Khasiat Bawang Dayak

Khasiat Bawang Dayak untuk Atasi Penyakit Kanker

Bawang dayak merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang berasal dari Kalimantan Tengah yang menjadi tempat tinggal para Suku Dayak. Bawang Dayak sendiri sudah cukup lama digunakan sebagai tanaman obat oleh Suku Dayak. Nama dari bawang dayak juga beragam mulai dari bawang berlian, bawang lubak, bawang sabrang, bawang hantu, dan bawang tiwai. Warna umbinya merah seperti halnya bawang merah, tetapi memiliki warna merah yang lebih pekat.

Kandungan dalam Bawang Dayak

Bawang dayak memiliki predikat sebagai tanaman obat tentunya karena kandungan di dalamnya yang baik untuk kesehatan dan bahkan membantu dalam mengobati penyakit kanker. Salah satu kandungan penting dalam bawang dayak yang bemanfaat untuk membantu pengobatan kanker adalah beberapa jenis senyawa fitokimia di dalamnya. Beberapa senyawa fitokimia tersebut di antaranya tannin, steroid glikosida, flavonoid, alkaloid, fenolik, dan saponin.

  1. Saponin berfungsi untuk mencegah terjadinya obesitas, zat antioksidan yang baik, dan mencegah beberapa jenis penyakit kanker khususnya kanker prostat dan kanker usus besar.
  2. Alkaloid berfungsi sebagai antimikroba sehingga membuat tubuh tidak mudah terserang mikroba.
  3. Tannin berfungsi sebagai penawar racun, mengatasi diare dan bahkan mencegah timbulnya diare, dan berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu menghambat dan mencegah sel kanker untuk tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.
  4. Glikosida berfungsi untuk mengobati kolesterol, obat untuk jantung, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan bisa berfungsi sebagai obat pencahar.
  5. Flavonoid berfungsi sebagai zat antikarsinogen, mencegah pertumbuhan sel kanker, antidiabetes, melancarkan keluarnya urin, antiinflamasi, dan antidepressant.

Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Banyak orang tentunya bertanya mengenai khasiat bawang dayak untuk kesehatan. Ya, bawang dayak memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Khasiat bawang dayak untuk kanker juga bisa dirasakan. Berikut beberapa khasiat bawang dayak untuk kesehatan.

  1. Mencegah Munculnya Tumor dan Kanker. Salah satu khasiat utama dari bawang dayak adalah mencegah munculnya tumor dan kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang dayak membantu untuk mencegah terjadinya dua penyakit yang berbahaya tersebut. Selain itu, bawang dayak juga mengandung naphtoquinones yang bermanfaat untuk mencegahnya munculnya sel-sel kanker dan tumor.
  2. Membantu dalam Tingkatkan Daya Tahan Tubuh. Bawang dayak banyak mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan pada tubuh. Tingginya kemampuan dari daya tahan tubuh akan mengurangi risiko tumbuhnya sel-sel kanker. Tubuh yang kuat dan sehat tidak akan memberika ruang pada sel kanker untuk tumbuh dan berkembang.
  3. Membantu untuk Mencegah Tumbuhnya Virus, Bakteri, dan Mikroba. Bawang dayak juga memiliki khasiat untuk mencegah pertumbuhan dari mikroba, virus, dan bakteri yang merupakan sumber berbagai jenis penyakit. Virus, bakteri, dan mikroba hanya akan memperparah kondisi tubuh terutama yang sudah terserang kanker. Kondisi yang lemah karena virus, bakteri, dan mikroba hanya akan membuat sel kanker menjaid lebih kuat lagi. Oleh karena itu, penggunaan bawang dayak ini akan menurunkan risiko pertumbuhan mikroba, bakteri, dan virus yang membuat tubuh menjadi lebih kuat terutama ketika sedang menjalani perawatan kanker.
  4. Membantu Membersihkan Bakteri dalam Tubuh. Kandungan antibakteri yang tinggi pada bawang dayak salah satunya bisa membantu tubuh untuk membersihkan bakteri-bakteri tersebut. Pembersihan bakteri dalam tubuh tentunya akan meningkatkan kesehatan seseorang dan tidak mudah terserang penyakit seperti kanker.

Cara Mengolah dan Cara Konsumsi Bawang Dayak untuk Mengobati Kanker

Untuk bisa merasakan khasiat dari bawang dayak, terdapat beberapa cara mengolah dan cara konsumsi bawang dayak untuk mengobati kanker yang perlu diketahui. Berikut uraiannya.

Dibuat Minuman

Bawang dayak bisa dijadikan minuman yang bisa dinikmati kapan saja. Cara membuatnya pertama cuci bersih bawang dayak yang sudah dipisahkan dari daun dan akarnya. Blender bawang dayak yang sudah diiris tipis dengan perbandingan 1:2 dengan air. Saring jus bawang dayak kemudian masak dengan ditambahkan gula dengan perbandingan 1:1.

Aduk rata sampai mendidih dan sampai muncul butiran berupa kristal kemudian dinginkan. Minuman bawang dayak siap untuk dihidangkan dan dinikmati. Mengonsumsi minuman bawang dayak ini sangat bermanfaat untuk membantu mengobati kanker. Berbagai kandungan yang berkhasiat untuk melawan kanker bisa masuk ke dalam tubuh dengan dijadikan minuman yang enak untuk dinikmati.

Dibuat Menjadi Bawang Dayak Kering

Bawang dayak juga bisa dibuat menjadi kering sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Caranya dengan membersihkan bawang dayak lalu diiris tipis. Keringkan bawang dayak di dalam oven menggunakan suhu 500 derajat celsius sampai lebih kurang 8 jam. Setelah itu didinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara.

Bawang dayak yang sudah kering ini bisa dikonsumsi dengan cara diseduh menjadi seperti teh. Bawang dayak kering ini sifatnya akan sangat praktis untuk dikonsumsi oleh penderita kanker. Bawang dayak kering bisa dikonsumsi menjadi teh atau bahkan dibuat serbuknya.

Dibuat Menjadi Bawang Dayak Bubuk

Bawang dayak juga bisa dibuat menjadi serbuk atau dibuat bubuk untuk memudahkan proses konsumsi ke depannya. Cara pengolahannya sama dengan membuat bawang dayak kering. Bawang dayak bisa dikeringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan oven.

Setelah bawang dayak kering, kemudian dihancurkan menggunakan blender. Bubuk bawang dayak bisa disimpan di wadah kedap udara. Cara konsumsinya bisa dengan diseduh air panas, aduk rata, dan siap dinikmati. Kapan saja, penderita kanker bisa mengonsumsi bawang dayak bubuk ini hanya dengang menyeduhnya menggunakan air panas.

Bawang dayak bisa didapatkan baik membeli secara langsung di Kalimantan Tengah maupun memesannya secara online. Bahkan sudah terdapat beberapa produk olahan dari bawang dayak yang siap dikonsumsi. Untuk efek samping dari penggunaan bawang dayak sebagai obat sendiri masih belum diketahui. Bawang dayak bisa dikonsumsi sebagai salah satu bahan dalam masakan atau diolah terlebih dahulu seperti sudah diuraikan di atas sehingga bisa dikonsumsi dengan cara yang berbeda dan rasa yang juga sesuai dengan selera.

Bawang dayak sebagai pencegah dan membantu pengobatan kanker tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain itu, bawang dayak juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh terutama meningkatkan daya tahan tubuh yang akan membantu tubuh untuk tidak mudah terserang penyakit. Khasiatnya yang juga bisa membantu mengobati beberapa penyakit ringan yang umum terjadi seperti flu dan sakit perut, menjadikan bawang dayak cocok dijadikan pilihan tanaman obat yang wajib dicoba dan selalu disediakan di rumah.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang khasiat serta cara kerja dari bawang dayak, membaca banyak referensi baik berupa artikel maupun buku sangat disarankan. Mari memulai pola hidup sehat dengan menambahkan bawang dayak sebagai salah satu pilihan untuk pencegahan penyakit dalam kehidupan sehari-hari kita!

Baca artikel lain mengenai Terapi Stem Cell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.