Gejala Kanker Usus Pada anak

Gejala Kanker Usus pada Anak yang Harus Diwaspadai

Penyakit kanker tidak hanya menyerang orang dewasa saja namun dapat juga terjadi pada usia anak-anak bahkan bayi. Kanker pada anak terkadang sukar terdeteksi karena anak-anak tidak mudah untuk menceritakan gejala yang dirasakannya. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan jika timbul gejala yang tidak wajar. Salah satu penyakit kanker yang dapat terjadi pada anak-anak adalah kanker usus. Gejala kanker usus pada anak dapat dilihat dari ketidaknormalan sistem pencernaanya terutama pada saat buang air besar.

Penyebab Kanker Usus pada Anak

Penyebab kanker usus pada anak kemungkinan besar diakibatkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Apabila anak memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit kanker usus maka ada kemungkinan anak dapat menderita kanker usus.

Anak-anak yang hidup dalam lingkungan tidak sehat juga dapat memperoleh penyakit kanker usus. Orang tua atau orang disekitarnya yang merokok dan anak menghirup asap rokok dapat memicu terjadinya kanker usus pada anak. Lingkungan anak yang kurang sehat seperti polusi dan kurang menjaga kebersihan dapat memicu kanker pada anak.

Anak-anak harus diberikan makanan yang sehat dan dibiasakan untuk menjalankan pola hidup sehat. Perbanyak asupan makanan yang mengandung serat alami dari sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan sistem saluran pencernaan. Anak-anak jangan dibiasakan untuk mengkonsumsi junk food dan fast food karena kedua jenis makanan ini tidak sehat.

Gejala Kanker Usus pada Anak

Kanker usus pada anak umumnya menampakkan gejala khas yang berhubungan dengan ketidaknormalan sistem pencernaannya. Tanda-tanda kanker usus pada anak yang dapat diketahui sejak dini akan dapat berpengaruh terhadap keberhasilan pengobatannya. Semakin dini mengetahui gejalanya maka tingkat keberhasilan pengobatan dan kesembuhannya akan semakin tinggi.

Berikut ini adalah gejala kanker usus pada anak yang harus diwaspadai.

  1. Perut terlihat membuncit dan akan teraba suatu benjolan pada permukaan perut.
  2. Buang air besar tidak normal yaitu sering mengalami diare atau sembelit.
  3. Kotoran BAB berwarna kehitaman atau bercampur dengan darah.
  4. Tekstur kepadatan kotoran BAB berubah.
  5. Perut sering terasa nyeri.
  6. Perut sering merasa kembung.
  7. Sering terjadi kram pada perut.
  8. Tidak memiliki nafsu makan.
  9. Terjadi penurunan berat badan secara drastis.
  10. Tubuh sering merasa kelelahan.

Deteksi Dini Kanker Usus pada Anak

Apabila anak menunjukkan gejala kanker usus yang mencurigakan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk memperoleh kepastian. Pengobatan akan memiliki keberhasilan yang tinggi apabila gejala kanker usus pada anak terdeteksi lebih dini.

Pada saat pemeriksaan dokter akan memperhatikan gejala-gejala yang muncul terlebih dahulu dan menanyakan tentang kemungkinan adanya faktor genetik serta faktor pemicu kanker usus. Untuk memperoleh kepastian dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan beberapa alat.

Pada pemeriksaan awal dokter akan memperhatikan kondisi anus anak. Apabila anus anak terjadi pembengkakan maka dicurigai terjadi gejala kanker usus. Pada pemeriksaan lanjutan akan dilihat kondisi usus besar menggunakan alat sigmoidoskopi. Alat berupa selang kecil yang dilengkapi kamera dan lampu ini akan dimasukkan ke dalam usus melalui anus. Dari alat ini dapat diketahui jika terjadi pertumbuhan sel abnormal.

Untuk pemeriksaan lanjutan dokter akan melihat kondisi usus besar lebih dalam dengan menggunakan alat kolonoskopi. Alat ini dapat melihat keadaan usus besar lebih ke dalam dan memberikan gambaran adanya sel kanker di usus besar. Pada kolonoskopi ini dapat disertakan alat yang digunakan untuk mengambil sampel sel abnormal di usus besar. Sampel yang diperoleh akan dibawa ke laboratorium untuk memeriksa kemungkinan sel kanker.

Pada pemeriksaan khusus yaitu bagi anak yang tidak dapat melakukan pemeriksaan kolonoskopi dapat diperiksa dengan menggunakan CT Colonography atau kolonoskopi virtual. Pada pemeriksaan ini peralatan selang CT Colonography akan dimasukkan melalui anus ke dalam usus yang telah dipompa agar usus mengembang. Kondisi usus dan adanya sel abnormal dapat dilihat dari CT Scan.

Pengobatan Kanker Usus pada Anak

Pengobatan kanker usus pada anak harus segera dilakukan karena berhubungan dengan keselamatan jiwanya. Apabila telah diketahui penyebab kanker usus pada anak berdasarkan gejalanya sejak dini maka tingkat kesembuhannya akan semakin tinggi. Pengobatan kanker usus pada anak-anak bertujuan untuk meringankan gejala, menghilangkan gejala dan menghilangkan sel kanker.

Umumnya akan dilakukan operasi untuk mengangkat sel-sel abnormal yang ada pada usus besar. Setelah tindakan operasi akan dilakukan radiasi terapi atau kemoterapi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker kembali. Dokter akan memberikan pengobatan terbaik berdasarkan dengan tingkat keparahan sel kanker yang diderita oleh anak.

Menjaga pola makan sehat dan pola hidup sehat akan lebih baik agar tidak memicu pertumbuhan sel kanker pada anak. Segera periksakan ke dokter apabila telah diketahui gejala kanker usus pada anak untuk memperoleh pengobatan yang tepat secepatnya. Jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan karena sel kanker dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Baca artikel lain mengenai Semangat Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.