Khasiat Buah Plum

Khasiat Buah Plum yang Jarang Diketahui Selain untuk Diet

Buah plum adalah salah satu jenis buah yang masih cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah. Buah plum memang bukanlah buah asli Indonesia, selain itu keberadaannya juga tidak sebanyak buah-buahan import lainnya di pasaran. Bukan cuma sebagai buah yang cocok untuk makanan ringan, buah plum ini juga memiliki banyak sekali khasiat yang berguna untuk kesehatan.

Buah plum biasanya berwarna merah kehitaman, atau ungu pekat dan dipercaya sebagai antioksidan alami yang bisa dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas serta mampu mencegah kanker. Banyaknya kandungan vitamin dan mineral alami yang baik untuk tubuh ini membuat buah plum banyak digemari oleh pelaku hidup sehat.

Buah yang satu ini enak dikonsumsi dalam kondisi segar, alias disantap langsung. Tetapi bisa juga dikeringkan supaya lebih awet lagi. Belakangan ini buah plum kering juga jadi idola untuk menurunkan berat badan, lho! Dalam buah plum terdapat aneka vitamin seperti vitamin C dan macam-macam vitamin B juga ada vitamin K, kandungan mineral melimpah seperti zat besi, kalsium, flouride dan magnesium, phenols dan juga vitamin A, lutein, vitamin E dan beta carotene (antioksidan). Tak heran, dengan mengonsumsi buah plum saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Khasiat Buah Plum Menurut Para Ahli

Melihat betapa populernya buah yang satu ini di lingkungan pecinta hidup sehat, tentu saja bukan tanpa alasan medis apapun. Karena diketahui buah plum ini memang memiliki kandungan anthocyanins yang nilainya cukup tinggi, anthocyanins itu sendiri adalah salah satu jenis senyawa phenols yang bisa mengolah nutrisi dalam buah plum tersebut mudah diserap oleh tubuh kita melalui usus besar dan usus kecil, kemudian mengalir di dalam serum serta di dalam air kencing.

Lalu apa khasiat anthocyanins? Khasiatnya adalah senyawa ini mempunyai efek antioksidan alami yang baik sekali. Tak hanya bisa ditemukan di dalam buah plum, namun juga kita bisa menemukan senyawa ini pada anggur, beri, ceri serta berbagai buah dengan warna yang gelap lain.

Efek antioksidan yang bisa didapatkan dari anthocyanins ini kemudian dipercaya memiliki banyak sekali hubungan dengan kondisi kesehatan kita, mampu mencegah penyakit kardiovaskular (jantung), anti efek radang, mencegah obesitas (untuk menurunkan berat badan), mencegah diabetes, serta untuk mencegah kanker.

Ditambah lagi dengan adanya vitamin A dan C ini mampu menjaga sistem pertahanan tubuh supaya selalu ada dalam kondisi terbaiknya. Tak heran jika kemudian buah plum semakin disarankan untuk mereka yang ingin menghindari kanker karena mampu mencegah serangan sel kanker pada sistem tubuh kita. Apalagi ada vitamin E yang bisa melindungi membran sel imun tubuh kita dengan optimal. Pelindungan dari kanker pun bisa didapatkan dengan maksimal.

Khasiat Buah Plum Lainnya yang Bermanfaat

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tambahan mengenai khasiat buah plum lainnya, yang tidak cuma disarankan untuk menjadi cemilan sehat untuk menurunkan berat badan, namun juga untuk antioksidan dan pencegah kanker. Lalu apa saja manfaat lainnya dari buah yang memiliki rasa manis-manis asam ini?

  • Menjaga Fungsi Kognitif. Adanya penurunan pada fungsi kognitif adalah salah satu problematika yang dihadapi oleh masyarakat menjelang usia senja, tapi banyak juga masyarakat dalam usia produktif harus mengalami kondisi ini karena gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, cobalah untuk memulai gaya hidup sehat dan perbanyak mengonsumsi buah plum. Sebab adanya kandungan fitonutrisi (misal flavonoid) yang ada di dalamnya bermanfaat sebagai pencegah adanya gangguan neurologi seperti Parkinson atau Alzheimer. Selain itu juga baik untuk memperlancar proses belajar dan mengoptimalkan fungsi memori.
  • Melancarkan Fungsi Sistem Saraf. Adanya kandungan vitamin B6 dalam buah plum rupanya memiliki peranan penting untuk sistem saraf pusat kita. Antaranya adalah untuk memperlancar proses hantaran sinyal pada saraf, untuk pertumbuhan normal otak, juga bisa membantu pembentukan hormon yang memiliki pengaruh dalam membangun suasana hati atau mood seseorang. Bahkan mampu mengatasi gangguan susah tidur juga, lho! Sebab ada kandungan triptofan di dalamnya yang memiliki peranan dalam memproduksi serotonin.
  • Menguatkan Sistem Imun Tubuh. Memperkuat Sistem Imun Tubuh Kandungan vitamin C dalam buah plum cukup tinggi, maka tak mengherankan apabila buah ini dapat dijadikan alternatif sebagai salah satu sumber untuk membantu memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai ancaman infeksi atau penyakit. Selain itu, kandungan unsur imunostimulan pada buah plum juga terbukti dapat mendorong produksi oksida nitrat di dalam tubuh sehingga dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai jenis penyakit. Agar tubuh selalu berada dalam kondisi fit dan prima, nampaknya kita harus mulai berburu buah yang satu ini bukan.
  • Kendalikan Kolsterol. Ada yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Sebaiknya segera konsumsi buah plum secara teratur di setiap hari, sebab menurut sebuah studi komparatif yang terpercaya, buah plum ini memiliki fungsi untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah supaya tetap dalam batas aman, bahkan lebih baik dibanding anggur merah, lho! Berkat adanya serat dalam buah plum, juga turut membantu memberikan perlindungan ganda untuk jantung dengan cara mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat, namun kadang HDL atau kolesterol baiknya meningkat.
  • Atasi Anemia dan Kecemasan. Buah plum yang mengandung zat besi serta tembaga ini penting untuk membentuk sel darah merah sehingga terhindar dari anemia. Selain itu adanya efek anxiolytic dan juga sifat antioksidan yang berasal dari asam klorogenik di dalam buah plum ini terbukti klinis mampu redakan gangguan kecmasan akibat stres oksidatif. Buah ini cocok dikonsumsi oleh orang yang sering galau.
  • Jadi Sumber Nutrisi Lengkap untuk Bumil. Calon ibu yang sedang mengandung butuh lebih banyak nutrisi dan di dalam buah plum semuanya tercukupi. Adanya kandungan flavonoid, vitamin B6, vitamin C, sorbitol, zat besi, serat yang tinggi, isatin serta beberapa senyawa lain yang ada di dalamnya bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ekstra bagi ibu hamil dan menyusui.
  • Untuk Melawan Sel Kanker. Ini adalah khasiat buah plum yang paling populer, karena adanya kandungan epicatechin (epikatekin) di dalam buah ini adalah salah satu macam flavonoid yang sudah terbuktikan mampu menghambat pertumbuhan dan juga proliferasi sel kanker ganas yang mematikan juga bisa menginduksi apoptosis pada kanker liver. Bahkan buah ini memiliki efek penyembuhan untuk kanker payudara tanpa membunuh sel-sel tubuh yang sehat (tidak seperti kemoterapi) sebab buah plum merupakan buah kaya akan antioksidan dan juga fitonutrien (termasuk asam klorogenik dan asam neo-klorogenik)

Walau begitu, tetap diperlukan penelitian yang lebih mendalam mengenai manfaat buah yang satu ini untuk antioksidan yang mampu menghalau berbagai jenis penyakit, sehingga belum bisa dianjurkan sebagai pengganti obat. Walaupun belum bisa dikonsumsi penuh sebagai pengganti obat, akan tetapi kita tetap bisa mengonsumsi buah yang satu ini untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi, serta sebagai ikhtiar untuk mencegah kanker menyerang.

Baca artikel lain mengenai Manfaat Mahkota Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.