Makanan Pemicu Kanker

Wajib Tahu, Ini Daftar Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari!

Makanan merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk mendapatkan energi. Tapi tahukah anda bahwa tidak semua makanan dapat anda konsumsi, karena ada beberapa makanan pemicu kanker yang harus anda hindari. Seperti yang kita ketahui, kanker merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Kanker sendiri ada beragam jenis, seperti kanker otak, kanker paudara, paru-paru dan kanker lainnya.

Salah satu penyebab kanker adalah mengonsumsi makanan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Tahukah akanan apa saja yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker? Berikut daftar makanan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Sekilas Tentang Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menebabkan pembelahan sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel jaringan tubuh. Tidak pandang usia, kanker dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak, laki-laki maupun perempuan. Salah satu penebabnya adalah mengonsumsi makanan  pemicu kanker yang kadang tak sadar kita konsumsi.

Beberapa daftar makanan yang dapat menyebabkan kanker, beberapa di antaranya dapat dengan mudah kita konsumsi sehari-hari. Apa sajakah daftar makanan yang memicu kanker? Berikut daftar makanan tersebut.

1. Soda

Mungkin ini bukan termasuk dalam daftar makanan, namun perlu kita ketahui bahwa soda merupakan salah satu minuman yang dapat menyebabkan kanker bila dikonsumsi secara berlebihan. Soda biasanya banyak dikonsumsi bersama makanan cepat saji lainnya seperti burger dan lain-lain. Mengonsumsi makanan  cepat saji atau junkfood juga tidak bagus untuk kesehatan.

2. Gula Halus

Bahan makanan ini sering kita jumpai dalam kue atau roti yang sering kita konsumsi. Mengonsumsi gula halus secara berlebihan juga dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker karena gula halus dapat menyebabkan  lonjakan tingkat insulin.

Oleh karena itu, kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan gula halus yang tinggi.

3. Tomat dalam Kemasan/Kaleng

Tomat merupakan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral, terutama vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun buah tomat ternyata juga dapat menyebabkan kanker. Bukan buah tomat segar namun buah tomat dalam kemasan atau kaleng. Lapisan kaleng yang sering digunakan untuk makanan kemasan umumnya menggunakan bahan kimia Bisphenol A atau BPA. Bahan pembuatan ini merupakan bahan yang berbahaya, dan juga dapat menimbulkan sel-sel kanker. Oleh karena itu, jika misalnya ingin mengonsumsi olahan tomat, disarankan agar membeli tomat segar atau saus tomat dalam kemasan botol saja.

4. Salmon dari Peternakan

Makanan pemicu kanker lainnya adalah salmon. Salmon dikenal sebagai ikan dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Namun tahukah bahwa ikan salmon ternyata dapat menyebabkan kanker. Menurut penelitian salmon yang berasal dari peternakan memiliki kandungan kutu laut 30 kali lebih banyak daripada salmon yang didapatkan langsung dari laut. Adanya kandungan Merkuri, PCB dan dioxin pada salmon yang diternakan dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Usahakan selalu membeli salmon yang berasal dari laut, bukan salmon yang berasal dari peternakan.

5. Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu makanan yang dapat dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Mengonsumsi daging memang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, konsumsi daging merah yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan munculnya sel-sel kanker. Bahkan menurut penelitian Harvest Medical School mengonsumsi daging merah dapat menyebabkan peningkatan perkembangan kanker kolekoral.

6. Alkohol

Bukan hanya dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, minuman  ini juga dapat menyebabkan kecanduan bagi orang-orang yang  mengonsumsinya. Konsumsi alkohol yang berlebihan merupakan penyebab kedua kanker setelah tembakau. Menurut studi di Amerika  terhadap 200 ribu wanita yang mengonsumsi sebanyak satu gelas alkohol per hari, rupanya mampu menimbulkan  peningkatan 30 persen risiko kanker daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

7. Keripik Kentang

Camilan yang satu ini adalah snack yang banyak disukai oleh masyarakat. Di dalam keripik kentang memiliki kandungan akritamida, zat karsinogenik lain yang terdapat pada makanan yang dipanaskan dengan cara digoreng terlebih dahulu itu akan dapat menimbulkan peningkatan pembentukan sel-sel kanker.

8. Buah dengan Kandungan Pestisida

Buah merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dengan mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun tak banyak yang tahu, buah ternyata bisa menjadi penyebab pertumbuhan sel-sel kanker karena terkontaminasi kandungan pestisida. Pestisida biasanya digunakan untuk mengusir hama pada tanaman, seringkali buah yang kita konsumsi terpapar zat berbahaya yang satu ini. Buah seperti apel, jeruk, strawberry juga kadang banyak terpapar kandungan tersebut. Sebelum mengonsumsi buah ada baiknya kita mencuci terlebih dahulu buah dengan bersih menggunakan cairan khusus.

9. Makanan yang Diawetkan, yang Diasap atau Diasinkan

Tidak semua makanan baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, kita harus jeli dalam memilih makanan yang kita konsumsi setiap hari. Makanan yang dimasak dengan menggunakan bahan pengawet nitrat atau nitrit yaitu bahan pengawet atau pewarna makanan sangat tidak baik  untuk kesehatan. Kandungan pengawet pada bahan makanan ini dapat memicu kanker kolektoral atau perut. Selain makanan yang diawetkan, makanan yang mengandung asam terlalu tinggi juga dapat menyebabkan munculnya sel kanker dalam tubuh.

10. Pemanis Buatan

Bahan makanan pemicu kanker lainnya adalah pemanis buatan, atau aspartame, nama lainnya. Bahan makanan ini juga dapat menimbulkan kejang bagi mereka yang memiliki alergi terhadap aspartam. Jika dikonsumsi secara berlebihan bahan makanan ini akan menjadi racun yang dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit. Kanker kronis salah satunya.

Tips Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Penderita Kanker

Daftar di atas merupakan daftar makanan yang dapat memicu kanker. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi makanan kita harus jeli dan teliti. Selain itu pastikan makanan yang akan kit konsumsi bebas dari makanan pemicu kanker. Mencuci bahan makanan yang akan kita masak juga dapat dilakukan agar makanan yang dihasilkan tetap higienis.

Biasakan mencuci tangan sebelum makan. Karena banyaknya aktivitas yang biasa kita lakukan, terkadang mungkin kita jadi lupa untuk mencuci tangan sebelum mengonsumsi makanan. Cucilah tangan dengan cara mencuci tangan yang benar seperti membersihkan di sela-sela jari, agar tangan kita jadi benar-benar bersih.

Selain itu, menjaga pola hidup sehat juga dapat menjadi salah satu cara agar tubuh kita terhindar dari kanker. Olahraga  yang teratur, pola tidur yang terjaga akan membantu tubuh kita fit dan sehat. Menghindari makanan yang dapat menyebabkan kanker dan mengonsumsi makana yang lebih sehat juga dapat membantu tubuh kita terhindar dari bahaya kanker. Menjaga kesehatan tubuh dibutuhkan konsistensi dan juga pola hidup yang teratur. Tubuh yang sehat akan membantu kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jangan lelah untuk selalu konsisten hidup dengan gaya hidup yang empat sehat lima sempurna karena efek jangka panjangnya baik untuk tubuh.

Baca artikel lain mengenai Mengatasi Susah BAB Saat Kemoterapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.