Khasiat Benalu Belimbing

Ternyata Khasiat Benalu Belimbing Bisa Digunakan Sebagai Obat Kanker

Benalu memang dikenal sebagai tanaman yang merugikan bagi tanaman yang ditimpanginya. Karena benalu memang memiliki sifat parasite. Namun, siapa sangka, di balik hal ini, dalam hal kesehatan benalu memiliki fungsi untuk kesehatan. Salah satunya adalah kegunaan sebagai obat kanker. Jadi bagaimana khasiat benalu belimbing untuk kesehatan, khususnya kanker ini?

Apa Itu Benalu?

Penyebutan nama benalu dikaitkan dengan nama dari pohon yang ditumpanginya. Benalu belimbing adalah jenis benalu yang menempel pada pohon belimbing. Untuk sebutan yang lainnya, tetap dilekatkan dengan nama tanaman yang ditumpanginya.

Benalu memang memiliki kekhasan untuk menempel pada tumbuhan dengan pohon yang tinggi dan memiliki daun dalam jumlah yang banyak, sebut salah satunya adalah pohon belimbing. Terkadang, keberadaan dari daun benalu ini hampir menyerupai daun dari pohon inangnya. Namun, daun benalu ini berada di bagian atas dari pohon inangnya.

Benalu memiliki daun dengan jumlah yang tak sedikit. Daunnya berwarna hijau. Jumlah daun benalu ini akan bergantung dengan kemampuan dari benalu itu sendiri untuk menghisap makanan dari tanaman inangnya. Semakin banyak daun yang diproduksi oleh benalu maka hal ini menandakan bahwa benalu telah mampu menghisap makanan dengan optimal. Sebaliknya hal ini akan memberikan efek buruk pada pertumbuhan pohon inangnya.

Kemampuan menghisap makanan oleh benalu dilakukan oleh akar dari benalu itu sendiri. Akar benalu inilah yang menancapkuat di dalam pohon inang dan kemudian mencuri makanan tersebut. Akar ini akan masuk ke dalam jaringan pengangkut makanan tersebut kemudian mengambil makanan yang telah diproduksi oleh tanaman tersebut. Makanan yang seharusnya diedarkan ke seluruh jaringan pohon, kemudian diambil untuk pertumbuhan benalu.

Bagian lain dari benalu selain daun dan akar adalah bunga dan buah. Bunga benalu memiliki benang sari yang digunakan sebagai penyebarannya. Buah benalu memiliki bentuk bulat seperti peluru dengan warna akhir yang dihasilan adalah ungu tua.

Dalam perkembangan dunia penelitian mengenai kesehatan, benalu ditemukan memiliki fungsi dalam pengobatan. Misalnya dapat digunakan sebagai obat amandel, penyakit campak sampai pada pengobatan untuk penyakit kanker. Yang terakhir inilah yang banyak menyedot perhatian karena benalu dianggap memiliki fungsi sebagai obat anti kanker.

Benalu Belimbing

Benalu belimbing merupakan jenis benalu yang menempel pada pohon belimbing. Pohon belimbing memang merupakan satu jenis pohon dengan ketinggian yang di atas rata-rata sehingga sesuai sebagai tempat hidup benalu.

Benalu belimbing ini memiliki struktur tubuh yang memang sama dengan struktur benalu lainnya. Benalu belimbing termasuk dalam kategori tanaman perdu yang memiliki cabang dalam jumlah banyak. Rantingnya memiliki ukuran ruas yang lebar. Tangkai daun benalu belimbing ini cenderung lebih pendek. Benalu belimbing menghasilkan bunga dengan jumlah lebih dari satu. Tangkai bunganya juga tergolong lebih pendek. Selain itu, benalu juga menghasilkan biji.

Hampir menyerupai jenis benalu yang lain, benalu belimbing juga dapat digunakan sebagai obat. Kandungan senyawa yang ditemukan pada benalu belimbing, tepatnya pada bagian daun dan batang adalah alkaloida, saponin, flavoboid dan juga tannin. Sedangkan ada benalu dari jenis tertentu lain yang memiliki kandungan glokosida kuersetin. Kandungan lain yang diteliti dikandung di dalam benalu adalah antioksidan.

Dengan kandungan ini, benalu belimbing memiliki manfaat dalam pengobatan, misalnya dapat digunakan sebagai obat batuk, diuretic, menjaga kesehatan ibu setelah masa melahirkan, menghilangkan rasa nyeri, sebagai obat luka atau untuk obat infeksi kapang.

Terdapat jenis kanker yang dapat diobati dengan konsumsi benalu belimbing ini, misalnya adalah kanker payudara. Konsumsi benalu belimbing ini yang diubah ke dalam bentuk teh, dapat digunakan sebagai obat penunjang pada masa menjalani proses kemoterapi.

Sejatinya, beberapa pihak telah menemukan khasiat dan manfaat dari benalu ini sebagai obat anti kanker. Di beberapa negara seperti Jepang, Cina, Korea dan juga beberapa negara yang ada di benua Eropa sudah mempergunakan tanaman benalu ini sebagai obat, salah satunya sebagai obat anti kanker.

Manfaat benalu belimbing sebagai obat anti kanker ini tentu saja berkaitan erat dengan kandungan senyawa yang terdapat dalam benalu belimbing. Sebut saja seperti antioksidan yang membantu untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat lainnya adalah mampu untuk menangkal racun, membunuh virus dan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh. Serta dalam kasus pengobatan kanker, kandungan senyawa benalu ini mampu untuk melawan sel kanker yang bersifat jahat di dalam tubuh. Sehingga, sel kanker tersebut dapat dihentikan aktivitasnya, dapat dilemahkan dan kemudian dihentikan pula agar tidak sampai tumbuh dan berkembang. Pada akhirnya, sel kanker tersebut dapat dimatikan. Dengan mati atau hancurnya sel kanker yang menyerang tubuh, maka serangan sel kanker terhadap tubuh juga dapat dihentikan.

Benalu Obat Kanker yang Bisa Diolah

Pemanfaatan benalu belimbing sebagai obat anti kanker dapat menggunakan bagian daun dari benalu itu sendiri. Daun benalu diambil beberapa helai. Kemudian, ada dua cara yang dapat dipakai. Cara yang pertama adalah dengan cara langsung. Yaitu dengan merebus beberapa helai daun benalu belimbing ini. Proses merebus ini dengan menggunakan air sebanyak beberapa gelas. Kemudian direbus selama beberapa saat sampai air rebusan berkurang dari jumlah air awalnya. Penderita kanker dapat meminum air rebusan benalu ini segera setelah proses perebusan benalu selesai.

Cara yang kedua adalah dengan mengeringkan benalu belimbing ini. Daun benalu tetap diambil beberapa helas, kemudian dibersihkan dan dikeringkan sampai mongering. Penggunaan daun benalu yang sudah kering ini dilakukan dengan menyeduhnya dengan air panas, layaknya seperti membuat teh. Inilah yang kemudian membuat penyebutan benalu sebagai obat dengan sebutan benalu teh.

Setelah diseduh dengan air panas dan dirasakan bahwa ekstrak benalu yang terkandung di dalam benalu teh keluar, maka air seduhan inilah yang diminum. Cara ini dirasakan lebih praktis dibandingkan dengan cara yang pertama, walaupun sejatinya hampir sama saja.

Konsumsi air rebusan benalu belimbing ini sebaiknya dilakukan secara rutin. Tentu saja hal ini adalah untuk mengoptimalkan kerja dari senyawa yang terkandung di dalam daun benalu itu sendiri. Karena konsep kerjanya sama dengan tanaman herbal yang lainnya, yaitu harus diminum secara teratur dan dalam kurun waktu tertentu. Sebagian besar tanaman atau obat herbal membutuhkan waktu dalam proses pencapaian manfaatnya. Karena tidak bersifat instant dan butuh keseriusan dan ketlatenan dalam mengkonsumsinya.

Inilah salah satu jenis penelitian yang dilakukan untuk membawa manfaat bagi banyak manusia. Benalu belimbing yang dianggap sebagai tumbuhan parasite yang tak memiliki manfaat, ternyata di balik itu semua membawa satu khasiat besar yaitu sebagai obat untuk kanker. Tentu saja, hal ini akan memberikan manfaat besar pada kehidupan manusia, terutama bagi penderita kanker. Karena mereka akan mendapatkan obat kanker dengan lebih mudah, dan tentunya dengan harga yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan proses pengobatan kanker secara medis. Semoga bermanfaat!

Baca artikel lain mengenai Pencegahan Penyakit Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =