Dokter Spesialis Kanker

Tips Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Kanker

dokter spesialis kankerPosting kali ini saya ingin berbagi tips untuk cara berkonsultasi yang enak dan tepat dengan dokter spesialis kanker agar anda bisa menemukan solusi untuk masalah kanker anda. Pengalaman saya ini saya dapatkan dari saya mengantarkan mama saya berkali-kali konsultasi dengan dokter onkologi baik di Singapura ataupun di Indonesia. Semoga pengalaman saya ini bisa berguna bagi semua pembaca yang sedang berperang melawan kanker.

Apa Saja Yang Perlu Disiapkan Sebelum Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Kanker

Sebelum anda konsultasi ke dokter spesialis kanker anda harus menyiapkan benar-benar apa saja yang ingin anda bicarakan di depan dokter. Apalagi saat anda konsultasi pertama, benar-benar anda harus menyiapkan data-data yang diperlukan saat dokter onkologi bertanya kepada anda.

Berikut ini apa saja yang perlu disiapkan sebelum konsultasi dengan dokter onkologi versi saya:

  • Data-data medis kesehatan yang sudah ada. Anda siapkan selengkap-lengkapnya agar dapat anda tunjukkan pada dokter onkologi.
  • Bawa perekam suara atau smartphone. Kenapa? Anda bisa merekam konsultasi dokter dan ketika anda lupa anda bisa me-review kemali di rumah. Tidak banyak yang melakukan hal ini tapi menurut saya sangat penting sekali karena ketika anda tidak bisa memutuskan tindakan medis apa yang diambil dan anda akan berunding dengan keluarga maka rekaman ini akan sangat membantu anda untuk berunding dengan keluarga.
  • Ajak saudara atau teman yang sudah pengalaman. Ketika anda masih pertama menghadapi situasi kanker maka anda sendiri akan bingung apa yang harus dilakukan atau ditanyakan, jadi alangkah lebih baik jika anda ditemani oleh saudara/teman yang lebih mengerti jadi bisa segera menemukan solusi yang tepat.
  • Siapkan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang ingin anda tanyakan. Banyaklah bertanya jangan hanya diam saja karena dokter tidak akan banyak cerita kepada anda, melainkan anda yang harus melakukan interview kepada dokter. Tips bertanya akan saya bahas pada bagian berikutnya.
  • Siapkan mental anda dan pasien kanker. Apa saja yang keluar dari mulut dokter onkologi anda harus tetap tegar meskipun semuanya akan terdengar sangat pahit. Misalnya umur anda tinggal 6 bulan, anda harus tegar tidak semua prediksi dokter itu tepat. Dokter boleh vonis tetapi semuanya itu belum finish. Hanya Tuhan yang tahu finish atau tidak.

Ceritakan Sejarah Kesehatan Penderita Kanker

Setelah semua sudah siap maka anda masuk ke ruang konsultasi dan langkah pertama saat anda konsultasi perdana adalah menceritakan sejarah kesehatan pasien kanker. Dokter tidak akan mengetahuinya jika anda tidak menceritakan.

INGAT DOKTER BERBEDA DENGAN SINSHE, DOKTER MELAKUKAN ANALISA DARI HASIL LAB TANPA HASIL LAB DOKTER TIDAK BISA MENGELUARKAN DIAGNOSA YANG TEPAT. SEDANGKAN SINSHE MELAKUKAN DIAGNOSA DARI DENYUT NADI TANPA ANDA CERITA SINSHE SUDAH BISA MEMBACA APA SAJA YANG TERJADI PADA PASIEN.

Jadi ketika anda ke dokter anda pasti hanya membawa hasil sejarah test saat kanker saja, sedangkan sejarah penyakit sebelum kanker anda pasti tidak melakukan test oleh sebab itu anda haruslah yang cerita ke dokter onkologi agar dokter tahu sehingga solusi yang ditawarkan kepada anda bisa tepat.

Jika anda bingung harus cerita mulai dari mana,maka lakukan langkah berikut ini:

  • Buat daftar penyakit secara urut berdasarkan tahun diagnosa.
  • Tuliskan pengobatan dari masing-masing penyakit tersebut.
  • Tuliskan obat-obatan yang dikonsumsi rutin setiap harinya.
  • Jika ada dokter yang dalam satu negara anda bisa menyebutkan karena antar dokter bisa saling kerja sama untuk menentukan solusi. Misalnya pasien ada sejarah bermasalah dengan paru-paru maka dokter onkologi akan bekerja sama dengan dokter spesialis paru-paru.
  • Tuliskan keluhan-keluhan pasien kanker saat ini.

Dengan membuat daftar itu anda jadi tidak bingung di depan dokter. Saya sendiri mengalaminya apalagi saya konsultasi di depan dokter harus berbahasa inggris, inggris saya pas-pas an lagi bisa anda banyakan bukan ingin ngomong ini dan itu harus mikir dulu. Jadi menurut saya lebih baik ditulis saja kemudian ceritakan satu per satu apa yang anda tuliskan jadi alur pembicaraan bisa lebih fokus dan lancar.

Pertanyaan-Pertanyaan Yang Perlu Ditanyakan

Pada bagian ini saya akan memfokuskan pembahasan pada pertanyaan yang perlu anda tanyakan kepada dokter spesialis kanker sehingga anda bisa mendapatkan informasi lebih akurat tentang kanker yang sedang anda perangi.

Sikap atau pola pikir yang harus anda terapkan saat anda berkonsultasi:

  • Jangan diam saja, terapkan pola pikir serba ingin tahu secara terus menerus.
  • Jangan malu bertanya. Meskipun dalam bahasa inggris anda harus bertanya, anda hanya perlu memastikan dokter diajak bicara mengerti dengan maksud anda.
  • Cuek saja dengan bahasa inggris yang tidak karuan yang penting dokternya mengerti.
  • Kejar dengan pertanyaan teknis mengenai kanker.
  • Tanya fungsi obat yang diberikan secara detail dan PENTING untuk bertanya efek sampingnya.
  • Jika anda menilai dokter ini kurang ahli dalam suatu hal, usulkan apakah perlu kerja sama dengan dokter spesialis.
  • Pastikan solusi yang ditawarkan kepada anda adalah solusi yang sudah berdasarkan hasil medis bukan tebak-tebakan dari diagnosa dokter. Jadi anda harus mengejar dengan pertanyaan kok bisa muncul solusi ini berdasarkan hasil test apa?

Contoh-contoh pertanyaan yang bisa anda tanyakan:

  • Apakah kanker payudara dengan hasil biopsi HER2- bisa berevolsi jadi HER2+? (contoh pertanyaan bagus untuk kanker payudara, tergolong pertanyaan teknis)
  • Obat kemoterapi apa yang cocok untuk kondisi pasien? Efek samping apa saja yang bakal dialami oleh pasien?
  • Bagaimana cara meringankan efek sampingnya? Apakah ada obat untuk mengurangi efek samping itu?
  • Berdasarkan hasil test yang mana dokter bisa memberikan obat ini kepada pasien? Bisa tolong dijelaskan lebih detail agar kami mengerti.

Masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang lebih bagus dari yang saya susun itu. Yang penting adalah pola pikir saat konsultasi itu adalah ilmunya, kalo contoh pertanyaan saya hanya berhubungan dengan kanker payudara tidak bisa dipakai untuk kanker yang lain. Tetapi pola pikir yang saya dapatkan inilah yang bisa anda pakai untuk konsultasi dengan dokter onkologi dan untuk kanker apapun.

Kesimpulan

Itulah sharing saya mengenai pengalaman konsultasi dengan dokter spesialis kanker baik di Indonesia ataupun di Singapura. Semoga tips dari saya bisa membantu pembaca sekalian menemukan solusi yang tepat untuk penderita kanker. Jika anda ingin bertanya mengenai tips konsultasi yang mungkin tidak saya sebutkan disini silahkan menuliskan pada bagian komentar.

Pada bagian ini saya mengingatkan kembali bahwa DOKTER HARUS MEMBERIKAN SOLUSI KEPADA ANDA BERDASARKAN HASIL TES LAB YANG SUDAH DIJALANI BUKAN TEBAK-TEBAKAN. Jadi pastikan diagnosa dokter itu sesuai dengan hasil lab dan obat yang diberikan juga berdasarkan hasil lab. Semoga tips ini berguna bagi semua pejuang kanker di dunia.

Baca artikel lain mengenai Pengobatan Kanker Kulit

One thought on “Dokter Spesialis Kanker”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 7 =