Makanan Anti Kanker

10 Makanan Anti Kanker Yang Tidak Kita Sadari

Makanan Anti kanker

Kanker menjadi penyakit yang mematikan di era ini, bagi anda yang masih mengira kanker adalah penyakit yang masih langka maka anda salah besar. Pengalaman saya mengantar mama ke rumah sakit di Singapura begitu banyak sekali pasien yang terkena kanker berobat ke Singapura, terutama pasien yang berasal dari Jakarta. Sebenarnya kanker jika masih kecil dan belum berkembang masih sangat mudah untuk ditangani, hal paling mudah yang bisa kita lakukan adalah menjaga pola makan kita sehari-hari. Berikut ini adalah 10 jenis makanan yang sehari-hari kita makan tetapi kita masih belum sadar bahwa itu berfungsi sebagai makanan anti kanker.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung “long chain omega 3” yang sangat berguna bagi tubuh untuk menghilangkan racun-racun negatif dalam tubuh. Selain itu omega 3 mengandung vitamin A yang berguna untuk melawan kanker, ikan yang paling banyak mengandung vitamin ini adalah mackerel dan salmon. Minyak ikan juga berguna untuk mengurangi resiko terkena kanker pada prostat, payudara dan usus. Selain dari itu minyak ikan juga mengandung vitamin D yang sudah terbukti sebagai nutrisi untuk berperang melawan kanker. Untuk informasi bahwa omega 3 dari minyak ikan berbeda dari flaxseed (short chain omega 3) yang mana memiliki fungsi yang berbeda.

  1. Wortel

Wortel, aprikot, paprika dan labu mengandung “carotenoids” yang berfungsi sebagai makanan anti kanker seperti betakaroten yang berfungsi untuk mengubah menjadi vitamin A ketika dibutuhkan oleh tubuh. 1 cangkir jus wortel, 2 kentang, 16 aprikot kering dan 4 cangkir ceri merah akan membantu tubuh mendapatkan 25 mg (jangan dimakan sekaligus, lakukan secara bertahap).

  1. Paprika Merah dan Kuning

Paprika merupakan sumber vitamin C utama di Inggris bahkan lebih bagus daripada jeruk. Vitamin C membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh dan menetralkan racun. Linus Pauling menyarakan bahwa penderita kanker seharusnya mengkonsumsi 2-10mg per hari. Paprika merah yang besar mengandung 250mg. Paprika merah dan kuning juga merupakan sumber dari “carotenoids” seperti pada wortel yang merupakan kandungan makanan anti kanker.

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari mengandung Zinc dan Vitamin E yang tinggi. Zinc bertujuan untuk membantu vitamin C melakukan fungsinya dan mempercepat penyembuhan. Biji bunga matahari juga penting untuk menunjang prostat yang sehat. Anda membutuhkan 15-25mg, 5 sendok makan biji matahari dapat memberikan asupan 10mg. Susu akan mengganggu penyerapan zinc pada tubuh. Selain itu biji bunga matahari juga mengandung selenium.

  1. Kacang

Kacang mengandung selenium yang berfungsi sebagai anti kanker di dalam tubuh. Untuk mendapatkan selenium tidak selalu harus dari kacang misalnya dari tuna, brokoli dan tomat. Konsumsi selenium yang harus dikonsumsi per hari adalah 100-200 mg. Menurut lembaga penelitian Cancer Watch, orang yang makan kacang setiap hari (almon atau walnut/buah kenari) memiliki umur lebih panjang karena mereka cukup mengkonsumsi serat dan minyak yang sehat.

  1. Jamur

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa jamur merupakan makanan anti kanker dan jamur juga berguna untuk menambah daya tahan tubuh. Untuk mengetahui lebih detail silahkan baca mengenai jamur sebagai makanan untuk melawan kanker.

  1. Tomat

Menurut Universitas Harvard 7-10 dalam seminggu membantu mengurangi resiko pada prostat sebesar 40%, selain itu juga membantu mencegah kanker paru-paru, usus, rahim dan payudara. Kandungan utama dalam tomat adalah Lycopene dan yang kita butuhkan adalah 25-40mg per hari. Selain itu kandungan ini juga dapat ditemukan pada strawberry, paprika, wortel dan buah peach. Lycopene dapat membantu mengurangi lemak jahat dalam darah dan berfungsi sebagai antioksidan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung folate, biotin, niacin dan semua vitamin B yang mana dapat membantu melawan kanker. Kandungan ini paling banyak terdapat pada kuning telur dan gandung. Selain itu sayuran hijau juga mengandung epigenetic yang berfungsi untuk membantu melawan kanker usus. Diet dengan hanya makan sayuran dapat membantu membuat tubuh menjadi basa dimana kondisi basa tidak disukai oleh sel kanker sehingga sel kanker tidak dapat berkembang.

  1. Brokoli

Sama halnya dengan sayuran hijau lainnya brokoli mengandung serat yang dapat membantu menghancurkan racun dalam tubuh. Selain itu brokoli mengandung galactose yang bagus untuk bakteri baik dalam tubuh. Brokoli juga mengandung indoles yang membantu mengatur hormon estrogen sehingga dengan begitu brokoli dapat indoles dapat membantu melawan kanker seperti kanker payudara, prostat, usus.

  1. Bawang

Bawang mengandung allicin yang dapat membantu menghentikan perkembang sel kanker misalnya saja membantu menghentikan supply darah ke sel kanker. Selain itu bawang putih mengandung selenium, trytophan dan sulphur yang berfungsi sebagai bahan yang aktif untuk membunuh sel kanker.

Itulah 10 jenis makanan anti kanker yang saya dapat dari hasil browsing, untuk sumber asli terdapat 12 jenis tetapi saya kurang begitu paham untuk 2 jenis sisanya. Jika anda ingin membaca lebih detail silahkan langsung saja ke web originalnya. Jika ada kesalahan dalam menerjamahkan saya mohon maaf, semoga posting ini dapat membantu anda semuanya terhindar dari kanker dan semoga bagi pasien kanker dapat lebih paham akan makanan anti kanker untuk membantu proses pengobatan kanker yang sedang dijalani. Jangan putus asa dan tetap berjuang untuk sembuh.

Souce: 12 food to fight cancer

Baca artikel lain mengenai Life Experience 03 – Kemoterapi di Klinik Dokter Kong Hwai Loong dan Transfer Factor Sebagai Pendamping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =