Dokter Onkologi Terbaik

Referensi Dokter Onkologi Terbaik Untuk Sembuhkan Kanker

Informasi mengenai dokter onkologi terbaik adalah kebutuhan krusial bagi penderita kanker di Indonesia. Kanker merupakan penyakit menakutkan yang kemunculannya kerap tak terduga. Inilah mengapa dedikasi para dokter spesialis onkologi telah menjadi kebutuhan terbesar bagi dunia kesehatan.

Butuh dedikasi yang kuat untuk menjadi seorang dokter spesialis onkologi. Para dokter ini bergelut dengan risiko kanker yang mengancam jiwa seseorang. Tindakan medis ditentukan sejalan jenis tumor atau kanker yang kondisinya mungkin berbeda pada tubuh setiap orang.

Setelah dicurigai bahwa tumor memiliki sifat ganas, perawatan intensif diperlukan. Disini peranan dokter spesialis kanker adalah mengarahkan pasien untuk melakukan biopsi, operasi bedah tumor, mengevaluasi jaringan kanker, serta mengarahkan pasien untuk tindakan kemoterapi, dan sebagainya.

Dalam pencarian dokter onkologi terbaik pastikan juga bilamana dokter itu telah berpengalaman cukup lama di bidangnya. Jauh lebih baik bila dokter pilihan Anda dikenal luas oleh masyarakat oleh karena reputasinya. Semisal kerap menjadi pembicara dalam seminar atau menerbitkan paparan ilmiah seputar pengobatan kanker.

Nah, satu lagi hal penting ketika memilih dokter spesialis kanker adalah kenyamanan saat berkonsultasi. Kemungkinan besar hubungan antara pasien dengan dokter onkologinya akan berjalan berbulan-bulan bahkan hitungan tahun, selama pengobatan dan perawatan kanker berjalan secara rutin.

Dokter Spesialis Onkologi Medik dan Bedah: Spesialis Tumor dan Kanker Umum

Onkologi medik adalah bidang kedokteran yang terkait perawatan kanker yang spesialisasinya berhubungan dengan bedah onkologi dan radiasi onkologi. Dokter onkologi medik ialah dokter yang mengambil spesialisasi ilmu penyakit dalam untuk mendiagnosis dan mengobati kanker. Onkologi medik adalah pemberi pelayanan kanker yang utama, disamping juga mengarahkan pasien agar berkonsultasi dengan dokter spesialis lain, misalnya hematologi pada gejala kanker darah. Selain itu dokter onkologi medik juga mengkoordinasi unit perawatan kemoterapi, hormonal, dan sebagainya.

Rekomendasi Dokter:

Salah seorang dokter bedah onkologi yang bagus ialah dr. Samuel Haryono, Sp. B (K) Onk. Sebagai dokter spesialis bedah pada saat ini dr. Samuel Haryono berprakter di Rumah Sakit MRCC Siloam Hospital Semanggi di Setiabudi, Jakarta Selatan, serta Rumah Sakit Kanker Dharmais di Palmerah, Jakarta Barat.

Dr. Samuel Haryono merupakan anggota dari Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Ahli Bedah Indonesiua, dan juga Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia.

Dokter Spesialis Onkologi Ginekologi: Spesialis Tumor dan Kanker Kandungan

Pasien yang memilih dokter spesialis kanker bidang onkologi ginekologi kemungkinan memiliki persoalan kanker pada organ reproduksi. Ginekolog pada khususnya menangani masalah reproduksi wanita, sementara onkologi ginekologi merupakan spesialisasi tumor dan kanker di organ reproduksi tersebut. Di antaranya:

  • Kanker Serviks (Mulut Rahim) diagnosis menggunakan pap smear.
  • Kanker Ovarium (Kanker Indung Telur).
  • Kanker Vulva (Kanker alat kelamin luar).
  • Kanker Vagina.
  • Mola Hidatidosa atau penyakit troblofas (hamil anggur).

Deteksi melalui pap-smear dilakukan dokter dengan cara melakukan usapan pada selaput lendir leher rahim dengan alat khusus. Pap-smear disarankan sekali tiap tahun atas petunjuk dokte onkologi ginekologi, dilakukan pada wanita yang sudah menikah atau sudah pernah melakukan senggama.

Rekomendasi Dokter:

Dr. Soon Su Seong ialah dokter kandungan, kebidanan dan onkologi ginekologi terbaik di Penang Adventist Hospital. Dokter bedah onkologi yang bagus pengalamannya ini memiliki rekam jejak pendidikan dan pelatihan di Malaysia, Singapura, Inggris, dan Irlandia. Sub spesialisasi Dr. Soon Su Seong yaitu kanker sistem reproduksi wanita (Gynaecologic oncology).

Pengalaman Sebagai Dokter Onkologi

  • Menangani bedah atau operasi kanker pada sistem reproduksi wanita seperti kanker endometrium, kanker rahim, dan kanker serviks.
  • Menangani bedah laparoskopi termasuk operasi pengangkatan rahim, myomectomy, dan laparoscopic pelvic lympa denectomy.

Dokter Spesialis Onkologi Pediatrik: Spesialis Kanker Anak

Kanker sangat rentan berjangkit pada anak-anak. Pada tanda-tanda gejala kanker pada anak, orangtua dapat memilih dokter spesialis kanker bidang onkologi pediatrik. Hal ini karena pendekatan medis dan psikologi pada anak-anak penderita kanker akan sangat berbeda dengan orang dewasa. Jenis kanker pada anak seperti kanker darah (leukimia), limfoma atau kankerĀ  kelenjar getah bening, kanker otak, kanker mata, dan kanker tulang.

Rekomendasi Dokter:

Seorang dokter spesialis onkologi pediatrik hematologi terbaik, Dr. Anselm Lee Chi-Wai, dapat ditemui di Rumah Sakit Mounth Elizabeth, Singapura. Menurut laman parkwaycancercenter, Dr. Lee adalah seorang dokter anak dengan minat khusus dalam hematologi dan onkologi dan telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun.

Pusat Hematologi dan Kanker Anak memberikan perawatan khusus meliputi evaluasi diagnostik, kemoterapi, dan intervensi terapi lainnya. Di tahun 1992 hingga 1994 Dr Lee menjadi dokter pediatrik onkologi yang pertama kali berhasil melakukan transplantasi untuk thalassemia pertama kali di Hong Kong, dan sampai saat ini telah menerbitkan lebih dari seratus makalah mengenai onkologi pediatrik.

Dokter Spesialis Onkologi Radiasi

Terapi radiasi mengatasi tumor baik ganas maupun jinak dengan cara membunuh sel-sel yang ditargetkan. Radioterapi merupakan metode terapi memakai radiasi yang bersumber pada energi radioaktif. Seringkali radioterapi dikombinasi dengan jenis terapi lain seperti kemoterapi guna mengontrol perkembangan kanker.

Rekomendasi Dokter:

Dalam perawatan ini tentunya peran dokter spesialis onkologi radiasi sangat dibutuhkan. Jika radioterapi terlambat, stadium kanker bisa meningkat. Salah seorang dokter spesialis onkologi radiasi radiasi di RS Kanker Dharmais ialah dr. Fielda Djuita Sp. Rad (K) onk Rad, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun pada onkologi radiasi sebagai bidang spesialiasinya.

Sesungguhnya banyak dokter onkologi yang bagus di Indonesia, namun sebagian besar bertugas di Pulau Jawa khususnya Jakarta. Hal ini seperti diungkapkan oleh Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional, Dr. Sonar Panigoro SPB (K) ONK MEpid.

Diperkirakan jumlah dokter onkologi sejak tahun 2016:

  • Onkologi bedah : 120 orang
  • Onkologi medik : 90 orang
  • Onkologi radiasi : 50 orang
  • Onkologi ginekologi : 70 orang
  • Onkologi anak : 30 orang

Pada dasarnya semua dokter onkologi yang bagus punya dedikasi tinggi pada keahlian dan tugasnya untuk membantu para pasien kanker. Para dokter ini bekerja tanpa kenal lelah karena harus menangani setiap pasien dengan derita kanker pada stadium awal hingga stadium akhir.

Diagnosis onkologi juga tak bisa dalam waktu singkat lantaran cukup banyak prosedur yang harus dijalankan oleh pasien. Mulai dari konsultasi, biopsi jaringan, operasi bedah tumor, radioterapi, kemoterapi, dan masih banyak lagi menurut jenis-jenis kanker itu sendiri.

Keahlian seorang dokter dan juga kenyamanan dalam berkonsultasi bisa jadi mendukung semangat pasien untuk rutin memeriksakan diri. Tidak jarang pasien berganti-ganti dokter sampai benar-benar mendapat kecocokan. Dan ketika sudah memilih dokter spesialis kanker yang dipercaya maka harapan hidupnya pun semakin optimistis.

Dengan demikian, kerja sama dokter dan pasien selama masa pengobatan kanker pada akhirnya dapat berjalan baik, sesuai keinginan untuk sembuh sepenuhnya dari penyakit kanker.

Baca artikel lain mengenai Penyakit Kanker Serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + twenty =