Jus Brokoli Untuk Kanker

Manfaat dan Cara Membuat Jus Brokoli Untuk Kanker

Brokoli adalah jenis sayuran yang kurang digemari, apalagi oleh anak-anak. Sulit sekali membuat anak menggemari brokoli, apalagi untuk dimakan langsung tanpa diolah lagi karena brokoli yang diolah biasanya sudah berkurang nutrisinya. Padahal kandungan nutrisi yang ada di dalam brokoli sangat berlimpah. Bukan cuma bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi harian kita, namun juga mampu mencegah datangnya berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah mencegah kanker.

Bukan isapan jempol belaka, sebab para peneliti yang berasal dari Oregon State University telah melakukan penelitian ilmiah mengenai sayuran yang satu ini. Dimuat di dalam Journal of Nutritional Biochemistry, memuat hasil penelitian yang menyatakan bahwa brokoli memiliki zat dan kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, menjadi lebih lambat bahkan berhenti sama sekali. Karena kemampuan ini akhirnya brokoli semakin naik daun sebagai makanan sehat untuk mencegah kanker. Bahkan jus brokoli untuk kanker pun banyak dikonsumsi sebagai pencegah serta cara alternatif untuk menyembuhkan kanker.

Bagaimana caranya brokoli mampu obati kanker? Masih berdasar penjelasan di dalam jurnal tersebut, ditemukan zat sulforaphne di dalam sayuran tersebut yang bisa menghambat sel kanker. Perlu diketahui bahwa sulforaphne ini adalah zat kimia ajaib yang berasal dari tumbuhan dan bisa membuat tubuh supaya mengubah gennya dan karena perubahan gennya ini membuat tubuh jadi lebih kuat dari serangan sel kanker alias kebal.

Berapa Porsi Brokoli yang harus Dimakan dalam Satu Hari?

Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli tentu dibutuhkan sejumlah hitungan yang pas. Lalu bagaimana hitungannya? Sejujurnya porsi untuk konsumsi brokoli sama saja dengan porsi sayuran lainnya dalam satu hari. Menilik anjuran World Health Organization serta Kementerian Kesehatan, setidaknya kita konsumsi sayur sebanyak 250 gram atau setidaknya kurang lebih dua gelas setengah sampai tiga gelas sayuran yang dibagi menjadi tiga. Untuk pagi, siang, dan malam.

Di dalam satu gelas brokoli yang kita santap, terdapat sebanyak 25 gram kalori, 1 gram protein dan sebanyak 5 gram karbohidrat. Cocok untuk yang diet menurunkan berat badan, karena mengenyangkan tetapi kalorinya rendah.

Cara Membuat Jus Brokoli untuk Kanker

Selain dikonsumsi langsung atau dimasak untuk dijadikan lauk, brokoli juga bisa kita olah menjadi jus supaya lebih cepat proses mengolahnya tanpa mengurangi khasiat yang ada di dalamnya. Mengolah brokoli menjadi jus juga menjadi cara mudah untuk menyerap semua manfaatnya dengan cepat. Berikut adalah cara membuat jus brokoli untuk kanker, beserta resep jus brokoli modifikasinya:

  • Bahan Jus Brokoli Wortel: Siapkan satu bonggol brokoli sebesar kepalan orang dewasa, satu buah wortel ukuran sedang, 1 buah wortel, dua butir tomat merah besar dan sebutir apel malang.

Cara membuatnya: Cuci bersih semua bahannya, wortel dikupas jika bukan wortel organik. Pisahkan tomat ke dalam mangkok dan siram air panas supaya likopennya muncul dan menambah manfaat. Masukkan semua bahan ke dalam blender lalu proses, saringlah sarinya dan minum saripatinya sekaligus sampai habis. Boleh masukkan madu supaya lebih manis.

  • Bahan Jus Brokoli Apel: Siapkan tiga kuntum brokoli (sesuai selera), tiga buah wortel ukuran sedang, serta sebutir apel.

Cara membuatnya: cuci bersih semua bahan agar kotoran yang menempel bisa lepas, proses semua bahan menggunakan juicer supaya sarinya lebih banyak. Saran, masukkan brokoli lebih dahulu supaya aromanya yang kuat bisa diredam oleh aroma wortel dan apel yang lebih lezat. Boleh campurkan satu atau dua sendok madu murni dan segera minum sampai habis.

  • Bahan Jus Brokoli Bayam: timbanglah 100 gram brokoli, 25 gram daun bayam, 50 ml air jeruk peras, dan 200 ml air matang (segelas)

Cara membuatnya: cuci bersih brokoli dan daun bayam, lalu dipotong sesuai selera. Kemudian masukkan ke dalam blender bersama air dan disaring. Hasil saringannya dicampur dengan air perasan jeruk manis dan aduk rata. Segera minum sampai habis.

  • Bahan Jus Brokoli Zucinni: 50 gram brokoli yang diseduh air panas, 100 gram zucinni atau timun Jepang, 150 gram melon manis, air perasan dari satu butir lemon, 50 ml madu yang diencerkan dengan 50 ml air (madu bisa kurang sesuai selera), es serut.

Cara membuatnya: Potong-potong brokoli, timun jepang dan melon manis, kemudian diblender sampai halus disaring (boleh juga tidak), saat memblender bisa dicampur es supaya dingin dan enak. Jangan lupa masukkan air madu dan aduk rata. Siap disajikan, cara membuat jus brokoli untuk kanker yang satu ini lebih lezat dan menyegarkan, bukan?

  • Bahan Jus Brokoli Nanas: Setengah bonggol brokoli, setengah buah nanas ukuran sedang, sebutir apel, dan madu secukupnya.

Cara membuatnya: brokoli, apel dan nanas dicuci bersih, lalu dipotong-potong dan masukkan ke dalam blender ataupun juicer. Proses dan ambil saripatinya lalu campur madu dan siap untuk diminum.

  • Bahan Jus Brokoli Jeruk: Setengah bonggol brokoli (siram air panas), air perasan dua butir jeruk manis, segelas air.

Cara membuatnya: Potong-potong brokoli lalu proses bersama segelas air dalam blender, saring dan campur dengan air perasan jeruk manis, aduk rata dan siap disajikan.

Cara Membuat Jus Brokoli untuk Kanker yang Tidak Langu

Salah satu hambatan yang membuat orang malas mengonsumsi brokoli adalah karena bau langunya yang kuat, tetapi tenyata ada trik yang bisa kita lakukan untuk membuat aroma langu dari brokoli tersebut bisa sedikit tersamarkan atau bahkan hilang sama sekali. Seperti cara membuat jus brokoli yang telah disebutkan di atas, memadukan brokoli dengan sayuran atau buah-buahan membuat aroma langu dari brokoli tersamarkan.

Supaya hasilnya lebih lezat dan tak beraroma brokoli, padukan dengan buah dan sayur yang memiliki banyak air, misalnya timun, zuccini, tomat dan sayur lain. Untuk buah, kita bisa memilih nanas, melon dan jeruk. Supaya aroma lebih menggiurkan, maka boleh mencampurnya dengan stroberi atau buah lemon yang juga sama-sama buah yang memiliki khasiat untuk membasmi kanker. Jus brokoli ini bisa kita konsumsi sebanyak dua kali sehari.

Demikian adalah cara membuat jus brokoli untuk kanker dan beberapa resep modifikasinya yang bisa kita coba di rumah. Tak hanya baik untuk penderita kanker dan pasien kemoterapi saja, jus brokoli ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh kita yang masih sehat untuk menjaga kesehatan, serta mencegah datangnya penyakit-penyakit yang tak diinginkan terutama kanker.

Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat, hindari konsumsi alkohol dan asap rokok. Selain itu, selalu berolahraga setidaknya lima belas menit dalam satu hari supaya metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan tubuh senantiasa bugar. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya.

Baca artikel lain mengenai Bawang Dayak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.