Makanan Sehat Setelah Operasi Kanker Payudara

Asupan Makanan Sehat Setelah Operasi Kanker Payudara

Operasi pengangkatan payudara, kemoterapi, radiasi, dan konsumsi obat oral jangka panjang, merupakan rangkaian pengobatan bagi penderita kanker payudara. Meski tidak semua penderita menjalani rangkaian pengobatan komplit, namun pada kenyataannya mereka akan menjalani lebih dari satu jenis pengobatan.

Misalnya, operasi pengangkatan payudara yang diteruskan dengan kemoterapi dan obat oral, tanpa harus menjalani radiasi. Atau, pada stadium lanjut, penderita tidak dianjurkan menjalani pembedahan, tapi harus melakukan kemoterapi dan radiasi.

Begitu panjangnya perjuangan penderita kanker payudara untuk bisa segera sembuh, tak jarang menimbulkan stres dan penurunan kondisi tubuh. Apalagi, efek samping dari kemoterapi dan radiasi yang begitu besar, acap membuat penderita kanker drop hingga kenyataan terburuk meninggal dunia sebelum rangkaian pengobatan tuntas di lakukan.

Salah satu upaya untuk mempercepat penyembuhan dan meningkatkan ketahanan tubuh adalah mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan pasca operasi kanker payudara yang sangat dianjurkan, yakni:

  • Buah-buahan. Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan, berkhasiat menambah energi, memperbaiki struktur kulit pada bekas operasi, dan menyegarkan tubuh. Selain itu, kemampuan buah-buahan dalam menangkal radikal bebas tidak perlu diragukan. Beberapa buah-buahan seperti kiwi, apel, buah naga, sirsak, dan jeruk terbukti dapat menghambat terbentuknya sel kanker.
  • Gandum. Selain nasi, gandum dapat dijadikan alternatif makanan sehat setelah operasi kanker payudara. Pasca operasi dan selama proses pengobatan berjalan, penderita kanker akan mengalami kelesuan. Dalam hal ini, gandum memberi fungsi yang sama seperti halnya nasi, yakni untuk menjaga kestabilan energi. Namun kandungan gula dalam gandum lebih rendah dan seratnya lebih tinggi daripada nasi. Sehingga, cocok dijadikan menu diet sehat serta menjadikan tubuh lebih kuat.
  • Kentang. Kentang turut memberi kebaikan yang sama seperti gandum. Kentang memiliki kandungan tepung yang beruna sebagai sumber karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat bekerja untuk menghasilkan energi bagi manusia. Oleh karena itu, kentang menjadi salah satu makanan sehat setelah kanker payudara yang cukup banyak direkomendasikan oleh para ahli gizi. Untuk penyajian terbaik, lebih disarankan kentang yang direbus atau dikukus daripada kentang goreng atau panggang.
  • Pasta. Selama ini, pasta identik dengan makanan junk food yang membahayakan kesehatan. Padahal, faktanya tidaklah seburuk itu. Yang menjadikan image pasta buruk adalah penggunaan bumbu instant yang biasa disertakan dalam pasta-pasta siap saji. Mengolah pasta dengan meracik bumbu-bumbu alami sendiri sama sekali tidak membahayakan kesehatan. Jadikan pasta sebagai salah satu variasi makanan pasca operasi kanker payudara.
  • Daging. Pasca operasi dan selama prose kemoterapi berjalan, sangat bagus bila dibantu dengan mengonsumsi daging merah. Namun, yang perlu diingat, daging yang dianjurkan adalah daging merah tanpa lemak. Pemilihan daging merah tanpa lemak ditujukan untuk menekan risiko terjadinya kolesterol. Jadi, pilihlah secara cermat bagian-bagian yang memang tidak mengandung lemak sama sekali.
  • Susu. Sebagian besar wanita menghindari susu karena takut gemuk. Padahal mengonsumsi susu bukan hanya baik dilakukan pasca operasi kanker, melainkan kapan saja. Susu dapat menjaga kepadatan tulang, meningkatkan energi, dan menimbulkan rasa nyaman/rileks setelah meminumnya. Bersyukurlah bahwa saat ini telah banyak produk susu yang diproduksi khusus untuk penderita kanker. Fungsinya bukan untuk menyembuhkan, tetapi memberi kekuatan saat proses penyembuhan melalui nutrisi yang lebih padu daripada susu biasa.
  • Kacang-kacangan. Makanan pasca operasi kanker payudara yang juga baik dikonsumsi adalah kacang-kacangan seperti seperti kacang hijau, kacang merah, kacang panjang, dan kacang kedelai. Kacang-kacangan mengandung antioksidan yang baik untuk melawan pembentukan sel-sel kanker baru dan membantu memperbaiki kerusakan sel. Kepadatan kalori yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan rasa lapar seketika, namun tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Silakan mengonsumsi kacang-kacangan sebagai makanan utama maupun camilan.
  • Telur. Protein yang terdapat pada putih telur sangat bermanfaat untuk melawan sel kanker di dalam tubuh. Makanan ini baik dikonsumsi pada pagi dan malam hari.
  • Ikan. Selain protein pada putih telur, ikan juga memiliki kandungan protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan kanker. Namun, tidak semua ikan. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna mengandung protein yang lebih besar dibandingkan ikan-ikan lainnya.

Pantangan Makanan Setelah Operasi Payudara

Meski telah menjalani operasi pengangkatan tumor/kanker payudara, bukan berarti pasien bisa bebas dari ancaman kanker untuk selanjutnya. Kekhawatiran terbesar adalah sel-sel kanker sekunder yang bisa jadi tertinggal membelah diri dan kembali mengganas. Untuk mengatasinya, dibutuhkan kedisipilinan yang kuat dalam menjalani pengobatan dan menjauhi pantangan.

Ada beberapa pantangan makanan setelah operasi tumor payudara yang perlu diketahui, antara lain:

  • Kangkung dan sawi putih. Sayur-sayuran memang bagus untuk tubuh. Tetapi, kedua jenis sayur ini diklaim dapat menurunkan efektivitas/keampuhan kerja dari obat yang dikonsumsi.
  • Cabai. Mengonsumsi cabai dapat membangkitkan selera makan. Namun cabai juga dapat menurunkan kadar oksigen di dalam tubuh. Sebaiknya, kurangi mengonsumsi cabai pasca operasi payudara.
  • Makanan yang diawetkan, terutama makanan kalengan.
  • Buah-buahan yang memiliki kadar alkohol tinggi seperti durian, nenas, dan lengkeng disinyalir dapat mendorong perkembangbiakan sel kanker primer maupun sekunder.
  • Ikan asin. Ikan asin mengandung bahan allergen yang menghambat proses penyembuhan luka pasca operasi, menimbulkan rasa gatal, dan mengganggu proses penyerapan air di dalam tubuh.

Nah itulah beberapa jenis makanan sehat setelah operasi kanker payudara, juga pantangan yang harus dihindari. Semangat dan disiplin dalam menjalani pengobatan adalah mukjizat yang mendekatkan seseorang pada kesembuhan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Daun Belalai Gajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + thirteen =