Kanker Kelenjar Getah Bening Pada Anak

Tanda-Tanda Kanker Kelenjar Getah Bening Pada Anak dan Sistem Pengobatan Herbal

Dari pengalaman yang sudah ada, kanker getah bening tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Anak-anak ternyata punya resiko yang sama terhadap serangan penyakit membahayakan ini. Terlebih lagi untuk anak-anak sudah menginjak usia 5 tahun atau lebih.

Kanker getah bening itu ada dua jenis, kanker getah bening hodgkin dan kanker getah bening nin hodgkin. Sedangkan jenis kanker yang lebih sering menyerang anak adalah jenis hodgkin. Akan tetapi ada kemungkinan pula anak dapat terserang sel kanker getah bening yang berasal dari jenis non hodgkin meski kemungkinan tersebut lebih kecil.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Setiap orangtua harus waspada dan dituntut mengetahui gejala kanker getah bening terhadap anak terutama kanker getah bening hodgkin. Karena dibanding orang dewasa, gejala kanker yang muncul pada anak-anak lebih sulit dideteksi. Penyebabnya, anak belum bisa menyadari terhadap perubahan apa saja yang terjadi pada tubuhnya.

Salah satu gejala yang seringkali timbul saat anak mulai terserang kanker getah bening adalah adanya pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening di area leher, ketiak dan lipatan paha atau selangkangan. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini yaitu, pembengkakan tersebut tidak selalu disertai dengan rasa nyeri atau sakit.

Gejala berikutnya berat badan anak mengalami penurunan dratis dan kehilangan nafsu makan tanpa diketahui penyebabnya. Selanjutnya tubuhnya akan terasa gatal, menggigil dan demam. Gejala ini akan berlanjut dengan perilaku anak yang selalu terlihat mudah lelah serta sering berkeringat pada malam hari.

Kemudian ketika gejala-gejala tersebut ditambah dengan gangguan pada organ pernafasannya maka ada kemungkinan anak ini terserang sel kanker getah bening dalam stadium yang sudah lanjut tipe hodgkin.

Sedangkan bagi anak yang kena kanker getah bening non hodgkin, gejalanya antara lain rasa sakit dan nyeri pada bagian perut dan disertai dengan pembengkakan di area tersebut. Setelah itu akan muncul gejala lain berupa sesak nafas dan batuk.

Selanjutnya dada akan terasa sesak dan nyeri saat ditekan. Keringat makin deras mengucur di malam hari dan rasa lelahnya makin menjadi-jadi. Selain anak tidak mau diajak makan sebab perutnya selalu terasa kenyang dan penuh.

Deman juga terus berlanjut sampai dua minggu lebih dan saat diperiksa kandungan sel darah merah dalam tubuhnya berkurang secara dratis. Jika mengalami kejadian ini, jangan menunda lagi dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter spesialis.

Deteksi Kanker Kelenjar Getah Bening

Dalam usia berapa saja, mendapatkan serangan penyakit berat terutama kanker getah bening pasti akan memunculkan masalah serius dan membuat semua orang jadi sedih hati. Terlebih lagi jika yang kena serangan tersebut adalah anak sendiri. Agar terhindar dari masalah seperti ini, pendektesian atas kanker getah bening harus dilakukan sedini mungkin.

Apalagi ketika menemukan benjolan pada bagian leher anak. Munculnya benjolan ini adalah sebuah tanda yang paling muncul terkait dengan adanya pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Khususnya benjolan yang muncul di sekitar leher, lipatan ketiak dan lipatan paha.

Perilaku anak juga harus selalu diperhatikan setiap hari. Misalnya saat tidak punya semangat untuk bermain dengan teman-teman sebayanya atau sulit disuruh makan dengan alasan perut sudah kenyang. Padahal sebelumnya tidak ada sedikitpun asupan makanan yang masuk dalam tubuhnya. Perubahan perilaku seperti ini harus mendapat perhatian secara ekstra.

Selain itu, waspadai pula kondisi tubuh anak terutama jika pada malam hari selalu berkeringat meski pada saat yang bersamaan cuaca sedang tidak panas atau dingin. Jangan menganggap terlalu sepele terhadap keluarnya keringat di malam hari pada anak. Karena kemungkinan hal ini merupakan awal dari adanya pertumbuhan sel kanker getah bening di tubuhnya.

Meski tubuhnya sudah menunjukan beberapa gejala sekaligus, tetapi ada sebagian anak yang tetap terlihat sehat dan ceria sepanjang hari. Dia tetap bersemangat bermain bersama sahabat dan saudaranya meski kekebalan dan daya tahan atau stamina tubuhnya telah mulai menurun.

Untuk itu, dibutuhkan naluri dan kepekaan tinggi dari orangtua agar tetap mampu melakukan pendektesian secara lebih awal. Sehingga ketika hasil pemeriksaan menunjukan terdapat sel-sel kanker dalam tubuhnya, pertumbuhannya dapat dikendalikan lebih cepat. Selain itu proses penyembuhannya juga makin mudah dilakukan.

Kewaspadaan lebih tinggi harus makin sering diterapkan apabila anak mempunyai garis atau genetika keturunan yang pernah mendapat kanker getah bening. Meski belum bisa dibuktikan secara nyata, tetapi banyak pengalaman yang menunjukan bahwa anak yang berasal dari garis keturunan penderita kanker getah bening, punya kemungkinan yang lebih besar untuk terkena serangan penyakit tersebut.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan, lakukan cek up dan pengecekan kesehatan di rumah sakit atau dokter secara rutin minimal setiap 6 bulan atau 2 kali setahun. Sehingga apabila ada kelainan di tubuh anak, dapat diketahui dan dideteksi secepatnya. Selain itu pemeriksaan juga bertujuan meneliti apakah anak dalam kondisi sehat atau mengidap penyakit kronis lainnya.

Pengobatan Herbal untuk Kanker Getah Bening

Meski baru masuk dalam tahap awal atau stadium 1, penyakit kanker getah bening sebaiknya ditangani secepatnya. Sehingga tubuh akan terlindung dan terhindar dari penyebaran sel-sel kanker tersebut. Khususnya pada organ-organ tubuh anak yang paling vital seperti pembuluh darah, ginjal, jantung, hati, dan sebagainya.

Pengobatan secara medis merupakan sebuah keputusan terbaik untuk menyembuhkan kanker getah rahim. Sebelum dilakukan tindakan, tentu dokter harus melakukan pemeriksaan terlebih dulu agar bisa menentukan jenis penangangan yang paling tepat.

Karena masih berusia kecil, teknik penanganan penderita kanker getah bening kepada anak-anak tentu sangat berbeda dengan orang dewasa. Apalagi mengingat tubuhnya belum terlalu kuat untuk menerima sistem pengobatan yang butuh stamina tinggi seperti radio aktif, operasi, dan kemoterapi.

Apabila ingin menerapkan sistem pengobatan tradisional, hal ini juga pantas untuk dilakukan. Menurut hasil penelitian oleh para ahli kesehatan, terdapat beberapa jenis ramuan herbal yang terbukti manjur untuk mengatasi penyakit kanker getah bening pada anak.

Salah satu contohnya adalah kunyit putih. Herbal ini mempunyai beberapa macam kandungan yang mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker getah bening dalam tubuh anak. Jika dikonsumsi secara teratur zat yang terdapat dalam kunyit putih bisa membunuh sel-sel kanker getah bening sehingga tidak dapat tumbuh dan berkembangbiak lagi.

Ramuan tradisional lainnya yang juga disebut memiliki kemampuan tinggi untuk mengatasi kanker getah bening pada anak adalah sarang semut. Obat alami ini punya sebuah kandungan khusus yang dinamakan flavonoid.

Kandungan tersebut dapat berperan aktif untuk menyerang pertumbuhan sel-sel kanker getah bening melalui metode yang sangat unik. Setelah masuk ke dalam tubuh anak, flavonoid akan melakukan penyerangan terhadap sel-sel getah bening secara apoptosis atau menjadikan sel-sel kanker tersebut bunuh diri.

Selain itu, sarang semut bersifat anti proliferasi. Maksudnya, setelah dikonsumsi obat herbal ini akan melakukan pendekteksian sendiri kemudian menghambat perkembangan sel-sel yang jadi penyebab utama dari kanker getah bening.

Semoga informasi tentang kanker getah bening pada anak-anak ini dapat berguna bagi semua. Terutama untuk keluarga yang memiliki anak kecil atau masih dalam taraf pertumbuhan. Jika tidak diwaspadai, kanker getah bening bisa menimbulkan efek dan dampak yang sangat fatal. Oleh karena itu, sayangi anak dengan cara melakukan pemeriksaan rutin di rumah sakit terdekat.

Baca artikel lain mengenai Khasiat Kulit Buah Naga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 13 =