Makanan Pemicu Kanker Serviks

Hindari Daftar Makanan Makanan Pemicu Kanker Serviks Berikut Ini!

Kanker menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Salah satu penyebabnya adalah mengonsumsi makanan pemicu kanker serviks. Kanker serviks merupakan penyakit yang menyebabkan sel-sel rahim tidak normal dan berkembang secara tidak terkendali. Kemudian sel-sel tersebut berkembang dan menyebabkan munculnya tumor pada serviks. Kanker serviks juga sering disebut sebagai kanker leher rahim. Tumor yang disebabkan karena pertumbuhan sel tidak normal tadi nantinya akan menyebabkan terjadinya penyakit kanker serviks.

Sedikit pengetahuan tentang leher rahim, merupakan organ tubuh yang menghubungkan antara vagina dan rahim. Kanker serviks merupakan kanker yang banyak diderita oleh para wanita di dunia. Jika masih dalam tahap awal, kanker serviks dapat disembukan. Menurut catatan WHO kanker serviks merupakan kanker yang memegang urutan keempat yang banyak diderita oleh perempuan. Bahkan di Indonesia sendiri setiap tahunnya tercatat 40.000 kasus kanker serviks yang terdeteksi.

Gejala Terjadinya Kanker Serviks

Gejala kanker serviks tidak terlalu kentara pada tahap awal. Sebelum tumor terbentuk gejala penyakit ini tidak terlalu signifikan. Namun berikut beberapa gejala kanker serviks, di antaranya:

  1. Siklus menstruasi yang tidak teratur, biasanya tanggalnya berubah-ubah dan tidak tentu pasti tanggal menstruasi.
  2. Pendarahan yang tidak wajar pada vagina. Bukan karena menstruasi namun karena sebab lain.  Misalnya saja pendarahan setelah buang air besar, setelah melakukan hungan seks dan pendarahan yang biasanya tidak terjadi pada kita.
  3. Nyeri pada panggul, di bagian bawah pada perut.
  4. Berat badan yang menurun tiba-tiba.
  5. Mudah lemas dan badan mudah lelah.
  6. Nafsu makan berkurang.
  7. Kaki bengkak.
  8. Nyeri saat berhubungan badan.
  9. Vagina mengeluarkan cairan yang tidak wajar, berbau dan terkadang disertai darah.

Itulah beberapa gejala kanker serviks. Jika mulai mengalami gejala tersebut segera periksakan ke dokter. Kanker yang terdeteksi lebih awal lebih mudah untuk disembuhkan.

Daftar Makanan Pemicu Kanker Serviks

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Seperti yang kita tahu bahwa kanker merupakan penyakit pembunuh utama yang menyebabkan kematian pada manusia. Oleh karena itu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terkadang kita tak sadar mengabaikan kesehatan karena hal-hal sepele. Seperti salah mengatur pola makanan.

Mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan, merokok, dan kebiasaan buruk yang lainnya yang menyebabkan kesehatan menurun. Salah satu penyebab kanker serviks adalah secara tak sadar kita sering mengonsumsi makanan pemicu kanker serviks Ternyata banyak sekali makanan pemicu kanker serviks yang dapat dengan mudah kita jumpai.

Berikut merupakan daftar makanan pemicu kanker serviks dan harus dihindari, di antaranya:

1. Gorengan

Menikmati sore hari sambil menyantap gorengan dan segelas teh atau kopi sungguh sangat nikmat, bukan? Tapi tahukah kamu makanan ini ternyata dapat menyebabkan kanker serviks. Penggunaan minyak goreng yang digunakan secara berkali-kali sangat tidak baik untuk kesehatan. Gorengan merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat, namun demi kesehatan kita, kita mungkin harus mengurangi konsumsi gorengan setiap hari dan menggantinya dengan makanan sehat seperti salad buah, atau makanan lainnya.

2. Makanan yang Mengandung Lemak

Makanan yang mengandung lemak juga dapat menjadi makanan pemicu kanker serviks. Makanan ini sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Lemak dapat memproduksi hormon estrogen. Jika hormon ini diproduksi secara terus-menerus dalam jumlah besar akan memicu munculnya sel-sel kanker dalam rahim.

Mengonsumsi makanan berlemak yanh ber;lebihan juga akan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Memiliki berat badan yang ideal tentunya adalah impian banyak orang. Oleh karena itu, agar berat badan kita terjaga dan kesehatan kita juga, kita harus mengurangi konsumsi makanan yang berlemak.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji banyak sekali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, Makanan ini dipilih karena cepat dan juga tidak memakan waktu lama dalam membuatnya. Masyarakat banyak memilih makanan ini karena praktis dan juga gampang membuatnya. Terlebih karena banyaknya restoran cepat saji di sekitar kita. Sesekali mengomsumsi makanan ini tidak masalah, tapi jika kita mengonsumsi makanan ini terus menerus tentunya akan membuat kesehatan kita tidak baik. Terlebih karena makanan ini dapat menyebabkan penyakit kanker serviks.

4. Alkohol

Risiko mengonsumsi alkohol adalah kecanduan. Selain itu, alkohol juga dapat merusak tubuh dan menyebabkan banyak penyakit. Bahkan alkohol juga dapat memicu munculnya kanker dalam tubuh. Menghindari minum alkohol adalah hal yang baik kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Softdrink

Mengonsumsi softdrink yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh. Softdrink juga termasuk dalam daftar minuman yang dapat memicu munculnya sel kanker dalam tubuh. Kandungan softdrink terdiri dari kalori, gula dan zat tambahan lainnya. Softdrink juga memiliki kandungan gula yang bersifat korosif yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker pankreas.

6. Makanan yang Mengandung Lemak

Makanan pemicu kanker serviks lainnya adalah makanan yang banyak mengandung lemak. Lemak memang diperlukan oleh tubuh, namun mengonsumsi lemak yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat memicu peningkatan hormon estrogen yang dapat menyebabkan munculnya sel-sel kanker dalam rahim yang sering terkena paparan hormon tersebut.

7. Makanan Ringan

Makanan ringan sering dipilih sebagai camilan sehari-hari karena harganya yang terjangkau. Makanan ini juga banyak diproduksi dengan bahan pengawet. Kandungan bahan pengawet dalam makanan ringan sangat berbahaa bagi tubuh. Terlebih jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Makanan ini juga banyak mengandung penyedap buatan yang dapat menimbulkan munculnya  sel kanker dalam tubuh.

8. Daging Merah

Daging biasanya menjadi menu pilihan yang digemari banyak orang. Tapi tahukah kita bahwa daging merah juga termasuk dalam daftar makanan pemicu kanker serviks. Selain itu, daging merah juga dapat menyebabkan kanker payudara dan kanker kolon. Oleh karena itu, konsumsi daging secukupnya, jangan berlebihan.

9. Daging Panggang

Menu daging panggang merupakan menu yang banyak digemari oleh masarakat. Daging  memang menjadi salah satu makanan favorit yang banyak disukai. Namun daging panggang ternyata dapat memicu munculnya sel-sel kanker. Proses pemanggangan daging atau lemak binatang akan menghasilkan senyawa Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (HPK) yang dapat menimbulkan sel kanker. Terutama jika kita mengonsumsi bagian daging yang gosong.

Itulah beberapa daftar makanan pemicu kanker serviks. Kita harus selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Tidak semua makanan baik untuk tubuh, terutama makanan berlemak, yang mengandung alkohol dan lain-lain.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan pola tidur kita. Pola tidur yang terjaga akan membuat tubuh dpat beraktivitas dengan baik. Olahraga yang teratur, makan-makanan yang bergizi, juga mengurangi makanan yang berlemak dan minuman alkohol bisa jadi kombinasi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Menjaga kesehatan adalah hal yang penting karena sehat itu mahal. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lain mengenai Makanan Sehat Setelah Operasi Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.