Gejala Kanker Otak Stadium Awal

Gejala Kanker Otak Stadium Awal yang Harus Diwaspadai

makanan penyebab kanker otakKanker otak merupakan suatu jenis kanker yang dapat terjadi di semua usia. Kanker otak umumnya terjadi akibat dari sel kanker organ lain yang sampai ke otak melalui aliran darah. Rasa pusing terus-menerus dan sangat nyeri merupakan salah satu gejala kanker otak stadium awal yang harus diwaspadai.

Keganasan kanker otak sendiri terbagi menjadi 4 tahap yaitu stadium 1, stadium 2, stadium 3 dan stadium 4. Kanker otak diawali dari stadium 1 dan semakin parah hingga mencapai stadium 4. Kanker otak terbagi menjadi kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Kanker otak primer merupakan sel kanker yang berasal dari otak. Sedangkan kanker otak sekunder adalah sel kanker pada otak yang berasal dari penyebaran organ lain.

Kanker otak dapat menyerang segala usia dan tidak membedakan jenis kelamin. Menurut hasil survei dari WHO menyatakan bahwa jenis kelamin pria lebih berisiko menderita penyakit kanker otak daripada jenis kelamin wanita. Untuk memastikan apakah mengalami kanker otak dapat memeriksakan ke dokter. Dokter akan melihat gejala yang dirasakan dan jika untuk kepastiannya dilakukan pemeriksaan CT Scan.

Penyebab Terjadinya Kanker Otak

Adanya kanker otak disebabkan karena pertumbuhan sel abnormal di dalam bagian otak. Kanker yang terjadi di otak diawali dari pertumbuhan sel abnormal dan kemudian berkembang menjadi tumor otak. Pada perkembangan selanjutnya akan menjadi kanker otak stadium awal.

Penyebab dari kanker otak sering tidak disadari bahwa hal tersebut merupakan pemicu timbulnya kanker otak. Berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya kanker otak.

  1. Makanan pemicu kanker otak.
  2. Terinfeksi virus HIV.
  3. Bagian otak terekspose radiasi saat melakukan radioterapi.
  4. Paparan racun dari lingkungan.
  5. Paparan zat kimia.
  6. Merokok atau menghirup asap rokok.
  7. Faktor genetik.

Penyakit genetik seperti Sindrom Gorlin, Sindrom Turcot, Sindrom kanker Li-Fraumeni, Sindrom Von Hippel-Lindau dan Sklerosis Tuberose dapat meningkatkan risiko penyakit kanker otak.

Gejala Kanker Otak Stadium Awal

Penyakit kanker otak ini termasuk sebagai penyakit kronis dan dapat memengaruhi hampir keseluruhan fungsi tubuh. Rasa nyeri kepala gejala awal tumor otak yang harus diwaspadai. Apalagi jika rasa nyeri dirasakan teramat sangat dan sering maka harus segera diperiksa ke dokter untuk memperoleh tindakan yang cocok. Meskipun umumnya tanda awal dari kanker otak sulit terdeteksi namun ada gejala kanker otak yang dapat diperhatikan.

Gejala yang timbul pada penyakit kanker otak disebabkan karena sel abnormal mendesak bagian otak sehingga menghalangi otak untuk menjalankan fungsinya secara normal. Gejala yang terlihat sesuai dengan lokasi pertumbuhan sel kanker. Gejala kanker otak tidak selalu sama antara satu dengan yang lainnya karena gejala yang terjadi bergantung dari jenis, lokasi, ukuran dan tingkat pertumbuhan sel kanker. Pada beberapa sel kanker terkadang tidak menimbulkan gejala yang nampak dan baru akan terlihat setelah sel berkembang dengan ukuran cukup besar. Namun ada pula sel kanker yang menampakkan gejala secara bertahap secara perlahan.

Berikut ini adalah gejala kanker otak stadium awal yang harus diwaspadai.

  1. Rasa nyeri atau pusing di kepala yang tidak tertahankan dan terus-menerus.
  2. Sering merasa mual dan terkadang disertai muntah.
  3. Penurunan daya penglihatan terutama jika masih berusia muda.
  4. Sering pingsan atau kehilangan kesadaran. Tidak jarang pingsan terjadi secara tiba-tiba.
  5. Kehilangan keseimbangan tubuh atau merasa sempoyongan.
  6. Sering merasa mengantuk.
  7. Tubuh merasa kelelahan.

Diagnosis Kanker Otak

Diagnosis kanker otak diperoleh dari pemeriksaan oleh dokter. Dokter akan memeriksa titik saraf pada lapisan mata retina, pendengaran, otot wajah, keseimbangan dan koordinasi tubuh. Refleks mengangkat lutut, refleks menelan, sensitivitas kulit dan kelincahan mental juga akan diperiksa.

Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan untuk mengetahui kepastian adanya sel kanker pada otak. Pemeriksaan lanjutan yang dilakukan yaitu CT Scan, MRI Scan, EEG, PET Scan, Angiogram, Lumbar Puncture dan biopsi.

Pengobatan untuk Penderita Kanker Otak

Pengobatan untuk kanker otak terbagi menjadi pengobatan kanker otak primer dan pengobatan kanker otak sekunder. Pengobatan untuk kanker otak primer dilakukan dengan cara pembedahan yang dikombinasi terapi photodynamic. Setelah operasi pengangkatan sel kanker diberikan terapi kemoterapi dan radioterapi.

Pengobatan untuk kanker otak sekunder bertujuan agar sel kanker tidak menyebar ke organ lain dan memperpanjang usia. Umumnya pengobatan kanker otak sekunder diberikan obat penghilang gejala, kemoterapi dan radioterapi. Obat yang biasa diberikan adalah obat penghilang mual, penghilang rasa sakit, antikonvulsan dan kortikosteroid.

Rasa pusing dan nyeri di kepala yang tidak biasa dapat menjadi indikasi gejala kanker otak stadium awal. Segera periksa ke dokter untuk memastikan kemungkinan adanya pertumbuhan sel kanker di otak apalagi jika disertai dengan gejala kanker otak lainnya. Lakukan pengobatan yang disarankan agar dapat sembuh dan memperpanjang usia.

Baca artikel lain mengenai Cara Diet Vegetarian

One thought on “Gejala Kanker Otak Stadium Awal”

  1. Mengutip dari facebook page kami

    “Ronald Djohanvitra Kemit: tahun 1999 tepatnya di bulan desember awal aku di ponis kanker otak stadium awal. hidup sendiri di jakarta. dengan penyakit yg ku derita. membuat ku pasrah akan maut menjemputku. sampai aku berpuasa 7 hari 7 malam. hanya air putih dan nasi putih segegam. aku selalu berdoa kl ini adalah takdirku akan mati yang dimana tidak ada orang tuaku di sisiku. aku ikhlas. semuanya hanya kehendakmu ya bapa disurga. mujizat itu nyata. 3 bulan kemudian aku cek tak ada lagi kanker otak di kepalaku. sempat dokter pun yang cek aku bertanya apa obatnya maka, cepat sembuh. ku jawab: ikhlas dan berdoa. dan aku berpuasa 7 hari 7 malam.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =