Khasiat Buah Bit untuk Kanker

Keunikan Khasiat Buah Bit untuk Kanker

Buah bit yang memiliki warna merah ini ternyata merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh. Buah bit bisa mengatasi berbagai jenis penyakit ringan sampai untuk mengobati dan terapi bagi kanker. Khasiat buah bit yang cukup banyak bagi kesehatan membuatnya banyak diburu untuk dikonsumsi dengan berbagai cara.

Berbagai khasiat dari buah bit tersebut tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Apa saja kandungan yang membuat manfaat buah bit sangat disukai banyak orang?

  1. Mengandung kalium yang membantu menjaga dan melancarkan keseimbangan cairan yang terdapat dalam tubuh.
  2. Mengandung asam folat yang baik untuk mengganti sel-sel rusak dan menumbuhkan sel-sel baru.
  3. Mengandung betasianin yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.
  4. Mengandung fosfor dan zat bersi yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menjaga sistem kekebalan dari tubuh.
  5. Mengandung caumarin yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya tumor.
  6. Mengandung serat dan vitamin C yang membantu dalam menormalkan saluran dari darah dan menumbuhkan jaringan.
  7. Mengandung magnesium yang bisa membantu menjaga fungsi dari syaraf dan otot dan mengandung tembaga yang bisa membentuk sel-sel darah merah.

Khasiat Buah Bit untuk Kanker dan Kesehatan Lainnya

Manfaat buah bit untuk kanker tidak terlepas dari kandungan gizi di dalamnya. Selain itu, buah bit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Apa saja manfaat buah bit untuk kesehatan tersebut, berikut uraiannya.

  1. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Buah bit bisa menjadi pembersih yang alami untuk ginjal yang membuat kandungan racun yang terdapat dalam tubuh menjadi netral. Buah bit juga bisa mengurangi risiko gangguna pada area ginjal.
  2. Membantu tubuh untuk terhindar dari kekurangan darah atau anemia. Anemia menjadi salah satu gejala penyakit yang bisa membuat penderitanya merasa lemas karena kekurangan sel darah merah. Buah bit sendiri ternyata bisa membantu dalam produksi sel darah merah dan tentunya menghindarkan seseorang dari anemia.
  3. Membantu mengatasi masalah yang terjadi pada pencernaan. Area pencernaan umumnya cukup sering terganggu terutama bisa pola hidup kurang sehat. Untuk melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan, buah bit bisa menjadi solusinya.
  4. Membantu mencegah pertumbuhan dan mengatasi sel kanker. Salah satu manfaat buah bit yang sangta dicari adalah kemampuannya untuk mencegh pertumbuhan sel kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan membantu mengatasi sel-sel kanker itu sendiri. Buah bit banyak dipercaya bisa menghancurkan sel kanker dan sel tumor.

Fungsi Buah Bit untuk Membunuh Sel Kanker

Tingginya radikal bebas dalam tubuh bisa memicu aneka penyakit, salah satunya kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan penyebaran dan pertumbuhan selnya bisa sangat cepat jika asupan gizi makanan tidak diperhatikan, tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh, dan pola hidup yang tidak sehat. Munculnya kanker bisa terjadi dengan dimulainya kerusakan pada berbagai komponen sel seperti lemak, protein, DNA, dan karbohidrat. Ketika kerusakan tersebut terjadi, buah bit dan kandungan gizinya sangat dibutuhkan.

Khasiat buah bit untuk kanker terdapat pada gabungan beberapa senyawa baik dalam buah bit seperti vitamin C, pigmen warna merah pada buah bit, serat, dan senyawa betanin. Gabungan senyawa tersebut bisa membantu tubuh untuk memerangi sel-sel kanker. Tetapi, selain dari senyawa-senyawa tersebut, kandungan zat besi yang tinggi dalam buah bit juga berperan dalam melawan sel kanker.

Zat besi pada buah bit bisa membantu proses regenerasi pada sel-sel darah merah yang akan berpengaruh pada jumlah oksigen yang bisa lebih banyak diangkut dalam darah. Jika kandungan oksigen dalam darah cukup tinggi, maka akan membantu juga dalam meningkatkan respirasi dari sel. Tingginya respirasi sel ini bisa membantu dalam membunuh dan memerangi sel-sel kanker dalam tubuh.

Fungsi spesifik dari buah bit untuk membunuh sel kanker di antaranya sebagai berikut.

  1. Buah bit terutama yang diolah menjadi jus memiliki fungsi untuk detoksifkasi dalam tubuh serta melindungi dalam tubuh.
  2. Buah bit berfungsi juga untuk meningkatkan jumlah oksigen di dalam sel-sel tubuh yang pada akhirnya akan bisa melindungi jumlah dari vitamin C yang memang memiliki fungsi yang baik sebagai antikanker.
  3. Buah bit memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Zat besi dalam buah bit sendiri berfungsi untuk meningkatkan regenerasi sel-sel darah merah yang akhirnya akan menghasilkan lebih banyak sel-sel darah merah dengan kandungan oksigen yang tinggi di dalamnya. Jumlah oksigen yang lebih banyak dalam sel-sel darah sendiri akan mampu meningkatkan sistem respirasi yang sangat berperan dalam membunuh sel-sel kanker.

Cara Mengolah Buah Bit untuk Kanker dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Buah bit bisa dikonsumsi dengan berbagai cara begitu juga untuk menjadikan buah bit sebagai salah satu obat untuk mengatasi kanker. Berikut beberapa cara mengolah buah bit yang bermanfaat untuk melawan sel kanker.

Dibuat menjadi jus antikanker

Siapkan 1 buah bit berwana merah, wortel sebanyak 75 gram, buah apel sebanyak 50 gram, dan air es sebanyak 200 ml. Cuci bersih semua bahan buah dan potong-potong. Masukkan semua bahan yang sudah dipotong tersebut ke dalam blender, campur dengan 200 ml air es, kemudian blender sampai halus. Sajikan selagi masih segar dan siap dinikmati. Resep jus buah bit antikanker ini untuk satu porsi.

Dibuat menjadi jus yang bisa menghancurkan sel kanker dan sel tumor

Siapkan setengah buah bit, 2 buah wortel yang sudah dipotong dan dicincang halus, 1 atau 2 batang seledri, parsley sebanyak 4 batang, dan bayam sebanyak 30 gram. Campurkan semua bahan dan blender sampai halus. Sajika dan siap dinikmati.

Dibuat menjadi jus untuk detoks

Siapkan setengah buah bit yang berukuran besar, pir sebanyak 1 buah, apel sebanyak 1 buah, dan pysllium husks (serat yang seperti agar-agar bila dicampur air) sebanyak 2 sendok makan. Blender halus semua campuran buah kemudian aduk rata dengan pysllium husks. Sajikan dan segera minum.

Dibuat jus untuk mengobati anemia

Selain membantu mengatasi kanker, buah bit juga bisa mengobati anemia. Cara membuat jus untuk anemia adalah dengan menyiapkan buah bit. Cuci buah bit sampai bersih, kupas, dan potong-potong, kemudian blender sampai halus. Peras buah bit yang sudah hancur tersebut, ambil airnya saja. Sajikan dan siap diminum.

Cara mengolah buah bit bisa dilakukan dengan cara lain selain dibuat jus. Setiap orang juga bisa berkreasi mengolah buah bit agar mendapatkan rasa yang enak dan lezat untuk bisa dikonsumsi setiap hari dan tentunya akan sangat baik bila pasien kanker menyukai rasa jus buah bit yang sudah dicampur dengan bahan lain yang menjadikannya segar dan tentunya menyehatkan.

Buah bit termasuk jenis buah yang mudah ditemukan. Umumnya buag bit dijual di supermarket besar dan sudah dikemas. Setiap kemasan bisa terdiri dari dua buah bit besar atau tiga buah bit kecil. Tetapi ada juga yang belum dikemas dan tentunya pembeli bisa memilih ukuran buah bit sendiri. Harga buah bit memang terbilang cukup tinggi per buah atau per kilonya. Tetapi, harga yang cukup tinggi dari buah bit berbanding lurus dengan khasiat, kandungan, dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh terutama untuk mencegah dan membantu mengobati penyakit kronis seperti kanker.

Pengobatan menggunakan buah bit pun tetap harus sejalan dengan pengobatan medis dari dokter. Konsultasikan dahulu dengan dokter agar pengobatan medis dan terapi buah bit bisa berjalan berdampingan tanpa saling bertabrakan. Selamat mencoba!

Baca artikel lain mengenai Manfaat Okra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 5 =