Makanan Pencegah Kanker Kulit

Makanan Pencegah Kanker Kulit Yang Terbaik

Agar tubuh terbebas dari resiko kena serangan kanker kulit, salah satu jalan terbaik yang bisa ditempuh yaitu selalu menggunakan tabir surya ketika berada di luar ruang terutama di siang hari. Pemakaian tabir surya merupakan bentuk perlindungan paling mendasar terhadap tubuh dari kanker kulit.

Di masa yang serba modern seperti sekarang ini, makin banyak hasil teknologi yang mampu membuat manusia jadi lebih mudah menjalankan kegiatan dan tugas-tugasnya. Namun di sisi yang lain, tidak sedikit pula hasil kemajuan teknologi yang menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan.

Salah satu contoh dari kerusakan lingkungan ini adalah paparan sinar matahari yang mampu menembus atmosfer. Penyebab dari kejadian ini adalah karena adanya penipisan pada lapisan ozon. Sedangkan penipisan ozon itu disebabkan oleh penggunaan beberapa peralatan modern yang mengeluarkan gas-gas tertentu sehingga lapisan ozon menjadi rusak.

Semantara itu, paparan sinar matahari yang langsung menembus atmosfer bumi bisa memicu terjadinya beberapa serangan penyakit terhadap manusia dan salah satunya yaitu kanker kulit. Serangan penyakit ini, selain dicegah dengan pemakaian tabir surya harus dibarengi dengan tindakan lain misalnya menerapkan pola hidup sehat.

Penerapan pola hidup sehat dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Misalnya berusaha untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki khasiat tinggi untuk mencegah datangnya sel-sel kanker kulit di tubuh. Bahkan ada beberapa diantaranya yang bisa dijadikan media pengobatan atau penyembuhan kanker kulit.

Makanan Sayur

Salah satu jenis makanan terbaik untuk mencegah dan mengatasi penyakit kanker kulit adalah sayuran. Dari sekian banyak jenis sayuran yang ada di Indonesia, terong merupakan makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan jika ekstrak sayuran terong sangat efektik untuk melindungi tubuh dari resiko serangan sel kanker kulit. Didalamnya mengandung sebuah zat fitokimia yang dinamakan solasodina glikosida. Secara biologis, zat ini bisa berperan sebagai antioksidan dan punya kemampuan tinggi untuk menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

Di negara Jepang, banyak ahli kesehatan yang yakin bahwa terong mampu memiliki zat lain yang dinamakan tripsin atau protease inhibitor. Zat ini berbentuk suatu komponen yang dapat diandalkan untuk menetralkan sel-sel yang menjadi penyebab dari kanker kulit.

Sayuran berikutnya yang juga punya khasiat tidak kalah tinggi untuk mengatasi kanker kulit adalah brokoli. Senyawa-senyawa yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau ini merupakan media terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun atau toksin karsonogenik sekaligus dapat mengurangi proses mutasi DNA.

Selain itu dengan mengkonsumsi brokoli, tubuh akan memiliki ketahanan lebih tinggi untuk melawan kandungan apoptosis yang ada di sel-sel kanker. Pertumbuhan tumor jinak maupun tumor ganas juga dapat dicegah dengan brokoli. Demikian pula dengan resiko penyebaran sel kanker kulit dari satu organ ke organ lainnya.

Wortel

Selama ini banyak anggota masyarakat yang percaya bahwa sayur wortel sangat kaya dengan vitamin A. Sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati penyakit pada organ mata.

Tetapi selain itu wortel juga memiliki tingkat kegunaan yang sangat tinggi terutama bagi para penderita serangan penyakit kanker kulit. Sayuran warna jingga ini memiliki kandungan beta karotan yang sangat handal dalam menghambat pertumbuhan sel kanker kulit. Bahkan juga bisa melindungi tubuh dari resiko radiasi dan pancaran sinar matahari.

Makanan Buah

Tidak hanya sayuran saja, ada beberapa macam buah yang berkhasiat tinggi untuk mengatasi kanker kulit misalnya buah alpukat. Selain rasanya yang sangat manis, buah berdaging tebal ini juga memiliki kandungan antioksidan tinggi. Jika dikonsumsi setiap hari, tentu resiko atas serangan kanker kulit dapat dikurangi dengan maksimal.

Berikutnya adalah buah tomat yang sangat dikenal memiliki tingkat keefektifan tinggi dalam mencegah pertumbuhan sel kanker kulit di tubuh. Selain itu buah ini sangat kaya dengan zat likopen yang terbukti ampuh melawan efek-efek berbahaya yang ditimbulkan oleh pancaran sinar matahari atau sinar ultraviolet.

Sedangkan buah berry adalah buah yang tidak hanya kaya kandungan antioksidan saja, tetapi juga memiliki kandungan lain berupa pigmen. Pigmen ini dapat menjadi sarana paling ampuh bagi tubuh untuk menangkal serangan apigenin yang tidak lain adalah awal dari pertumbuhan sel-sel kanker kulit.

Buah ceri juga sangat layak dikonsumsi karena mengandung alkohol perillyl. Zat ini terbukti mempunyai tingkat kedigdayaan tinggi dalam melawan pertumbuhan sel-sel kanker kulit dan dapat menyembuhkan dampak-dampak negatif dari pertumbuhan sel tersebut. Biasanya buah ini tidak dimakan langsung dan lebih sering dijadikan adonan tambahan pada roti.

Makanan Lain

Selain sayur dan buah, ada beberapa jenis makanan lainĀ  yang bisa dijadikan santapan namun sekaligus untuk mengurangi resiko penyakit kanker kulit. Salah satunya adalah ubi jalar yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan atau makanan.

Ubi jalar termasuk sebagai bahan makanan yang kandungan nutrisinya sangat tinggi dan kaya dengan vitamin C, sehingga sangat handal dalam memerangi pertumbuhan sel kanker kulit di tubuh. Apalagi ubi jalar juga mengandung anti oksidan. Selain itu pada proses penanamannya tanaman ubi jalar jarang menggunakan pestisida sehingga sangat aman dikonsumsi.

Sejak puluhan abad lalu sudah banyak yang yakin bahwa kurma merupakan bahan makanan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Di setiap butirnya, makanan berasa manis ini mempunyai beberapa jenis kandungan sekaligus seperti karbohidrat, kalsium, vitamin A, B2, B12 dan C serta zat besi dan sellilosa. Oleh karena itu kurma dapat dijadikan obat herbal terbaik untuk mengatasi kanker kulit.

Selain kurma bahan olahan lainnya yang selama beribu-ribu tahun juga dikenal sebagai media penyembuhan dengan hasil yang sangat mujarab adalah madu. Tidak berbeda dengan kurma, madu kaya dengan kandungan kalsium, karbohidrat, zat besi dan beberapa jenus nutrisi yang lain. Jika dikonsumsi tiap hari, madu bisa membantu melancarkan penyembuhan kanker kulit.

Minuman

Lanjut pada minuman, kopi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mencegah timbulnya sel-sel kanker kulit dalam tubuh. Biasanya ketika mengkonsumi kopi, tujuan paling utama yang ingin diperoleh adalah untuk meningkatkan energi terutama saat sedang bekerja.

Namun selain itu sebenarnya kopi juga mempunyai kemampuan besar dalam membunuh atau membersihkan sel-sel yang sudah rusak akibat dari pancaran sinar matahari atau UV. Apabila tidak segera dibersihkan atau dibunuh, sel-sel yang rusak ini akan berubah wujud menjad sel-sel kanker kulit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya minum segelas kopi setiap hari.

Setelah kopi, jenis minuman berikutnya yang juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari adalah teh khususnya teh hijau. Berbagai jenis serangan kanker kulit dapat diatasi dengan minum teh hijau. Terutama kanker kulit melonoma yang dianggap sebagai kanker kulit paling membahayakan.

Daun teh hijau memiliki senyawa yang dinamakan tansferrin dan EGCg atau epigallacatehin gallate. Sekitar 20% dari serangan sel kanker melanoma dapat dikendalikan melalui ramuan teh hijau yang diseduh menjadi minuman.

Tetapi perlu diperhatikan, apabila terlalu sering dikonsumsi teh hijau bisa menurunkan nafsu makan. Oleh sebab itu bagi penderita kanker kulit yang tubuhnya cenderung kurus, sebaiknya membatasi diri agar tidak terlalu sering mengkonsumsi minuman tersebut atau diganti dengan sistem pengobatan alami lain dengan buah dan sayuran.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Benalu Teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.