantung dan juga dapat merusak kesehatan tubuh. Hindari minuman beralkohol agar kesehatan tubuh kita terjaga.

Selain itu, kita juga dapat memulai pola hidup yang sehat. Seperti mulai mengonsumsi sayuran bagi kita yang sebelumnya tidak menyukai sayuran. Jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga setiap hari. Sesibuk apapun, cobalah meluangkan waktu untuk berolahraga demi kesehaan tubuh kita.

Karena penyakit sirosis hati juga dapat disebabkan oleh penyakit hepatitis (yang dapat menular melalui makanan dan minuman) sebaiknya kita juga berjaga-jaga dengan senantiasa jagalah kebersihan makanan serta minuman yang akan dikonsumsi. Selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan. Jangan malas mandi apalagi jika habis beraktivitas di luar ruangan dan bersentuhan dengan banyak orang. Bagi mereka yang mempunyai penyakit sirosis hati diharapkan lebih selektif dan teliti dalam memilih makanan untuk penderita sirosis hati. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Bengkak Setelah Operasi Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.