Khasiat Kenikir

Khasiat Kenikir dalam Dunia Medis dan Perannya Menyembuhkan Kanker

Mengenal Kenikir yang Kaya Manfaat

Kenikir atau biasa disebut dengan Cosmos Caudatus merupakan tanaman perdu berdaun majemuk bersilang dan berhadapan yang termasuk dalam anggota bunga aster. Bunga kenikir masuk kedalam suku Asteraceae atau keluarga bunga matahari yang merupakan kelompok terbesar tanaman berbunga. Kenikir sendiri memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Seperti disebut daun ulam raja di daerah Melayu. Daun kenikir di Jawa Tengah, dan disebut daun yellow ray flower di Inggris.

Khasiat kenikir memang sudah tidak diragukan lagi. Selain bisa dimanfaatkan sebagai masakan sehari-hari seperti urap, pecel, atau lalapan. Daun yang memiliki aroma khas ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan yang sangat banyak. Salah satu khasiat kenikir yang paling populer yaitu daun kenikir bisa meningkatkan nafsu makan bahkan bisa mengatasi penyakit serius seperti kanker atau Leukimia.

Mulai Dari Menangkal Radikal Bebas Hingga Leukimia

Meskipun belum banyak yang mengetahui mengenai fakta penting ini. Namun khasiat kenikir sebagai pengobatan kanker cukup ampuh mengatasi leukimia. Terlebih jika dilakukan bersamaan dengan pengobatan secara medis seperti kemoterapi atau radioterapi. Dalam berbagai penelitian medis, telah ditemukan bunga kenikir mepunyai sifat farmakologis yang efektif. Sedangkan daun kenikir mengandung karbohidrat, kaya dengan kalsium, mengandung 3% protein, 0,4% lemak, mengandung vitamin A, serta mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Habitat Tanaman Kenikir

Umumnya, kenikir bisa ditemukan secara liar disegala tempat. Di kebun, pekarangan, atau bisa juga tumbuh di tepi jalan. Dan cenderung menyukai iklim panas dengan lahan yang tak begitu lembab. Menyukai tanah berpasir, subur, dan juga suka berada di tempat terbuka dengan penyinaran matahari penuh. Selain itu, kenikir dapat ditemukan didataran rendah dan juga pegunungan diketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Morfologi Tanaman Kenikir

  1.  Tumbuhan ini memiliki tinggi 75 sampai 100 cm dan memiliki bau yang khas.
  2. Memiliki batang yang tegak, beralur membujur, segi empat, dan beruas berwarna hijau keunguan.
  3. Biasanya memiliki cabang yang banyak.
  4. Memiliki daun majemuk, yang berbentuk bersilang berhadapan, berbagi menyirip, ujung runcing dan tepi rata dengan panjang 15-25 cm.
  5. Mempunyai bunga majemuk dengan bentuk bongkol. Biasanya bunga tumbuh di ujung batang tangkai yang memiliki panjang kurang lebih 25 cm.
  6. Memiliki berbagai warna bunga, seperti kuning sedikit ranye, jingga, kuning dan merah.
  7. Mahkota bunga terdiri dari 8 daun mahkota dengan panjang kurang lebih 1 cm.
  8. Memiliki benang sari berbentuk tabung.
  9. Kepala sari biasanya berwarna cokelat kehitaman, dengan putik berambut berwarna hijau kekuningan, merah.
  10. Memiliki buah keras berbentuk seperti jarum dengan ujung berambut. Biasanya akan berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi cokelat setelah tua.
  11. Memiliki biji kecil berbentuk jarum dengan panjang kurang lebih 1 cm.
  12. Tumbuh dengan akar tunggang dan berwarna putih.

Manfaat Kenikir Secara Umum

Secara umum, khasiat kenikir bisa terbilang sangat banyak. Tidak hanya bisa mengatasi penyakit mematikan seperti kanker. Nyatanya kenikir juga bermanfaat untuk mengobati penyakit yang terbilang lebih umum, seperti:

  1. Obat maag dan mengobati lemah lambung.
  2. Meningkatkan nafsu makan pada anak maupun orang dewasa.
  3. Obat jantung lemah.
  4. Obat penyakit gondongan.
  5. Obat cuci darah.
  6. Sebagai obat payudara bengkak yang biasanya disebabkan karena terus-menerus mengeluarkan ASI.
  7. Bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.
  8. Menguatkan tulang.
  9. Obat kanker.
  10. Mengatasi bau mulut.

Manfaat Kenikir Untuk Melawan Kanker

Secara umum, seseorang yang mengidap kanker memang akan memilih menempuh pengobatan secara medis. Hal tersebut disebabkan karena pengobatan secara medis memang terbilang lebih efektif dibandingkan pengobatan secara herbal.

Namun meskipun begitu, tentu menyelingi pengobatan medis dengan mengkonsumsi bahan alami herbal seperti kenikir bisa pasien lakukan untuk membuat pengobatan kanker menjadi lebih maksimal. Salah satu fakta ini tentu merupakan hal yang wajib anda pertimbangkan mengingat kandungan kenikir yang telah dipercaya mampu mengobati kanker. Hal ini memang belum bisa dijadikan rujukan ilmiah. Namun bukan berarti mencoba kenikir sebagai pengobatan secara herbal tidak perlu dilakukan.

Cara Kerja Kenikir Kikis Sel Kanker dalam Tubuh

Hal tersebut didasarkan karena nyatanya kenikir memiliki kandungan yang ampuh mencegah dan mengatasi penyakit kanker dalam tubuh. Kandungan kenikir seperti terpenoid, saponin, dan flavonoid bisa membantu tubuh menghalau senyawa radikal bebas sehingga risiko tubuh mengalami kerusakan sel akan berkurang. Selain itu, kandungan kenikir akan membuat daya tubuh meningkat. Tidak hanya itu, kenikir juga mengandung artemisinin yang merupakan senyawa utama membunuh sel kanker.

Kandungan Artemisin akan membuat sel kanker di dalam tubuh mengalami apoptosis atau menghancurkan diri sel kanker sendiri. Sehingga secara bertahap, sel kanker dalam tubuh pasien akan berkurang. Selain membuat sel kanker mengalami apoptosis, kandungan artemisin pada kenikir juga akan mengikat iron sehingga sel kanker perlahan akan diluruhkan dan dibuang. Oleh karena itu, untuk hasil yang maksimal, biasanya penderita harus mengkonsumsi kenikir setiap hari secara rutin sebagai pendambing pengobatan secara medis.

Bukti Medis Bahwa Kenikir Ampuh Kikis Sel Kanker

Di luar negeri sendiri, penelitian mengenai ampuhnya khasiat kenikir telah dilakukan. Salah satunya, penelitian yang telah diterbitkan oleh life science. Menurutnya, hanya dengan waktu kurang dari l6 jam, kenikir mampu membunuh 98% sel kanker payudara pada tubuh. Tidak hanya itu, pengobatan ini juga telah dipakai di China.

Sebenarnya, di masa lalu kenikir telah banyak dimanfaatkan sebagai obat anti malaria yang cukup kuat. Dan kini, khasiat kenikir kembali ditemukan terbukti efektif melawan sel kanker di dalam tubuh. Apalagi jika kenikir dikombinasikan dengan tanaman apasintus. Dipercaya akan memusnahkan hampir semua sel kanker di dalam tubuh.

Salah satu ilmuan yang pertama kali menemukan khasiat kenikir yaitu The bioengineers Henry Lai dan Narendra Singh dari university of Washington, seattle. Mereka telah melakukan penelitian dan membuktikan bahwa kenikir akan membuat sel kanker mengalami Apoptosis.

Karena banyaknya khasiat kenikir tidak heran, produsen farmasi perancis “Sanofi” berusaha memproduksi kira-kira 50-60 ton Artemisinin. Dan di indonesia sendiri, kandungan artemisinin tersebut bisa didapatkan dengan mudah melalui Kenikir.

Cara Pengolahan Kenikir Untuk Mengobati Kanker

Bisa dibilang, dibandingkan dengan bahan alami lainnya, pengolahan kenikir sebagai pengobatan cenderung lebih mudah dan praktis karena bisa diolah dengan berbagai variasi. Variasi pengolahan kenikir sebagai pengobatan antara lain, yaitu:

  1. Dikonsumsi sebagai lalapan.
  2. Diolah sebagai jus.
  3. Direbus daunnya, untuk mengambil sari dari daun kenikir.
  4. Dikonsumsi setelah kenikir diekstrak.
  5. Diolah menjadi masakan sehari-hari.

Jenis-Jenis Kenikir untuk Pengobatan Kanker

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kenikir merupakan tumbuhan liar yang dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tumbuhan yang termasuk tanaman tropis ini memiliki bermacam-macam jenis. Mulai dari yang daunnya bisa dikonsumsi sebagai obat bahkan masakan. Bahkan kenikir yang digunakan sebagai bagian dari upacara agama hindu. Anda juga mesti mengenali mana kenikir yang bisa dikonsumsi dan mana kenikir hias. Ada satu jenis lagi kenikir yang berfungsi sebagai tanaman refugia atau tanaman yang bermanfaat untuk membasmi jenis hama.

Adapun menurut warna bunganya, kenikir memiliki variasi warna yang cukup banyak. Mulai dari kuning pucat, kuning kemerahan, kuning cerah, jingga dan juga merah. Berikut ini cara mengenali kenikir yang bisa dikonsumsi untuk masakan maupun obat kanker.

  1. Daun kenikir tidak bergetah serta daunnya tidak berbulu.
  2. Meskipun berbau menyengat, kenikir mempunyai aroma yang harum dan tetap bisa diterima oleh indra penciuman manusia.
  3. Warna yang mencolok pada tumbuhan kenikir hanya terdapat pada bagian bunga, cabang, daun hingga batang tumbuhan.
  4. Warna bunga kenikir umumnya kuning cenderung oranye.

Nah itulah ulasan mengenai khasiat kenikir yang masih belum banyak diketahui, khususnya untuk atasi kanker.

Baca artikel lain mengenai Madu dan Jahe untuk Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.